Perbandingan "Jeroan" Ruang Bakar Suzuki Satria FU150FI dan Honda Sonic150R

mesin cb150r vs satria fu150fi

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Rilisnya spesifikasi engine satria fu 150 fi yang lebih detil, semakin meningkatkan keyakinan akan performanya. Kemudian menjadi menarik jika dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya , yaitu sonic150r. Akan tetapi, karena konstruksi bore x stroke nya memang berbeda maka karakternya juga pasti berbeda. Sehingga pada artikel ini pengaruh konstruksi engine tersebut tidak dibicarakan. Sonic150r mencapai peak power di rpm yang lebih rendah dibandingkan satria fu150fi.

Sesungguhnya dengan konstruksi yang berbeda tersebut, bisa saja performanya seimbang (seperti komparasi satria fu 150 versi karbu vs sonic150r). Akan tetapi ternyata performa satria fu150fi lebih superior dibandingkan sonic150r. Nah sekarang mari kita periksa beberapa detil dari jeroan engine (ruang bakar/combustion chamber) satria fu150fi dan juga sonic150r sebagai penghasil tenaganya.

Sudut antar klep

valve angle k56 vs satria fu150fi

Ternyata untuk masalah sudut antar klep, engine sonic150r memiliki sudut lebih sempit, sehingga memiliki keamanan yang lebih tinggi saat engine berputar pada kecepatan tinggi. Akan tetapi ternyata peak power sonic150r berada di putaran yang lebih rendah dibandingkan satria fu150fi. Berarti bagian ini bukan penentu lebih tingginya power satria fu150r dibandingkan sonic150r.

Lebar klep

valve diameter k56 vs satria fu150fi

Terlihat bahwa lebar klep in-ex sonic150r lebih kecil 2 mm dibandingkan satria fu150fi. Dan disinilah salah satu poin penting yang menjadikan power satria fu150fi mampu diseting lebih besar daripada sonic150r. Karena dengan diameter klep yang lebih lebar menjadikan engine mampu memperoleh VE yang lebih besar.

Rasio kompresi

compression ratio k56 vs satria fu150fi

Meskipun perbedaan rasio kompresi (CR) hanya sedikit, akan tetapi tetap saja memberikan kontribusi positif terhadap lebih tingginya power satria fu150fi dibandingkan sonic150r. Karena semakin tinggi cr semakin tinggi pula efisiensi pembakarannya, tentunya power akan semakin besar.

Kerugian gaya gesek mekanik

friction loss k56 vs satria fu150fi

Kerugian gesek yang paling besar adalah pada bagian rocker arm dan piston. Paling tidak sonic150r mengadopsi 3 teknologi (yang tidak ada di satria fu150fi) untuk meminimalkan rugi-rugi gesek, yaitu roller rocker arm, piston wide streaks mark molybdenum dan spiny sleeve. Sedangkan satria fu150fi mengadopsi teknologi scem pada dinding silindernya untuk meminimalkan rugi-rugi geseknya. Untuk sektor ini sepertinya teknologi sonic150r lebih unggul, sehingga rugi-rugi geseknya lebih kecil.

Tentunya ada beberapa bagian lain pendukung performa yang dimiliki satria fu150fi yang lebih powerful dibandingkan sonic150r. Bagian-bagian tersebut tidak terletak di ruang bakar, akan tetapi mendukung pembangkitan energi di ruang bakar. Bagian-bagian tersbut adalah :

  1. Throttle body dengan diameter yang lebih lebar (32 mm, sonic150r 30 mm)
  2. Radiator yang lebih luas
  3. Air filter box yang lebih luas
  4. Diameter header yang lebih besar
  5. Dan lain-lain.

Sementara itu dulu yang bisa motogokil sampaikan, semoga bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi yang akan memilih motor ayam jago. Barangkali ada bro-bro pembaca/komentator yang lebih faham, monggo di-share masukannya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

34 Komentar

    • Benar sekali. Dgn noken tanpa rocker arm , tentu bidang gesek lebih sedikit jadi panas yg dihasilkan lebih sedikit, juga kemungkinan klep floating jg sangat minim,
      So pernyataan pak doaen.adalah “MEMUTAR BALIKAN FAKTA”

  1. bukannya dgn adanya rocker arm malah menambah media gesek ya om ? dibanding fu yg direct,noken lgsg numbuk mangkok klep yg ada shim nya itu..mohon pncerahannya n cmiiw

  2. mungkin gak siknifikan juga perbedaannya. roller rocker arm tujuannya meminimalkan tekanan dari gesekan kesamping (sideways swiping force) antara camshaft lobe dan ujung klep. tapi ada tambahan berat dari rocker arm nya.juga.

    yg tipe inverted bucket (shim didalam bucket) kena gaya gesek ke samping antara cam lobe dan permukaan bucket nya. dg itu bucketnya harus tebal supaya kuat. karena tebal jdi bertambah berat.

  3. Gambar2nya ada di om iwb.. tapi ane ga ngarti ..xixi..
    iwanbanaran.com/2016/01/06/bedah-total-suzuki-new-satria-fu-injeksi-habis-sampai-ampas-ampasnya-ki/

  4. Yg soal gesek2.. satria fi dimari
    iwanbanaran.com/2016/01/05/nih-dia-salah-satu-kunci-rahasia-performa-new-satria-fu-injeksi-ternyata-piston-juga-diubek-ubek-kangbro/

  5. kok bisa SCEM kalah sama spiny sleeve? setahu saya spiny sleeve itu hanya untuk mendinginkan, sementara dinding silindernya (cast iron) sendiri kalah sama nikasil (suzuki scem) ataupun alusil (yamaha diasil cylinder)

    Re-Plated NIKASIL Cylinders:
    small advantage in heat transfer
    lower co-efficient of friction
    Weighs a few ounces less
    Costs twice the price of any other process
    Cannot be bored when damaged
    Sulfur in fuel corodes Nikasil plating
    Can crack, flake and peel off
    More fragile than other sleeve materials

    Re-Sleeved Cylinders and ALUSIL:
    Costs half the price of Nikasil plating
    Cast iron, Chrome Molly, Alusil can be used
    Alusil has excellent lubricating qualities
    Alusil is light weight and wears well
    All can be re-bored to next oversize
    Can be worked with common tools
    Slightly slower heat transfer

    https://kupasmotor.wordpress.com/2016/01/05/alasan-mengapa-kawasaki-honda-dan-yamaha-akan-susah-untuk-menghalangi-suzuki-satria-menjadi-raja-jalanan-performa-mengalahkan-bahkan-motor-250cc/

    • masa ? tolong diperhatikan, yg digunakan sonic adalah RRA (roller rocker arm), bukan rockar arm biasa
      permisalannya…sekarang coba dorong lemari jati yang tidak ada rodanya
      kemudian pasang 2 pipa besi, satu di depan, satunya di belakang, dan dorong
      mana yang lebih ringan tanpa pipa atau yg dengan pipa ?
      sudah faham ?

    • maklum pk dosen.. bocah iku ra sekolah… boro2 hukum newton. . prinsip kerja alat sederhana aja kagak ngrrti. tanya ma anak smp sono

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan