Sedaap…Mudahnya Meng-Upgrade Performa Suzuki Satria FU-FI. Selanjutnya Bagaimana ???

satria 150 FI

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dengan keluarnya informasi yang cukup komplet dari suzuki satria fu fi, maka jelas sudah apa yang diinginkan oleh suzuki dalam merilis satria fu fi ini. Tujuannya tidak lain mempertahankan kesan suzuki sebagai motor terkencang dikelasnya. Apalagi dengan informasi power, torsi serta info speedometer yang “wow”, menjadikan satria fu fi ini selain menjadi motor terkuat (di kelasnya) juga memiliki potensi terbesar dalam hal peningkatan performa.

Sekarang mari kita perhatikan beberapa bagian dari satria fu fi yang memiliki potensi lebih besar dibandingkan rival-rival nya dalam hal peningkatan performa : 

  1. Kontruksi engine yang overbore 62 mm x 48.8 mm. Konstruksi seperti ini memang diperuntukkan untuk mengail power yang lebih besar pada rpm tinggi
  2. Dinding silinder yang terlapisi oleh nikasil yang sangat kuat dan memiliki koefisien gesek yang kecil. Diimbangi dengan ring piston yang lebih tipis mengakibatkan rugi-rugi gesek berkurang
  3. Total area klep in-ex (in -ex valve) yang lebih besar, menjadikannya mudah mendapatkan flow rate yang lebih besar
  4. Sudut klep in-ex yang lebih sempit. Menjadikannya lebih menungkinkan untuk tetep aman bermain di rpm tinggi
  5. Diameter throttle body yang lebih besar. Memberikan potensi untuk mendapatkan efisiensi volumetrik yang jauh lebih besar lagi
  6. Box filter udara yang lebih besar, memberikan potensi air flow yang lebih besar.
  7. Percepatan yang sudah 6-speed yang menjadikannya lebih fleksibel dalam menentukan rasio dalam rentang rpm yang lebih lebar
  8. Bobot pin dan piston yang ringan, serta bobot bandul yang proporsional yang memberikan keuntungan untuk lebih cepat mencapai rpm tinggi
  9. Sistem pendingin yang lebih mumpuni, yang sanggup untuk mendukung ungrade power pada tinggkat yang lebih tinggi
  10. Kontrol pengapian dan injeksi dengan teknologi tinggi dengan sensor-sensor yang relatif lengkap.
  11. Dan lain-lain

Dari poin-poin yang ditunjukkan di atas, terlihat bahwa satria fu fi memang sudah sangat siap untuk di-upgrade menjadi motor balap [lihat artikel]. Karena banyak komponen yang sudah siap, maka langkah meng-upgrade performa menjadi lebih mudah. Sekarang mari kita lihat, betapa mudahnya meng-upgrade performa satria fu fi, sebelumnya perhatikan prediksi performa standar satria fu fi

satria fu fi power stock

Paling tidak ada  bagian yang dengan mudah dimodifikasi untuk meningkatkan power satria fu fi yaitu :

  1. Menggeser peak power ke rpmyang lebih tinggi, bisa dilakukan dengan mudah dengan mengubah overlap camshaft dengan sedikit memodifikasi coakan gigi sentriknya.
  2. Meningkatkan VE, memapas base circle 0.5-1 mm
  3. Meningkatkan CR, jika 1 dan 2 meningkat, otomatis CR dinamik meningkat. Kalau mau lebih padat, pakai piston jenong.

Jika semua langkah tersebut dilakukan sedikit saja, maka powernya akan meningkat menjadi 22.3 ps. Yang lainnya bagaimana ? Menurut motogokil baik dari lebar klep, diameter tb, luas filter udara, debit injector dan flow di pipa exhaust, semuanya masih mampu mendukung ubahan tersebut (masih bisa menggunakan ori-nya). Kalaupun ingin lebih optimal, maka cukup ganti header knalpot yang lebih pendek dan dengan diameter yang sedikit lebih besar.

Pantesan bocoran sport suzuki berbasis mesin yang sama powernya bisa mencapai 23 ps, lha wong gampang banget ubahannya. Selanjutnya kelas sport suzuki dengan engine turunan satria fu fi akan segera menyusul. Power yang akan dimiliki tidak akan jauh dari power fxr150, yaitu  sekitar 20-21 ps.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

31 Komentar

  1. mau kenceng kog repogt banget ya, tapi memang begitulah adanya orang indonesia pada umumnya, dana cekak, beli modif yg ujung ujungnya repot. padahal uda yg kenceng n instan, tapi ya itu antara modal cekak atau pekok.

    • ya emang repot mas, bagi yg awam, kalo bagi yg udah paham dan ahli soal mesin ya gampang aj, gak akan merasa repot, lha wong udah hobi

      sekali lg, hanya akan terasa repot bagi orang awam dan buta ttg mesin

    • nih org yg lebih pekok, lo kira kami yg suka modif performa engine itu gk mmpu alias modal cekak???
      buehhh muak, klo lo lihat motor kami lo pd heran, knapa punya motor2 kncang kok mlh oprek motor jadul..
      kami punya statement beli motor kencang aki aki jg bisa, tp bikin motor jauh lbh power full dr stdnya itu tdk semua org bisa,,
      koplak lo, klo modal cekak jgn oprek motor kyk lo, biaya oprek lbh dr cukup buat beli lo

    • Modif tu hobby om. Beli motornya mungkin murah, klo dah modif bisa lebih mahal dr motor jadi biayanya.
      Seperti, “nih matic gw bisa kalahin ninja lho.” Kira2 gitu om.

    • yg sekarang aja borosnya minta ampun, masa 150cc kok lbh boros dr motor 200cc jadul aka tiger..bgmn jk bobot motor sama dg batangan apa lbh boros lagi..

      • Seberapa boros sih FU karbu??
        Punya ane kisaran 35-38 perliter pemakaian normal , rpm normal sampe tinggi buat nyalip kendaraan di depan. tes cbsf kawan per liter juga kisaran 35 km. Pasti cuma denger kata org nih bocah. Asal jeplak!

      • Wajar tiger 200cc tapi kliatan irit padahal boros juga, wong ini motor lemoot je sama 150 cc dohc juga keok, mesin jadul zaman purba

      • semoga dgn injeksi jadi tidak terlalu boros om, kalau di luar jakarta masih enak kbnykan jalan kecepatan stabil. di jkt stop n go nya itu nyiksa bensin jenis motor apapun lebih boros dikit dari test konsumsi bensin pabrikan.

  2. kirakira kalau suzuki bikin rra atau semacam vva buat lebih joss ya ? atau air cooled + liquid cooled + oil cooled ? kirakira bisa seberapa mantap pak ?

    dan apakah itu semua dikeluarkan jika satria mulai terjepit jilid 2 seperti sekarang ya ?

  3. kalau desain filter ga terlalu banyak membantu. karna yg di fu/fxr ud open / minim filter ferrox. kalau desain tb n setting ecu bsa bnyk membantu. seperti jup z1 yamaha pabrikan msh pke box filter orinya.

  4. lah iyalah pekok. kalo ente mampu beli Kfc, terus ente makannya nasi aking dengan alasan dungu yg barusan ente jelasin, masuk akal kah?

    kalo memang ada duit ngapain juga ngoprek ngoprek, ngoprek yg pasti lbh murah n repot. udah umum kog orang ngoprek itu krna modal cekak. jadi gak usah alibi.

    kecuali emang balapan resmi ya di oprek, lah ne harian di oprek, emang mau ugal ugalan?

      • modal 21jt mah mending beli RGR Second, paling pusing nyari sparepartnya doank. kalo mw instan sih ya beli Ninja Second. kalo dapet yg mulus n bagus, 17jt an jg dapet. dah di jamin kenceng.

        tapi ya gitu, gak ada teknologi MotoGP dan DNA MotoGP nya, beda ama motor2 sekarang pake teknologi MotoGP n DNA MotoGP

    • Di cikarang sini baru nemuin di jalan 1 biji si sonik, nva 3x, ncb 2x, nah nmax ini yg banyak,,udah pada jenuhkan dg motor2 baru?

      • mungkin sudah banyak biker yang pengen nyaman akibat kemacetan yang semakin parah
        ane dulu kerja di LG EDDI cikarang rumah di prumnas klender, tahun 1998 aja macetnya sudah parah, apalagi sekarang

  5. mantab…..spec mesin cakep kwalitas part pastinya di atas rata2 kompotitor yg biasa ngelecein konsumen nya.hehehe…..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan