Honda Menguasai 70,88 % Market Share. AHM Jangan Senang Dulu !!!

aisi nov 2015 chart

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalana sampai ke tujuan

Banyak yang sudah menceritakan kemampuan honda dalam meraih 70.88% market share bulan november tahun 2015 ini. Rata-rata menceritakan kehebatannya dalam menjaga dominasi penjualan motor di Indonesia. Akan tetapi ternyata ada beberapa catatan yang harus menjadi perhatian honda (ahm) bahwa pencapaian ini tidaklah cukup, bahkan bisa dibilang kurang baik.

Pernyataan motogokil ini didukung oleh data aisi sendiri, bahwa justru distribusi motor honda (ahm) menurun melebihi kompetitor yaitu yamaha (yimm). Hal ini bisa disaksikan dengan membandingkan capaian market share bulan oktober dan november tahun 2015. Pada bulan november ini market share yang dicapai ahm mencapai 70.88%, wuiiih tinggi banget. Akan tetapi coba lihat dan bandingkan dengan pencapaian pada bulan oktober…jauh lebih tinggi.

aisi nov 2015 table ms trend

Nah sekarang ketahuan mana yang ms nya berkembang dan mana yang mengkerut. Sepertinya peningkatan ms hoonda pada bulan oktober lalu memang sangat bombastis, dan tidak mampu dipertahankan sehingga bulan november justru jauh menurun. Sedangkan yamaha dengan strategi marketingnya mampu mengevaluasi dan memperbaiki diri, sehingga ms bulan november ini naik jika dibandingkan bulan lalu.

Kalau dikatakan pasar sepeda motor lesu, itu memang benar dan hampir semua merek penjualannya menurun. Akan tetapi penurunan penjualan motor honda adalah yang paling besar yaitu 11.77 % sedangkan penjualan yamaha hanya turun 2.13 % dari penjualan bulan lalu. Jika melihat pergerakan di motor sport 150cc yang sangat dinamis dengan akan munculnya banyak motor baru (new satria fi, bebek sport honda 150cc, new cb150 se, mt-15 dll), maka penjualan honda yang menurun paling dalam kemungkinan besar adalah newcb150r atau sonic150r. Kita tunggu saja bocoran data AISI berikutnya dari blogger2 kondang.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

15 Komentar

    • masalahnya sekarang motor yang harus dipake ada 4, cs1, cbr150, nvl dan nmax
      jadinya semuanya digilir, dan pakainya sebentar2, jarang turing juga, jadi nggak ketahuan performa masing2

  1. om gokil salah menganalisa…..
    data penjualan otomotif gak bisa dicompara month on month., minimal per quartal atau year on year. jd salah kaprah analisa om gokil.
    makanya blajar marketing.

    • mungkin ane salah, karena ane orang teknik, bukan orang ekonomi bro
      kalau analisis persemester ya nggak bakalan menang yamaha, pasti kalahnya, dan seluruh pengamat sudah faham
      kalau analisis nya perbulan, maka pencapaian masing2 atpm sangat dipengaruhi oleh pergerakan mereka sendiri dalam mengantisipasi pasar yang sangat dinamik.

      untuk masalah kuantitas barang keluar ane bukan ahlinya masalah teori, tapi ane praktisi
      ane pernah di pabrik, dan untuk masalah barang keluar, analisanya bukan per semester, bukan juga per bulan, malah lebih pendek lagi yaitu per minggu
      kalau ente pernah jadi supervisor atau manager produksi pasti faham. tapi kalau baru jadi mahasiswa/fresh graduate, mending ente cari pengalaman dulu, sebelum menyalahkan orang lain

  2. share bulan Oktober bisa lebih tinggi karena “katanya” AHM menahan distribusi yang Oktober, dan “kemungkinan” distribusi yang November adalah distribusi normal, kalau memang benar seperti itu ya wajar kalau ada penurunan 😀

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan