Prediksi Power Satria FI dengan Spesifikasi Sesuai Bocoran

satria 150 FI

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Beberapa spek satria fi yang dibocorkan, selain berisi fitur-fitur, juga berisi info mengenai konfigurasi engine. Berikut ini beberapa poin spesifikasi yang erat kaitannya dengan variabel penentu performa engine satria fi nantinya :

spec of satria fu fi 150 performance

Nah sekarang mari kita coba menerawang, apa konsekuensi dari spek di atas…

  1. Penggunaan pin piston yang lebih kecil, mengindikasikan penurunan bobot di bagian atas small end, bisa jadi bobot pistonnya juga berkurang. Hal ini merupakan konsekuensi jika power akan diletakkan di putaran tinggi. Karena dengan semakin ringan beban dari piston dan pin piston, maka tingkat keamanan pada putaran tinggi semakin baik.
  2. Jika stroke masih tetap 48.8 mm, maka potensi untuk bermain di putaran tinggi masih sama dengan satria lama, piston speed 21 m/s terletak di 12900 rpm. Dan dengan teknologi scem putaran bisa lebih tinggi lagi.
  3. Diameter klep bertambah lebar 2 mm untuk in dan ex, maka diameter klep in naik dari 22 mm menjadi 24 mm, dan diameter klep ex naik dari 19 mm menjadi 21 mm. Spek ini biasa digunakan untuk standar balap, dengan air flow yang lebih besar. Terlihat bahwa dengan spek ini satria fi akan memiliki (berpotensi) VE jauh lebih besar dibandingkan satria fu karbu.
  4. Sepertinya diameter piston masih sama dengan spek satria karbu, akibatnya coakan untuk klep bablas sampai tepi piston.
  5. Sudut klep lebih tegak, ini merupakan konsekuensi agar pada putaran tinggi lebih aman dari benturan antar klep. Bisa jadi dengan semakin kecilnya sudut antar klep ini overlap bisa diperbesar, sebagai langkah logis untuk mencapai power besar di putaran tinggi.
  6. Ring piston tipis, wiih mantab. Dengan spek ini maka kerugian gesek antara ring piston dan dinding silinder akan jauh berkurang. Dan dengan power pembakaran yang sama, power yang sampai ke roda akan jauh lebih besar dibandingkan dengan menggunakan ring piston sebelumnya (satria fu karbu). Panas akibat gesekan juga akan jauh berkurang, sehingga meringankan kerja radiator.
  7. Wadah radiator yang lebih besar, water jacket yang lebih luas, mengindikasikan bahwa mesin akan sangat panas. Mesin yang sangat panas mengindikasikan power yang sangat besar.
  8. Rasio kompresi yang sangat tinggi 13,5, mengindikasikan bahwa engine satria fu ini akan lebih besar efisiensi pembakarannya dibandingkan yang lain. Sangat jelas terlihat bahwa selain untuk mengail tenaga besar di puataran atas, dengan cr yang sangat tinggi ini, akan mengahasilkan torsi yang lebih besar, sehingga akan mampu memberikan akselerasi yang mumpuni di putaran bawah.
  9. Dengan dipenuhinya spek no 1-7, maka layak satria fi mendapatkan peak power di rpm tinggi. Dan dengan penempatan peak power di 13000 rpm, satria fi sudah setara dengan spek motor balap di sentul besar.

Dengan spek di atas sekarang mari kita prediksi performa satria fi ini

spec of satria fu fi 150 power

Inilah yang ane bilang spek satria fi “overkill” karena power yang dihasilkan mencapai 26.5 ps pada 13000 rpm.

Kalau hanya untuk mengalahkan sonic150r dan mxking 150, tidak perlu setinggi ini speknya. Cukup peak powernya diletakkan di 11000 rpm dengan VE 85% dan CR= 11.5, sudah mampu mebuat rival-rivalnya baik bebek, ayam jago bahkan sport bertekuk lutut. Karena powernya sudah mencapai 20.6 ps, setara dengan power fxr 150. Dengan power sebesar ini dan bobot yang hanya 105 kg, satria fi ini akan semakin mematikan (semoga suzuki meningkatkan ukuran lebar velg dan bannya).

spec of satria fu fi 150 power 20ps

Kemudian untuk power motor sportnya dinaikkan sedikit, dengan sedikit upgrade profil noken-as, VE jadi 87.5%, power meningkat menjadi 21.4 ps. Cukup untuk menggotong bobot yang lebih berat akibat frame dan full fairing. Jadi spesifikasi engine satria fu akan sama persis dengan sportnya, cuma beda sedikit di pergeseran gigi sentriknya.

Mohon maaf jika ada keliru dan salahnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

10 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Bocoran Terbaru Spec Satria FI Lebih Realistis dan Sesuai dengan Coretan Motogokil | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan