Perlahan Sonic150R Mampu Menghetikan Dominasi MX King (SOHC Superior)

Sonic150 vs MXKing

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Riset engine vixion yang sudah mencapai tahap kematangannya menjadikan mx king begitu digjaya. Hampir di semua pentas balapan kelas mp-1 (tune-up seaded), mx king mampu menjadi kampiun. Bahkan sering pulan menyapu habis posisi podium 1,2 dan 3.

Pernah dengar info, saat motorprix di sidrap, yamaha memang fokus ke mp-1. Sedangkan sebaliknya honda malah fokus ke mp-5 (standar pemula). Makanya pada race mp-1, mxking menjadi juaranya sedangkan di mp-5 sonic150r memborong posisi 1,2 dan 3.

motorprix reg5 put-1 sidrap mp1 mp5 result

Tapi perlu juga diketahui, bahwa pada mp-1 dirace tersebut, pole position ditempati oleh pembalap honda (sonic150r). Sehingga kekalahan sonic150r pada balapan tersebut, bisa jadi disebabkan oleh faktor pembalap. Selanjutnya jika kita lihat hasil beberpa motorprix region lain, maka sonic150, si engine dohc hello kitty dan klotok-klotok, mulai mengancam posisi mx king. Perhatikan hasil ini

sonic150r mp1 lombok

mp1 bengkulu

Gimana bro, masih ragu dengan performa terpendam mesin klotok-klotok k56 ? Dengan dana dan mekanik yang handal, bisa saja sonic150r unggul, sebagaimana dulu mx king unggul. Tahun lalu mx king digawangi oleh beberapa mekanik handal seperti tomy huang, mlethiz, merit dan hawadis serta yang lainnya. Sementara tahun ini mlethiz pindah ke honda dan merit pindah ke suzuki, sehingga menjadikan persaingan mp-1 semakin sengit.

Ok, kita tunggu saja motorprix berikutnya. Semoga saja semakin seru, sehingga mampu meningkatkan gairah kehidupan dunia balap motor tanah air.

 

40 Komentar

  1. katanya material motor honda jelek…ga diasil+forged piston..material honda ecek2….klh ma yahama n sijuki..yg partnya dah racing standar…
    lo kok menang di kelas standart?????
    bingung???
    ktnya dohc wala2..dohc hello kitty…kok menang???
    ini kelas standart lo???

    klo kelas mp1tuh dah ga standart…oprekan!!! part oem dibuang ganti part racing mihil….

    ini membuktikan material part oem honda jg bagus terbukti….yahama jelek berarti,..ngebul..ring seher macet…haus oli…!!!

    • Pengakuan kualitas tdk hanya sesaat, tp prlu pembuktian jgka panjang dan akn diakui kualitasnya, honda part ecek” bisa jadi tp bukti nyata grand 98 ini masih jos std..yamaha kualitas bagus bisa jd untuk mnyaingi kualitas ecek” nya honda..
      Jd ksimpulannya?? Bisa d analisa sendiri

      • semua cuma penggiringan opini saja klo honda jelek…
        knp mayoritas org indonesia lebih pilih honda?
        bodohkan mereka?
        dari kalangan intelek sampai marjinal semua ada disitu…
        soal design itu sih selera saja

        😀

        honda membangun kepercayaan udah puluhan tahun, adapun kekurangannya itu wajar (human made) boleh dikritik dan itu sesuatu yg positif…

        😀

  2. katanya diasil silinder forged piston teknologi motojipi…kok ngebul…haus oli???
    forged piston diasil silinder kw9…kalee!!?????
    wkwkkkkkkk….

  3. harusnya om dosen tuh sebelum bikin artikel spt ini cr fakta2 di lapangan..
    plg ga cr informasi data2 tentang oprekan motor di kelas mp1 ini…
    1. sekernya pake merek apa dibubut dg jenong seperti apa( pake foto)
    2. stang seker merk apa?
    3. ring piston merk apa?
    4. per klep merk apa? diameter berapa?
    5.gigi rasio kanibal punya mtr apa..perbandingan gigi rasio…gigi 1 berapa? gigi 2 rasio dst..
    6.tb
    7. shock breker depan merek apa dipotong berapa ulir..ato sebaliknya!!
    8.dlll
    jg cm katanya….mxking dah punya power 29hp..katanya!!
    katanya dosen… kok cm katanya… pake data sekunder..jadinya bikin rancu..membingungkan..hrsnya mencerahkan!!!
    kyk dl jmn masih beli tabloid M+ motorplus otomotif…ada data2 yg valid lsg dr mekaniknya…jd pembaca tahu fakta sebenarnya!!!
    ntar dibilang sono beli tabloid aja jg baca blog gw…wkwkkkk..
    disini harapan saya tanggungjawab seorang dosen dipertaruhkan..jd intinya jg cm bikin artikel asal..katanya2…
    klo cm bikin artikel kyk gini kan akhirnya jd gontok2 an bakar2 an….makin membingungkan….ga mencerahkan…sampeyan dosen lo bro…yg edukatif sesuai fakta di lapangan jg cm katanya…
    jg2 cm cr hit blog aja????

    • permintaan ente terlalu berlebihan
      ane rasa data hasil race sudah bisa mewakili
      lagian mana ada mekanik buka rahasia dapurnya ?
      dan ini bukan artikel ilmiah, hanya artikel santai saja
      jangan-jangan, nanti kalau bikin artikel motogp, ente juga minta spek motor m1, rc213v, dll, wah….jadi repot nih

      so silahkan kalau ente meu melengkapi di kolom komentar ini, ane tunggu ya

    • Mas.. Kalo semua data nya di beberkan, ya ngapain tim balap riset mahal” kalo akirnya resepnya di beberkan terus bisa di contoh tim lain? Mp1 bukan omr coyy.

      Mau keliatan pinter tapi gagal…..

  4. @okebro
    betul bgt tuh. hrsnya mencerahkan.ga bikin kacau seperti ini.akhirnya cm jd perang antar fansboy ga jelas coz data fakta ga ada.cm katanya.
    byk fansboy yg ga th klo balapan seperti ini byk part oem asli pabrik dganti part racing mihil..tahunya mx king menang sohc aja joz.sonic menang joz.ga th fakta dilapangan bahwa mtr yg menang itu dah oprekan sana sini.
    motor2 harian mereka pake kebut2an akhirnya jebol ambrol.lo kok br dipake begini dah ambrol ktnya menang kejurnas.yg akhirnya menjelek2an merk ini merk itu.
    motor ambrol jebol minta duit ortu..yg kasihan ortu lg2…
    kemakan iklan motor ini juara roadrace nasional. ga mikir motor yg dijual motor standar harian.

  5. @okebro
    Kalo ente penasaran ente tanya langsung aja ke tim balapnya, admin disini belom bahas part racingnya, cuma ngasih tau doang, justru benerlah si admin kalo disuruh beli tabloid otomotif, mereka bisa wawancara dan kegalauan ente bisa terjawab
    @hoooo
    Fansboy yg anda deskripsikan itu fansboy muda yg awam dan fanatik, gak semua fansboy beli motor karena motornya menang balapan, gak semuanya juga anak muda, awam dan fanatik merk

  6. riset baru beberapa bulan sudah bisa bikin mesin klan pigson bertahun tahun bertekuk lutut. Engine honda emang jos klo digarap serius.

  7. Halalalah…pendapat Si om dosen nih, menurut tangkapan sayah… Safu fi dan Sonic belum optimal ngopreknya… Lah Mx king berpotensi digamparin dirace karena oprekanya dah matang… Lah gimana fby ga pada kojel-kojel… Motor pujaanya ga dianggep ma si om…

  8. Wkwkwk pada sinis sama pak dosen, eh bro pak dosen itu cmn guru tdak ada rekan team2 untuk membuat suatu artikel dan sebagai pengamat layaknya blog2 lainnya menyampaikan artikel dari penikirannya jgn bandingin sama redaksi motorplus atau yg lainnyw jelas beda itu udah punya ratusan karyawan untuk membuat berita, so namanya jga bloger bukan tabloid lagian om dosen nyampek in artikelnya jga melalui fakta yg ada bkn hanya nafsu untuk menjatuhksn merk lain walaupun datanya kurang banyak tpi itu sdah lebih ckup sebgai blogger , yg kojel2 itu fansboy sejati ngoahahah

  9. Lah terus DOHC Overbore yang dulu di bangain pak dosen dan sudah lama melintang kenapa dibantai pasukan R15 juara 1 sampe 12 di level tertinggi kejurnas IP150cc di sentul international sirkuit..Faktor pembalap?? banyak pembalap honda yang pro turun seperti sudahramono tapi cuma menemapti posisi 13.

    • he he he, ente mikirnya terlalu njlimet
      karena mekanik fokus riset ke mesin baru, itu jawaban yang paling masuk akal
      buktinya mesin baru (sonic150r/k56) sudah mampu mengalahkan mesin yang katanya sudah mencapai 30-32 hp

  10. R25 baru masuk ARRC250 tahun lalu dicaci maki sama harters karena belum kompetitif walau di kejurnas 250 nasional R25 langsung merajai, tahun ini R25 bertaji terlihat di seri 1 ARRC250 yang borong podium dan di nasional pun makin berkuasa…Apakah ini juga yang kan terjadi pada FU??

    Sayang pembalap MX KING Rusman Fadhil yang tahun lalu juara nasional 150cc sekarang naik kelas bawa R25 di ARRC 250 dengan salah satu tim dari Indonesia

  11. Yg paling males baca komen copas.. gak sekali dua kali, tp berkali2. Meskipun isinya mungkin benar tp, baru baca kalimat awal aja serasa dejavu, langsung males nerusin.

    • Para pembaca kan udah pada pinter, karena ujung2nya hanyalah penggiringan opini. Tp yg saya bingungkan dosennya yg g pinter2. Karena pinter ngeles tetep aja g terima kalo motor sesembahannya kalah.

      • berati ente yang lebih pinter dong…

        ya sudah kalau memang ente pinter, coba tunjukkan kepintaran ente
        tunjukkan dalam bentuk tulisan atau prestasi lainnya mungkin itu lebih baik ketimbang hanya komen merendahkan orang lain

        he he he ane tunggu nih pertunjukkan kepinteran ente..

  12. Mx King pny duit 500rb buat beli piston baru, nyoss naik 32hp. Sonic kemayu keluaran duit 5juta cm buat beli es batu, ditaro diatas mesin biar gak gampang mleduk.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan