NMax Juga Bisa Irit, Tapi Harus Bersabar (Very Slow Style)

Jpeg
Metal Mount Ok

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dalam beberpa komentar pada artikel sebelumnya, mengenai konsumsi satria fu 150 fi dan nmax, ada beberapa komentator yang menyatakan mahwa nmax bisa irit, di atas 40 km/liter. Kok jauh banget dengan hasil yang motogokil capai, jadi penasaran. Kebetulan barusan (pagi ini) ane coba dengan style yang sangat berbeda dibandingkan biasanya, very slow style rider, apa iya bisa lebih irit ?

Beberapa catatan sebelum menentukan irit atau tidak berikut ini :

  • Bobot rider 75 kg, sendirian tanpa boncenger
  • Jalan padat lancar, kadang merayap
  • Jarak 9 km
  • Ada 4 spot kemacetan (2 lampu merah, 2 pertigaan)
  • Bahan bakar pertalit (full tank)

Baiklah mari kita lanjut dengan test slower ride…

Jalan datar dengan kondisi di atas sejauh 7 km, fuel consumption (fc) yang didapatkan sekitar 49,xx km/liter. Dengan catatan tarikan gas diurut dan hindari ngerem, cukup tutup throttle pada jarak tertentu dari kemacetan. Kecepatan mengikuti kondisi lalulintas (padat-lancar-merayap) dengan kecepatan kurang dari 40 kpj.

Dilanjutkan dengan 2 km tanjakan dengan kemiringan 10 – 15 derajat, dengan kondisi jalan lancar, jalan bergelombang tanbalan tak rata dengan beberapa polisi tidur. Kecepatan tetap dijaga maksimal 40 kpj, dan fc diperoleh langsung drop, mungkin sekitar 46,xx km/liter. Dan rata-rata dari perjalanan tersebut adalah :

Jpeg
Fc nmax high efficiency, very slow style riding

Wah bener-bener irit, fc-nya naik dari 34,xx menjadi 47,xx, naik sekitar 13 km/liter. Tapi ya begitu bro n sis, harus sabar, jangan punya niat nyalip kendaraan dari kanan, cukup melipir di kiri jalan. Tapi dalam kondisi seperti di atas, memang kecepatan sekitar 40 kpj-lah yang normal, ikut dengan kecepatan lalulintas yang ada. Jadi riding style nya (buat ane) sangat pelan, very slow, bukan style ane sehari-hari, alias “nggak gue banget”.

Dan barangkali, semua kendaraan juga demikian termasuk mobil. Jika kita sekolahkan lebih tinggi tangan kanan, kaki kanan kita, mungkin kita akan benar-benar menguasai bagaimana mengendarai motor/mobil dengan sangat efisien/irit. Tapi bagi rider yang memiliki jiwa high speed, tidak mungkin rasanya menggunakan style tersebut, untuk riding sehari-hari. Karena benar-benar menguji kesabaran dan penuh penderitaan.

Lebih dan kurangnya mohon maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

 

32 Komentar

  1. Nmax bs lbh irit lg pak dosen, bs 60 km/liter. Riding style gak perlu slow.
    Caranya, pas jln klo ada jlnan turun mesin motor matiin, klo kena kemacetan y motor dituntun jgn lp kondisi mesin mati trs klo nemu tanjakan stop mobil pu trs naikin dah itu motor nmax. Dijamin irit pak dosen, hehehe…..
    #janganditanggapiserius

  2. Terlalu “slow” jadi menderita pak Dosen,karena gak “gue banget”,,,,

    usul pak Dosen,
    all new cb150r nya di review dong,mis:konsumsi bahan bakar dll,
    jujur,saya minat sm motor ini

  3. Pengujian yang sangat-sangat berat.. harus beriman tinggi dan bermental baja.. hehehe XD
    dan harus tahan godaan.. disalip metik 110cc

  4. Kalo kayak gitu mending naik sepeda balap top speed lebih dari 40 kpj , kalo pas pak dosen pakai nmax bisa nyalip nihh

    Akkakakakakak

  5. Ujicoba yang saya akui sangat sulit pak. Salut bisa sesabar itu di jalan malang. Untung aja hawa panasnya nggak kyk di kota lain

  6. Ya begitu lah..segitu juga sudh bagus.. saya juga 34 kpl palingan..riding style mirip2 anda.
    Tapi kalau pake diajak pelan2 malah borosnya kerasa banget..

  7. Ntar klo tau karakter nmax pasti mwmbenarkan.
    Knp nmax dpt award best full consumtion & performa.
    + bike of the year.
    Pake nmax dg speed rata2 60-80 kpj bs lbh irit drpd speed 40-50kpj.
    Bkn sales,
    Saya pemakai nvl, supra125 karbu, nmax.
    Utk nilai performa/irit.
    1- nvl
    2-nmax
    3-supra

  8. waktu touring ke bromo full to full new pcx 150 120rb pertamax. perliter 8800an klo gak salah…total trip 968km…. termasuk irit menurut ane klo jakarta bekasi yg kondisi harian sediiihhh jalan udah kayak parkiran kendaraan …teririt AVG nya dapet 46-48km/l waktu touring teririt spanjang jalan AVG nya dpt skitar 63-66km/l….

    • 120.000 : 8800 = 13,636 liter
      968km ; 13,636 liter = 70.98
      alias 71 km/liter

      sangat mustahil new PCX tembus segitu, meskipun pake beat sekalipun juga mustahil :p atau mungkin ente lupa pernah ngisi bensin tapi gak diitung.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan