Harga All New CBR150R Mayor Facelift Versi Repsol Selisih 2,8 Juta. Apa Nggak Kemahalan ???

all new cbr150r 2016 vs 2014

Assalamu’alaikum wR w wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

All New CBR150R mayor facelift 2016 baru saja dirilis tadi siang (14-02-2016). Hampir semua yang hadir berdecak kagum atas penampilan yang terkesan “techno” sporty serba runcing. Jika dilihat penampilannya dan dibandingkan dengan versi sebelumnya (2014), lihat gambar judul, memang berubah total, makanya banyak pengamat yang shock.

Memang penampilannya serba baru, hampir tidak ada yang sama dengan pendahulunya. Tapi bagi ane kok biasa-biasa saja ya (mungkin karena sudah sering melihat k45 dan k56). Atau mungkin karena ane bukan tipe orang yang mengutamakan penampilan motor, akan tetapi lebih pada performanya. Justru yang membuat ane shock adalah perbedaan harganya yang lumayan “nampol”, beda 2.8 juta bro dari versi sebelumnya (repsol). Mahal banget, apa nggak overprice ???

Terus terang, bagi ane yang lebih mengutamakan performa, (menurut ane) engine k45 lebih cocok disematkan pada cbr150 sebagai motor sport full fairing. Jadi jika benar cbr150r versi 2016 ini menggunakan engine k56, maka performanya justru lebih rendah dari sebelumnya. Sehingga dengan harga yang lebih mahal 2.8 juta, yang menjadi pertanyaan adalah :

” Mendapat upgrade penampilan apa saja ?” (upgrade performa jelas tidak)

Jika melihat sekilas foto-foto dari para blogger yang hadir, maka upgrade penampilan yang terlihat jelas adalah :

  1. Lampu-lampu, dari bohlam biasa (k45) berubah menjadi led (full)
  2. Bentuk fairing lebih agresif
  3. Tampilan headlamp lebih keren
  4. Kaca spion lebih (nyiku), sebelumnya membulat
  5. Bentuk velg berubah, lebih keren
  6. Bentuk knalpot lebih sporty (mengotak), sebelumnya membulat
  7. Spidometer lebih modern penampilannya
  8. Tangki bensin (sepertinya ) lebih kecil, tapi berprofil
  9. Sekarang sudah ada knob pass beam (nyengir….kenapa k45 nggak dikasih)
  10. Tutup tangki ada engselnya
  11. Rear grip nggak kelihatan seperti tanduk (mirip nvl)
  12. Split seat model baru (mirip r15)
  13. Spakbor belakang lebih sporty (mirip r15)
  14. Tampilan stoplamp berubah (biasa saja)
  15. Engine di-cet gold, kelihatan lebih eye catching, dll

Ya memang (menurut ane), upgrade nya sangat banyak, tapi hanya sekedar penampilannya. Sedangkan engine-nya (belum tahu), jika memang menggunakan engine new cb150r (k56), maka kemungkinan besar powernya lebih rendah dari k45. Dan performanya diarahkan pada torsi dan effisiensi penggunaan bahan bakar. Buat ane mah perubahan di sisi engine yang seperti ini, nggak banget. Karena motor sport full fairing, lebih memprioritaskan kekuatan dan kecepatan bukan penampilan ataupun keiritan/efisiensi. Itulah yang mendasari mengapa ane memilih nvl dan new cb150r untuk motor sport naked, dan memilih all new cbr150r (2014) untuk sport full fairing.

Bagaimana menurut bro n sis sekalian, kenaikan 2.8 juta sebanding nggak dengan perubahan-perubahan di atas ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

38 Komentar

  1. Analisa saya :
    – AHM sedang menyiapkan all new sport di harga 28-29 juta buat menandingi Xabre..
    Sehingga terciptalah rentang harga yg pas antara NCB – Xabre Killer – CBR150R

    Kualitas material, las2an dan painting CBR150 2016 ini ditingkatkan

  2. Ane rasa Lil bit worthed Om.. buanyak banget ubahannya.. total. Bentuknya Lbh proporsional as a sport bike dibanding current yg nampak aneh bodinya.. apalgi kemungkinan tetap Dpt perbaikan power engine jika dibanding sonic/ncb.. moso saama pleg.. Ane Kira kok gak mungkin.. pasti Lbh powerful

  3. overpricelah..
    kyanya demen bnget AHM naikin hrga motor baru yg signifikan dr versi lamanya, ntar lama-lama pabrikan sebelah ikutan latah jg nih naikin hrga motornya scra signifikan di motor versi trbarunya, di cb150r aj gitu naiknya signifikan dri yg old cb

  4. Seakan itu engine dipaksa performanya untuk nama cbr dengan alasan common part, versi repsolnya ga beraura sehebat seperti cbr versi sebelumnya, karena desainnya seperti bukan honda.

    Tapi enak buat yg naksir k45a macam saya, sayang keluarga, ngeliat tempat jok belakangnya pasti lebih bersahabat sama boncenger, walau performa rada kalah tapi spek mesin masih lebih pantas bawa nama cbr, dan DISKON PRODUK LAWAS huahaha

    • ini yg kemahalan ato gen 1 yg kmurahan yaaa? ciakakkakaa… tp ya jujur liat bobot yg dipangkas brarti kan ada susuatu ya, blom lg tangki yg mengecil. tp overall model sporty, fitur jg oke. kl gak inget mesinnya yg overstruk nyaris mau juga gen 1 yg baru lunas kmaren. ciakakakka….

  5. ya cuma beda 2,8 jt mah wajar dpt lampu led dan tampang keren bak moge sejati! jgn kaya org susah laagghh cuma beda segitu buat motor super keren!

  6. Wkwk secara tampilan gw lebih suka yang new soalnya slim kayak 1st gen cbr 150. Yang k45 ga demen soalnya kelewat obesitas. Lebih bagus model yang dibilang matacawet malahan wkwk
    Untuk mesin ya sudahlah… Nunggu spek gsx sama new r15 aja yang gosipnya ditweak di 20ps dan dapet overbore (tapi akhir tahun hahahhahahah)

  7. Mungkin ada material tersembunyi makanya mahal.. fairing carbon mungkin
    Soalnya diluar kebiasaan, versi naked lebih berat dbanding yg sarungan..

  8. lampu led itu mahal om. led buat rumah, mobil, atau motor, kalo yang kualitas bagus atau merk branded, emang mahal. itu baru lampu aja. biaya produksi juga naik kan?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan