[MotoGP] Begitu Besarkah Pengaruh Winglet Terhadap Performa Motor ???

winglets mm93 vr46

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah honda menganggap boleh mengaplikasi winglet tanpa batas, dipasanglah 6 winglet sekaligus, pada motor marquez. Padahal sebelumnya hanya sepasang winglet sederhana kiri dan kanan. Dan hasil dari ujicoba di jerez kemarin data menunjukkan bahwa ternayata marquez menjadi yang tercepat dalam test terakhir di jerez. Berikut ini penampakan motor rc213v mm93 sebelum dan sesudah dipasang 6 winglet yang berbeda.  

mm93 six winglets

Dan hasilnya lumayan, paling kencang pada tes terakhir di jerez

mm93 fastetst jerez test2

Pertanyaannya adalah sejauh mana kontribusi winglet terhadap performa motor ?

Seperti yang sering disampaikan oleh para pembalap, aplikasi winglet menurunkan kejadian wheelie sekaligus meningkatkan kepercayaan diri pembalap untuk full throttle saat keluar tikungan. Sehingga semakin memperpendek lap time di sektor-sektor tikungan. Dan tercatat dalam data bahwa top speed turun tapi semakin cepat (laptime semakin kecil). Karena sebab itulah ducati menggunakan winglet yang cukup ekstrim 6 buah winglet dengan dimensi cukup besar.

Dan dengan “kontribusi positif” penggunaan winglet, seorang valentino rossi yang sebelumnya memprotes keras keberadaan winglet, pada akhirnya menggunakan juga. Dan terbukti menjadi yang tercepat, meraih pole position dan juara di jerez. Dan honda merasa tidak perlu sungkan lagi memasang winglet, tidak tanggung-tanggung padang 6 winglet sekaligus, dan nyatanya marquez jadi yang tercepat.

Kalau dibiarkan, bisa-bisa jumlah winglet pada sepeda motor motogp akan semakin banyak dan semakin besar. Dan pada akhirnya apa yang ditakutkan valentino rossi akan benar-benar terjadi, yaitu winglet sangat “membahayakan pembalap”. Menurut motogokil, akan lebih seru jika tiba-tiba dorna melarang penggunaan winglet tersebut. Balapan akan semakin seru dan penuh greget, mungkin akan banyak terjadi crash, tapi talenta para pembalap akan benar-benar diuji dan termaksimalkan.

Bagaimana menurut bro para pengamat motogp sekalian ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

12 Komentar

  1. jadi inget artikel lama, ada yang pakai winglet di jupiter Z kalao ngga salah. faktor utama yang saya lihat adalah faktor psikologis (buat motor CC kecil, balapan di sirkuit pasar senggol) ngoahahhaha.
    untuk sekelas motoGP pasti ada pengaruhnya mengingat speed bisa langsung melesat diatas 100kpj saat keluar tikungan otomatis efek aerodinamika berperan cukup besar , kalau ada simulasi di wind tunnel bakal kelihatan arah dan kecepatan anginnya sehinggga bisa dihitung tekanan yang dihasilkan. asal ngga salah posisi winglet aja, kalo kebalik bisa terbang motornya . ngoahahahaha.

  2. Biasanya sih ada analisis aerodinamikanya lebih dulu (pake wind tunnel test kalo perlu) utk bisa menentukan perlu/tidaknya pake winglet, kalo perlu pake berapa luas areanya, dan berapa banyak wingletnya).

    Tapi kalo cuma ngandelin “test lapangan” (langsung kejadian di sirkuit) dan pihak pimpinan tim bisa memutuskan segala sesuatunya, ya itu hak prerogratif manajer tim kan?

  3. mirip sama ane pemikiran honda.
    pake winglet gede tp cuma sepasang ato kecil” tp banyak.
    ibarat sepasang winglet dpt 10kg downforce. trus di pecah jd 3 pasang kecil” tp ttep dpt 10kg downforce.
    mgkin biar lebih enak diliat di bikin kecil” tp hasilnya sama ky yg gede sepasang.
    itu menurut kacamata desain ane…

  4. ra perlu!
    sing penting, knalpot dibelah, sasis dibelah, shock breaker dibelah, velg dibelah,.. trus dibolongi kabeh ben enteng!
    ..
    jok difilet tipis, stang stir lurus memburi
    filter, speedo, spion, body, lampu”, slebor, pedal bocenger.. copot! (sing dibonceng kudu nggadol sikil e.. mancik haram!)
    ..
    dijamin buanterrr dewe coy!!

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan