YIMM Harus Ekstra Waspada, CB150R Kembali Mengungguli NVA di Bulan November 2015

NVA vs New CB150r

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bulan lalu oktober 2015, jumlah distribusi new cb150r berhasil mengungguli nva. Dan bulan november 2105 ini kembali distribusi new cb150r berhasil mengungguli nva. Penurut penuturan Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwijaya, distribusi new cb150r menurun di bulan november yaitu sekitar 24000-an (tepatnya 23886) [Sumber]. Meskipun demikian pencapaian ini masih di atas distribusi nva yang hanya 17200 unit.

Sering dengan penurunan penjualan motor di akhir tahun, penjualan ncb150r juga turun. Dan penurunan distribusi ncb150r cukup besar (sekitar 3000-an unit), yang mana pada bulan oktober mampu menorehkan distribusi mencapai 27000-an. Ada kemungkinan untuk menaikkan gairah calon konsumen untuk tetap melirik ncb150r, lahirlah ncb150r se (special edition).

vixion vs cb150r sept-okt-nov 2015

Kekalahan nva sampai 2 bulan berturut-turut, tentunya merupakan hasil yang kurang bagus bagi penjualan motor sport yamaha. Apalagi honda (ahm) menginginkan untuk tetap jawara dengan merilis ncb150r se, untuk mendongkrak penjualan di akhir tahun 2015 dan di awal tahun 2016. Dan tentunya yimm (yamaha) harus ekstra waspada menghadapi serangan ini, jika tidak maka pangsa motor sport 150 cc dan juga motor sport secara keseluruhan bisa diambil alih oleh ahm (honda).

Yimm memang sedang dalam tekanan yang cukup berat dalam mengakhiri tahun 2015 ini. Karena motogokil dapat bocoran, bahwa masih banyak motor yang harusnya habis terjual, ternyata sampai akhir tahun ini masih menumpuk di gudang (artikel menyusul). Apalagi untuk motor yang sifatnya kadaluarsa, misalnya jupiter mx 135, lebih berat lagi. Karena dengan hadirnya jupiter mx 150 dan juga mx-king 150 menjadikan jupiter mx-135 tampak inferior, dan konsumen cenderung lebih memilih mx 150 cc dibandingkan yang 135 cc.

AHM juga tidak terlalu bagus prestasinya. Meskipun ncb150r mampu kembali unggul dibandingkan nva, akan tetapi kemerosotan distribusi ncb150r hampir 2x lipat penurunan nva. Hal ini bisa disebabkan oleh kenaikan bulan oktober merupakan anomali, sedangkan pada bulan november inilah kondisi normal. Tapi sepertinya ahm masih bisa sedikit optimis, karena pencapaian bulan november 2015 ini masih berada di atas target yaitu 21000 per bulan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

24 Komentar

  1. Dan kemungkinan sport akan jatuh dipangkuan AHM tahun depan. Dengan Verza dan NCB sepertinya cukup. Januari kita lihat bersama. Strategi YIMM tidak bisa saya tebak. Malah menurut opini pribadi, kok sepertinya berisiko. V-Ixion terjual lebih dari
    2,5juta unit. Sebuah capaian luar biasa untuk
    varian motor sport. So… pertanyaannya adalah
    mengapa upaya membentengi diri YIMM dari
    pabrikan sebelah adalah melahirkan Sport 150
    cc lain dengan konsep mirip Byson??? Apalagi
    setelah diketahui bandrol MT-15/Xabre/MSlaz
    malah di atas R15??? Ini saya secara personal
    tidak habis pikir. YIMM berjudi terlalu besar.
    IMHO, wajarnya, YIMM mengawal V-Ixion
    dengan Sport entry level lawan dari Verza.
    Atau keluarkan produk 200cc. Itu menurut
    saya yang seharusnya YIMM lakukan.

  2. Sepertinya ketika membaca data AISI untuk penjualan sport bulan November 2015, para Petinggi YIMM mengadakan rapat Khusus untuk menghadapi kenyataan ini…pasar telah berbicara market share terancam.
    untuk Nmax masih aman sampai tahun depan

  3. Setelah Sport modiar… Giliran menghabisi NMAX. Ekekee. Mampuzzz sudah.

    Mio mampuz
    Fino koit
    R25 Hampir pasti kagak laku setelah keluar Cbr250rr
    pigson Modar

    Lama2 cuma jual NMAx. Tinggal skak Mat.
    Fby punah. Ekekekeke

    • wihhhh sadis bgtttt
      temen ane bilang kmarin NVL ane lego, mnggu dpn gnti NCB, haduhhhh kok pd pindah brjamaah nih FBY,,gini klu iman gk kuat,.speed ada, power ada, style ada, irit apalagi…
      wihhh sadis nih NCB..

  4. btw motogoki kog gag diundang ya sama ahm, acara silahturahmi katanya. padahal ud belain produknya sampe mencak mencak tiap artikel. mgkin kagak dianggep kali ya ma ahm?

  5. Sedikit pertanyaan masbro motogokil, itu data distribusi ke dealer atau data penjualan yg sesungguhnya? Soalnya kok dijalanan di kota saya sedikit sekali lihat new cb150r?

  6. Tenang saudara2…. Xixixixixixixi
    mesin gen vixion meski secara spec dibawah NCB, secara material DiAsil silinder sebenarnya bisa mengimbangi spec mesin 1 step diatasnya.
    Tinggal tunning dikit masalah ngebul, haus olie, lemot, boros bbm langsung teratasi.

    Cuma sepertinya ada semacam perjanjian antar mopang jika pake material DiAsil/nikasil silinder diminta ngalah performanya sama material silinder biasa.

    Contoh:
    R25 ngalah sama ninja250fi, lihat saja ninja250fi Bore lbh besar tp menggunakan pipa header lbh kecil dibandingkan r25.
    Review user ninja mengakui lbh responsif dari R25 (googling aja).
    Part crankshaft R25 Bore 64mm dibore up jadi 68mm R3, ukuran header knalpot sama ecu dll opsional, wajar jika R3 akselerasi dan topspeed lbh tinggi dari R25. Ingat part crankshaftnya (diameter & tebalnya) sama.

    Perbandingan Bore: 64mm/68mm=0,94 x header knalpotnya.
    Artinya apa? r25 dengan material DiAsil silinder hanya dgn mengganti header knalpot potensi sebenarnya mampu mengimbangi ninja300fi krn head to head dgn R3.

    Note:
    1. vixion series stroke 58,7mm dgn DiAsil silinder performanya bisa sepadan dgn stroke 57,8mm material biasa.
    2. R25 dgn harga 54jt sudah siap head to head dgn cbr250rr dgn harga diatas ninja250fi 60jt, kata Ahm kalo kurang nampol penjualannya baru dikasih discount… Xixixixixixixi
    3. Prototype motogp yamaha juara, produk massal yamaha inferior? Tergantung loby²
    4. Percaya atau tidak terserah….. Xixixixixixixi

  7. Piksen dohc telat nongol, keburu kesalip deh sama cb150r. Dan biasanya kalo udah kesalip susah banget nyalip lagi. Seperti mantan raja matic si mio…

1 Trackback / Pingback

  1. Yamaha Menunggu Loyalitas Penuh dari FBY | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan