Clutch House (Rumah Kopling) Oblag di Motor Baru. Ada yang Tahu Apa Penyebabnya ???

rumkop mxking 8000km 5bln oblag

Assalamu’alaikum wR wb

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Seorang rider mengeluhkan bahwa pada bak kopling terdengar suara-suaranya yang aneh (tidak wajar) dan cukup nyaring. Anehnya suara tersebut hilang jika handle kopling ditarik, dan kembali terdengar jika kopling dilepas. Setelah bak kopling dibongkar, barulah ketahuan bahwa sumber bunyanya berasal dari rumah kopling (clutch house) yang oblag.

Menurut penuturan sang rider, motor digunakan secara wajar dan baru 5 bulan dipakai. Jarak tempuh juga belum terlalu jauh, baru mencapai 8000 km. Itulah yang membuatnya terpukul, karena motor masih termasuk baru, tapi bagian terkuat penyalur tenaga sudah rusak (oblag). Untungnya part pengganti tersedia di diler, dan kebetulan partnya sejenis dengan motor lainnya yang bergenre sport, harganya juga lebih murah.

Ane sendiri juga masih mencari-cari apa penyebab kejadian ini, apakah karena part yang NG (not good) atau salah perlakuan. Karena selama ane menggunakan motor, mulai dari bebek sampai sport belum pernah mengalami rumah kopling oblag, meskipun dari merek yang sama dengan yang dimiliki rider di atas. Jika disebabkan part NG tentunya sangat mudah mengatasinya hanya dengan ganti part (gratis jika masih garansi). Tapi jika karena perlakuan, pertanyaannya adalah “Perlakuan bagaimana yang bisa membuat rum-kop oblag ?”, harus dihindari.

Sekarang supaya lebih jelas, mari lihat konstruksi rumah koplingnya

rumkop mxking pc red

Dan posisinya di engine adalah pada bagian ini

rumkop mxking 2

Nah bagi yang kebetulan pernah mengalami, mungkin bisa share bagaimana mengatsinya. Bahkan akan sangat bermanfaat jika ada sebuah tip dan trik pencegahan agar rumkop oblag tidak terjadi. Karena rider motor dengan konstruksi engine ini sangat banyak (juta-an rider) termasuk ane, maka tentunya manfaat dari sharing dalam menghadapi kasus ini juga sangat banyak.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

31 Komentar

  1. Biasanya sih kebiasaan nggantung kopling ( nekan tuas ) di lampu merah gak di netralin, ngelepas tuas kopling pada RPM tinggi (kira2 3000rpm) di kecepatan rendah pas macet2an hujan, hard up-shift ( ala racer ) tanpa nekan tuas.. Disamping material komponen yg tdk layak..

  2. Hahaaa! Nih motor yg mau lawan sonic?
    Di sirkuit gayanya aja pake part gedongan biar bs dibilang tangguh. Part aslinya? Jeroan kw 10
    Noh fby.. Liat tuh motor sembahan ente. Kl motor kalian msh standar dan ketemu sonic jg dlm kondisi standar, blayer2 aja dah biar kalian tau sbrapa tangguh motor ente.
    Hahahaaa! Bawa2 sirkuit padahal mesin hasil sulap semua..

  3. itu dsbapkan gaya brkndra yg agak sruntulan ala pembalap atau suka mgantung kopling,, tapi klo dilihat dari jarak tmpuh yg msih rendah km’y itu brarti mtrial rumah kopling’y jelek.

  4. Itu krn perlakuan yg gk baik dr si rider, karet koplingnya rusak krn sering dihentak, gk tahu untuk kebut2 buat akselerasi dipaksakan ato free style

  5. Aku pake scorpio dari th.02 sampai th 10 ( di jual ) gak apa2 ..padahal ya kasar kalau aku bawa motor …sering had engine brake..selama 8 tahun belum pernah ganti kampas kopling sama karet stoper rumah kopling.
    Kalo menurut aku tergantung materialnya….kalo sering gantung kopling …paling yg kena kampasnya gosong…kalo sering had engine brake yg kena rantai sama gear sama karet stoper gear ..

  6. kejadian persis di nmp fi saia baru 5bulan kopling macet dibawa ke ahass kena biaya 80rb gak dapat garansi padahal motor masih standart mekaniknya gak berkompeten masak betulin kopling sampai bolak balik 2kali bongkar rumah koplingnya itu pun luamaa baru selesai.!

    • Tmn ane jg, byson karbu blm genap 5 bln, KM jg baru 5000 an. Harus ganti set rumah kopling dan clutchnya, gak ada garansi. Kluarin duit lumayan byk, stlh jadi trs dijual takut part2 yg lain jg kualitasnya payah, buat pengalaman.

  7. Kalo analisa saya bukan masalah kasar pemakaiannya…
    Kalo kasar pemakaiannya yg rusak dulu karet stoper gear belakang ..karena beban untuk hentakan paling besar.
    Kalo karet stoper di rumah kopling bebannya tidak berat ..
    Kesimpulaannya part nya aja pas dapet gak bener alias cacat..

  8. kalau g salah emang ada tipe motor yang karet koplinghousenya memang longgar…..terus kalau misal yang di foto itu foto asli dari mesin yang rusak sepertinya wajar, ada bekas kampas kopling dengan kopling house yang lumayan keligatan

  9. Sama kayak cesy ane om, cuma udah di ganti karetnya tapi masih ada bunyi juga ya walau ga separah sebelumnya, tapi kata temen ane yg mekanik bengkel yg dah sering ngerjain cesy sih ga masalah dan skrg masih sya pake.
    Satu lagi honda CB150 punya adik saya om, sama kalo kopling di teken suarane ilang. tau dah kenapa motor baru sama kayak cesy ane, tapi ya dibiarin aja. Ya itu tadi kalo dari cesy ane di ganti karetnya ke tukang bubut & udah ga oblak lagi (suara masih ada) & skrg masih ane pake buat harian.

  10. Itu pasti yg oblag motor selain honda..
    kalo honda ga mungkin bunyi glag glag glag soalnya rumah kopling honda peredamnya ada 2 coy karet ame pegas memang motor jadi kaga galak kya yamaha tpi manfaatnya kampas kopling jdi lbih awet tpi dengan pemakaian yg benar..

  11. Asalamu alaikum gan,, saya mau curhat,, motor punya ane juga sama kaya gitu suara(duk duk) di bok mesin sangat nyaring,,tapi saat tuas kolping di tkan bunyi nya ga parah”amat,,apa mungkin motor saya kena juga tuh sama yg nama nya damper clouthing spesial/karet kopling nya rusak,,Padahal motor saya juga msih di bilang baru,, gimana gan pemecahan nya!? Trimakasih selamat malam.

  12. motor mxking 2015, km 25 ribuan, setelah tarik kopling full n mulai dilepas n buka gas kadang ada suara klutak klutuk di mesin (sebelum narik krasa ada yg kosong gitu). biar gak bunyi, sekarang saya tarik lepas koplingnya lebih hati hati, perlahan
    apa ini gejala karet kampas kopling perlu ganti?

    • biasanya memang masalah itu yang menghasilkan suara berisik,
      tapi perlu dicheck bongkar tutup bak kopling, kemudian coba pegang gigi primer besar dan rumah koplingnya digoyang2, kalau parah goyangnya ya di daerah tsb penyebabnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.