Nyobain Aki Maxima di NVL, Bagus Apa Tidak ???

Jpeg
Aki maxima di NVL

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah dua kali mengalami aki drop di new vixion lightning (nvl) rasanya sudah cukup kapok. Akhirnya saat ke toko aki, tanya aki yang paling bagus untuk vixion. Penjaga toko (yang kelihatannya amanah) memberikan aki maxima, aki yang paling bagus (katanya tukang aki) dan pasti paling mahal. Ane sendiri belum tahu performa sesungguhnya,… makanya dicoba.

Menurut brosur yang diberikan, memang aki maxima “menawarkan” performa yang lebih baik dibandingkan aki biasa (basah dan kering/MF). Keunggulannya tersebut tidak lepas dari konstruksinya yang berbentuk spiral, perhatikan gambar berikut :

Jpeg
Konstruksi aki maxima

Berikut penampakan komparasi performanya, (menurut pabriknya).

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Karena ane juga baru pakai aki maxima ini, tentunya buta dengan performa yang sesungguhnya. Bagi bro n sis yang berburu aki untuk pengganti aki yang soak mungkin bisa menjadikan aki maxima sebagai kadidat pengganti. Harganya lumayan lebih mahal dibandingkan aki gs dan yuasa, kira-kira lebih mahal 30%.

Dan bagi yang sudah punya pengalaman menggunakan aki ini, monggo sharing dengan kawan-kawan di sini, mengenai kelebihan dan kekurangannya. Barangkali performa yang ditampilkan pada brosur ternyata hanyalah bualan semata. Atau justru brosur menampilkan performa yang sesungguhnya, tentunya yang pernah mencoba yang mengetahuinya. Atau boleh juga, bro n sis, men-sharing penggunaan aki lainnya untuk motor-motor di rumah.

Semoga artikel kecil ini bermanfaat, bagi kita semua, wassalamu’alaikum wR wB.

 

18 Komentar

  1. toko aki rekomendasi merk selain G* dan yuas* karena marginnya lbh besar pak, aki pabrikan diatas sudah ada het, keuntungannya paling mentok 20rb, beda dgn aki diluar itu, untung bisa 50rb lbh.
    ane sedikit tahu karenabuka bengkel kelistrikan motor mobil, dan kapok jual aki non merk, dikomplen mulu 🙁

  2. Pernah pake pak dosen (garansi 3 bulan) . Baru pake 2 buln jebol,gara” kiprok tiger yg rewel.sama pemilik bengkel trus d ganti baru. .tpi gak tau kualitasnya. Kburu d jual motornya.

  3. sebenarnya yang paling awet ya aki basah
    asal ketinggian air aki terjaga, dan rajin di kuras 2 tahun sekali

    kalo buat mobil itu ada aki hybrid, atau low maintenance
    sama kayak aki basah cuma cairan nya ga cepet nguap
    itu yang paling awet sebenarnya

  4. soal aki, saya selalu percaya yuasa. kalo aki model MF, kalo bisa jangan cari yang tinggal pakai

    aki MF merk yuasa, kalo kita beli maka cairan nya itu masih belum dimasukkan ke dalam aki nya (masih terpisah). dan sebelum digunakan, maka kita perlu memasukkan cairan tersebut ke dalam aki nya. kondisi ini menguntungkan user bahwa aki nya benar2 baru. beda jika kita beli baru namun air nya sudah ada di dalam aki karena usia aki akan berkurang sesuai dengan lama nya pencampuran air tersebut. imho

    btw belum pernah pake merk maxima

  5. Kalau beli Accu kering lihat bulan dan tahun produksinya Sam,,,,,
    Karena begitu diproduksi disitulah mulai usia Accu berjalan,,,,
    Beda dg Accu tipe basah,,,

  6. Sudah pakai dari 4 tahun lalu di smash kondisi dah di fullwave sampai sekarang masih nempel dimotor masih kuat starter (mgkin mang lg bruntung) cma timahnya dah sempal alhasil kabel disolder langsung ke aki.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan