[Belajar Sepeda Motor] Rantai dan Segala Permasalahannya Bagian-4 : Cara Mudah Mengganti Rantai

Jpeg

Asslamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Suatu saat rantai motor sudah tidak bisa diakali lagi. Pengatur ketegangan sudah mentok, gir belakang juga sudah aus, berarti waktunya diganti. Jika motor masih bisa jalan, maka sebaiknya dibawa kebengkel untuk diganti rantai dan girnya (depan belakang). Tapi jika kondisi memaksa, misalnya rantai sudah terlanjur putus, atau gir juga sudah rompal, maka mau nggak mau, sprocket set harus beli ke toko dan pasang sendiri di rumah.

Banyak sudah yang mempablis cara melepas rantai+gir lama den menggantinya dengan yang baru (monggo silahkan browsing untuk melengkapi referensi). Tapi untuk melengkapi diskusi kita tentang ratai dan gir, motogokil coba ceritakan bagaimana melepas dan mengganti gir sepeda motor. Berikut langkah-langkah nya…

Persiapkan alat-alat nya yaitu :

Jpeg
Alat-alat untuk membongkar rantai

Ganjal agar roda belakang terkunci, gunakan kayu atau kunci T. Agar tidak melukai cat swingarm, kunci T dibungkus serbet.

Jpeg

Kendurkan 4 mur pengunci gir belakang dengan kunci ring 17

Jpeg

Kemudian berlanjut ke depan, melepas baut cover gir depan dengan kunci sok 8

Jpeg

Setelah cover terbuka, maka bisa dilanjutkan dengan melepas baut ring pengunci gir depan, dengan menggunakan kunci sok 10

Jpeg

Biarkan dulu, jangan dilepas ring pengunci dan gir depan, berlanjut melepas penginci pin sambungan rantai, dengan menggunakan tang. Perhatikan posisi mata capit tang pada pengunci, kemudian tekan, sampai terlepas.

Jpeg

Dan mata rantai sambungan bisa dilepas. Bentuk konstruksi sambungan adalah seperti gambar di bawah ini.

2 arah sambungan rantai

Kemudian rantai, ring pengunci gir depan dan gir depan bisa dilepas. Selanjutnya kendurkan pengatur ketegangan rantai, karena pastinya rantai baru akan lebih pendek dibandingkan rantai lama.

Jpeg

Jika terdapat satu mur pengunci, bisa langsung putar ke kiri. Akan tetapi jika terdapat dua mur pengunci, tandanya 2 mur tersebut saling kunci, dibutuhkan 2 kunci yaitu kunci pas 12 dan kunci ring 10. Yang depan putar ke kanan dan yang belakang putar ke kiri. Selanjutnya kendurkan baut-mur as roda.

Jpeg

Tahan kepala baut as roda dengan kunci ring 17

Jpeg

Putar baut pengunci as roda ke kiri dengan kunci 22. Setelah mur terlepas, ganjal ban sedikit saja, dan as roda bisa ditarik keluar dengan mudah. Setelah itu lanjutkan melepas 4 baut pengunci gir belakang.

9 baut gir belakang

Sekarang semua yang mau diganti sudah terlepas semua. Tinggal pasang yang baru dengan langkah yang sebaliknya.

Lebih kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wR wB.

 

12 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Serba-Serbi Permasalahan CVT dan Solusinya, Bagian-2 : Gredeg - MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan