Ketika Sudah Sulit Melawan dengan 150 CC, Datangkan 155 CC. Yamaha Memang Begitu

Diposting pada

ncbr 150r vs r15

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Jika ingin memenangkan persaingan, tentunya harus memiliki nilai lebih. Jika performa sama, maka lebihkan penampilannya. Jika penampilannya sama dengan rival, maka lebihkan performanya. Jika penampilan dan performa sama, maka lebihkan fitur-fiturnya. Ya begitulah caranya memikat calon konsumen, laku-tidaknya tinggal bagian pemasaran yang harus mengeluarkan jurus pamungkasnya.

Begitu pula dengan persaingan produk motor antara honda (ahm) dan yamaha (yimm). Ketika honda terlalu kuat dengan bebek 100 cc nya, maka yamaha mengeluarkan bebek 110 cc yang lebih powerfull. Dan seterusnya, 110 cc dilawan dengan 115 cc, 125 cc dilawan dengan 135 cc dan 200 cc dilawan dengan 225 cc. Dan terakhir ini adalah vario 150 cc dilawan dengan nmax 155 cc, jadi yamaha mengeluar produk dengan cc yang lebih besar dalam menghadapi honda adalah sudah lumrah.

Baru-baru ini ahm mengeluarkan ncb150r (k56a) dan ncbr150r (k45g) yang berbenturan secara frontal  dengan nva dan r15. Baik performa dan style bersaing sangat ketat, sehingga singgasana motor sport 150 cc yang lama dikuasai yamaha mulai bergoyang. Untuk melawan honda dengan upgrade style yamaha telah mengeluarkan xabre. Dan sepertinya agak susah melawan sport 150cc honda dalam hal performa.

Hal ini dikarenakan konstruksi dohc yang dimiliki ncb150r/ncbr150r memiliki sedikit keuntungan. Sehingga jika yamaha berusaha adu kuat dan jor-joran dengan honda dalah hal performa dengan volume (cc) yang sama, yamaha akan repot. Repot karena akan terjadi adu kuat upgrade silih berganti yang pada ahirnya akan menjadi adu kuat teknologi, dana riset dan modal.

Tentunya diperlukan pencangkokan teknologi tinggi dalam engine 150 cc untuk meningkatkan performa di atas kompetitor. Dari pada mengeluarkan dana yang besar untuk riset, fabrikasi dan lain sebagainya, lebih baik langsung saja naik volume jadi 155 cc . Sudah pasti torsi dan power akan naik, dengan mudah. Power yang tadinya hanya 16.59 ps bisa melonjak menjadi 17.17 ps, sudah di atas kompetitor (17.1 ps). Upgrade yang  mudah sekali hanya dengan oversize 1 mm (oversize 100), dengan semua part yang identik dengan engine sebelumnya.

Jadi kalau nantinya, yamaha hendak mengeluarkan yzf r155 dengan kubikasi 155 cc [info]untuk melawan new cbr150r, ya sudah maklum, biasa. Yang tidak biasa adalah jika yamaha menanamkan vva pada headnya, ini baru luar biasa. Karena dengan adanya vva, modifikator dapat dengan mudah merancang kurva power yang fleksibel, bisa buat harian, bisa juga buat kencang.

Ayo yamaha, ditunggu upgrade-an dari engine klan vixion nya !!!!

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

42 thoughts on “Ketika Sudah Sulit Melawan dengan 150 CC, Datangkan 155 CC. Yamaha Memang Begitu

  1. Waini baru setuju, tapi kadang petinggi-nya yo ngunu ki lho…hadeh.Terutama vixion jangan pakai engine 4L apalagi saingan sebelah pulsar wannabe dengan engine kena stroke penjualan-nya makin meningkat harus waspada…!

  2. Begitulah pabrikan. Sama kyk si jupie z1 di race dan non race kenceng bgt sampe si blade pun upgrade jd 125cc msh gak mampu mengalahkan z1 dan ahm ngambek gak ikut balapan.

    1. Tdk usah memutar balikan kenyataan,dijalan raya blade selalu unggul dari jupi z1,kalau di sirkuit trgantung dana dan oprekan aja.

      1. Wow tegantung dana dan oprekan. Pabrikan besar masa kalah sama pabrikan kecil.

        Yg katanya cuma pabrik suling. Nguahahah

  3. Kancil vs gajah
    Yg kecil harus lebih cerdik.
    Harusnya suzuki belajar dr yamaha,bagaimana menghadapi honda.
    Sayang suzuki autis.
    Bukan begitu pak dosen?.

  4. Ya harap dimaklum…ketika kompetitor mulai mengusik, kita harus cari cara supaya tetap di atas mereka, namanya juga bisnis, sama ajah honda mesti bikin mesin overstroke dan fitur ditambah LED, kalau mau bersaing dengan yamaha,..dan untuk yamaha untuk apa bikin produk yg bneran head 2 head dan memaksakan diri tanem mesin DOHC di 150cc yg notabene mereka paham kalau dibuat dengan ukuran current bore x stroke R15, ya tidak significant..dan cost meningkat jadi yg paling mungkin ya pake yg sudh ada,tambahkan value, buat calon buyer penasaran dengan vva, revisi design kepala lele dan ergonomi,.
    dan suzuki juga ogah bikin 150cc DOHC overstroke,

  5. Emang nmax setara vario 150 ya levelny??
    Kirain saya nmax di atas vario (beda level). Scara pribadi kesanny beda aja..
    Berarti klo gtu, nmax yg kemurahan apa vario yg overprice??

    1. Performanya sepadan antara stroke 57,8mm@150cc vario vs stroke 58,7mm@155cc nmax tp tergantung racikannya. Ada yg boros tp lemot, ada yg irit tp kencang.

      Sama2 mesin selonjoran.
      Kalo masalah fitur, desain, teknologi & kualitas biasanya sesuai dgn harganya.

      Ada yg bilang murah katanya 20jtan disuruh bikin sendiri belum tentu jadi.
      Ada yg bilang mahal katanya performanya 11-12 sama Metik 125cc stroke 55mm (hayate125,spin125,skywave125).

      Tergantung cara pandang dan ilmunya. Xixixixixixixi

  6. Istilahnya, bikin kelas baru. 10 tahun lagi bakal ada bebek 250 cc dua silinder berkat inovasi Yamaha.

  7. harus kayak gitu
    karena secara teknologi yamaha paling rendah
    untuk upgrade power, kawak dan suzuki cenderung main di part kelas atas
    sementara honda main di efisiensi dan pengurangan friksi

    kalo yamaha cukup bore up

  8. wahai para demit fby…

    datanglah…datanglah….

    yg gk ngaku fby tapi membela yamaha juga gk apa²… datanglah… bakar warungnya…

  9. Mending naikin cc daripada naikin kompresi kan. Yamaha ga mau naikin kompresi kayak honda karen pertimbangan durabilitas jeroan mesin. Kalo sudah kompresi diatas 11 gtu memang bisa jamin tuh part 1 taun masih awet performanya ataupun kondisinya? Kalo mau nurutin market tanpa peduli keawetan produk, bisa aja sih yamaha naekin kompresi juga sehingga power setara sama tetangganya…

  10. Namanya digangguin ya beranjaklah bro, liat aja lompatan satria fufi, kan karena digangguin ama merk H(ama)

    semua punya cara melompat, cebe melompat dg kompresi dan abaikan operbor, dan fiitur2 kecil tmabahan yg secara fungsi sama saja,

    Jadi capeknya gak blue ocean ya gitu,,tar jg ngikut lagi,,si H(ama) ini,

  11. biar bisa jadi strengt point marketing. misalnya aja cc lebih gede harga sama atau lebih murah.
    coz yang beli motor banyak yang awam mesin, pikirnya cc lebih gede lebih kenceng. padahal mah belum tentu.

  12. honda ncb dgn kompresi 11.1:1 power 16.96 nva kompresi 10.4:1 power 16.59 jika yamaha maw bs tu nva naik kompresi kyk ncb jd 11.1:1
    mgkn powernya bakal 18ps jg kyk suzuki….kekekekekekeke

  13. riset sedikit hasilnya gede,daripada riset mesin baru butuh waktu dan modal gede.SOHC 155cc +vva ini kayaknya mengulur waktu untuk DOHC nya kali ya.

  14. t kan mamtap? persaingan dr kompetitor sangat memanjakan konsumen, bayangkan saja kalo tdk ada peluncuran produk x, makan produk z pun tdk akan berkembang, dan ini membosankan pula hehe maaf kalau salah kata.

  15. om motogokil, bisa kasih saya link program untuk menghitung power mesin ga (yang biasa om pake)?

    saya penasaran nih, kenapa yamaha tidak meningkatkan kompresi mesin untuk meningkatkan daya mesin minarelli mereka ya? Padahal baru 10.4:1, sedangkan di eropa sana r125 sudah 11.2:1 dengan daya 15PS @9000 rpm. kira2 apa alasan mereka om?

      1. yep, another blinded fanboy who’s trying to make YIMM look bad to others.

        om gokil, apa YIMM masih bisa meningkatkan kualitas mesin mereka agar bisa meningkatkan kompresi mesin mereka? setidaknya sampai setara mesin 125cc minarelli (kualitas dan kompresi).

          1. kalo memang bisa, apa mungkin di update selanjutnya yamaha cuma meningkatkan kompresi mesin, soalnya TMCBlog bilang update 2PK yg akan datang harganya lebih mahal 3 juta.

            apa mungkin lebih baik merombak mesin secara keseluruhan daripada cuma meningkatkan kompresi?

  16. honda kalau hitung-hitungan salah / matematikanya karena pengen irit contoh 110 diblock mesin 108 cc. rada rada gimana gitu. bohong dan ora bisa ngitung. kaya product cina, banyak korupsinya dan harga selisih lebih mahal 1-2 juta dari yamaha yang kubikasinya murni atau diatasnya. emang begitu ciri khas yamaha selalu diatas cc honda.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan