Calon Pengganti New MegaPro Ini (Hornet 160R) Akan Menggerogoti Mid Level Sport 150CC

honda-cb-hornet-160r block red

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Di india beberapa hari yang lalu telah dirilis motor sport baru dari honda yang lumayan ganteng. Seperti gambar di atas, penampilannya masih kental dengan nuansa elegan (bapak-bapak), tetapi sedikit agresif. Dan kayaknya enak dibawa, nggak bikin lelah di tangan, pundak dan pinggang (seperti nmp). Tentunya honda mengharapkan, motor ini dapat menarik perhatian konsumen di kelas yang sedikit lebih tinggi dibandingkan motor sekelas verza.

Untuk tujuan itu, honda memberikan banyak sentuhan pada desainnya, jika dibandingkan pendahulunya yaitu cb unicorn 160. Secara fisik saja sudah terlihat kelebihan penampilan hornet 160 dibandingkan unicorn 160. Apalagi jika dibandingkan dengan new megapro fi (dazzler). Berikut perbandingan bentuknya.

CB-Hornet-160R vs Unicorn-160 vs Dazzler-150

Jadi wajar saja jika dalam waktu dekat ahm akan menggantikan new megapro dengan hornet 160 ini. Selain penampakan di atas, banyak detil yang merupakan upgrade dari versi yang sebelumnya. Beberapa bagian yang di-upgrade baik performa maupun penampkan visualnya adalah, roda/ban, disk brake, stoplamp, headlamp, rear hugger, muffler, air shroud dan lain-lain. Berikut penampakannya

CB-Hornet-160R wheel n tyre

CB-Hornet-160R stop-head lamp

CB-Hornet-160R Combi Brake System

CB-Hornet-160R Silencer

CB-Hornet-160R rear hugger n tank cap

Dan yang tidak kalah penting adalah performa engine-nya yaitu 15.5 bhp /8500 rpm dan torsinya 14.61 Nm / 6000 rpm.

CB-Hornet-160R engine

Power sebesar ini hanya beda sedikit jika dibandingkan new cb150r yang besarnya 16.9 ps dan torsi hornet jauh lebih besar dibandingkan new cb150r yang hanya sekitar 13.8 Nm. Dan jika dibandingkan new megapro, hornet 16r ini jauh lebih superior. Sekarang perhatikan perbandingan spesifikasi performanya :

CB-Hornet-160R comprison newcb nmp sonic cb190

Jadi jika penjualan new megapro fi melempem, barangkali dengan jika hornet 160r menggantikan posisinya akan lebih baik lagi.

Dan coba perhatikan bahwa rasio kompresi yang diberikan sudah cukup besar yaitu 10:1, artinya meskipun berpendingin air cooled, konfigurasi engine sudah cukup mumpuni. Dengan sedikit di-oprek maka performanya bisa melebihi new cb150r. Dan jika nasib baik ukuran blok silinder cb190 sama dengan hornet 160r, maka silinder dan piston cb190r bisa diadopsi, pastinya performa akan meningkat drastis.

Lalu bagaimana dengan harganya ? Karena performanya setara dengan sonic150r, dan bergenre sport, maka jika dibawa ke Indonesia harganya terletak antara sonic150r dan new cb150r. Menurut motogokil harga yang paling cocok adalah 22.5-23 juta.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

18 Komentar

  1. Kalo jd dimasukin sm ahm ya diluar kebiasaan yg biasanya ‘one engine for all’.
    Yg masuk akal sih CRF150 lokal pake mesin verza.

  2. Harga segitu ya mending ambil ncb pak dosen.kalo d pepetin sama sonic sih bisa tuh.. Beda 3jt dpet dohc , full led + lebih effisien ncb.. Klo month itung”an irit, q pegang ncb lebih irit tuh.

  3. Tinggal dibore up pake piston 63mm jadi tiger rebon. Coba aja ngetes pasar indonesia … Xixixixixixixi

    Kalo ane mendingan pake mesin mega pro primus lawas stroke 49,5mm. Torsi di naikin lagi pake pipa header kecil 26mm, piston standar aja 63,5mm, karbu bs30 scorpio. Cdi unlimiter 12rb rpm. Modif kaki2 biar macho.
    Performa boleh lah diadu hornet 160R… Xixixixixixixi

  4. posisi megapro sekarang serba susah sih. dibawah ada verza, diatas ada ncb. sekarang terserah ahm, mau megapro gitu2 aja atau dirombak secara desainnya

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan