Beberapa Opini Mengenai Keunggulan MxKing Dibandingkan CB150R (K15) di Ajang Balapan IRRC Sentul Besar

IRRC 2015 sentul MXKing vs CB150R small

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kemarin artikel seperti ini, cukup membuat kolom komentar. Terkait dengan kemenangan mxking di sentul besar. Meskipun sudah menang para pencinta produk yamaha (fby) juga masih kurang puas, sehingga masih juga memberikan komentar-komentar yang cukup pedas. Bagi motogokil sih tidak masalah, malah membuat motogokil.com lebih meriah.

Kemenangan mxking disentul besar yang berhasil melibas semua motor berbasis engine overbore dohc (cb150r dan satriafu) manjadikan dua kubu (fby dan fbh) menghangat. Pasalnya di motogokil sering membicarakan keunggulan engine dohc overbore (klan cbr150) sebagai mesin motor balap, dan engine klan vixion yang sohc overstroke sebagai mesin motor komuter. Dan ternyata kemarin salah satu turunan dari klan vixion (mxking) mampu mengungguli klan cbr150 (k15), di sirkuit sentul besar. Padahal seharusnya di sirkuit ini seharusnya k15 unggul dibandingkan mxking, karena treknya cukup panjang.

Pertanyaannya adalah mengapa kemarin mxking menang dan cb150r kalah ??? 

Jawaban motogokil dibagi menjadi dua bagian yaitu ditinjau dari dua aspek :

  1. Teknis
  2. Dana (Promosi)

Mari dinjau dari aspek teknis terlebih dahulu

  1. Mxking bisa unggul karena para mekaniknya berhasil mengurangi dampak merugikan dari pergesekan piston+ring piton dengan dinding silinder. Hal ini ditandai dengan mampunya engine mxking berkitir sampai 13000 rpm bahkan lebih. Artinya piston speed yang dimilikinya mencapai lebih dari 24 m/s, dari sini terlihat bahwa material ring+piston dan silinder yang digunakannya sekelas material motogp. Pada tahun lalu, jangankan 13000 rpm, untuk bermain di 12000 rpm saja mereka harus ekstra waspada, karena sudah dibuktikan engine akan tidak tahan dan jebol.
  2. Stroke mxking jauh lebih besar (58.7 mm) dibandingkan cb150r (47.2 mm). Sehingga ketika engine mxking mampu dioptimalkan berkitir dengan aman di rpm tinggi, sudah pasti ia akan menang mulai dari rpm rndah sampai atas. Sedangkan cb150r hanya bisa unggul di rpm atas, sehingga setiap keluar tikungan dipastikan kalah kaselerasi dengan mxking.
  3. Ergonomi yang dimiliki mxking adalah ergonomi yang sangat nyaman bagi pembalap, sehingga memudahkan saat berbelok dan tidak membuat pembalap lelah. Pembalap pun semakin pd dapat melibas setiap tikungan dengan kecepatan tinggi
  4. MXking menggunakan suspensi yang sangat bagus (kalau tidak salah depan yz125 dan belakang traxxion) dan setingan yang cocok dengan sirkuit sentul, sehingga memberikan kontribusi yang sangat besar dalam meningkatka kecepatan saat melibas tikungan.
  5. CB150r pasti kalah, memang karena oprekannya menghasilkan power yang lebih kecil dari mxking. Nah disini yang menjadi tanda tanya “Kenapa tidak bisa mencapai 32 hp seperti yang dituliskan di kertas buram motogokil ?” Nah jawabannya adalah….aspek dana / bisnis (promosi)

Nah sekarang kita bahas aspek bisnis yaitu jualan, promosi dan dana riset yang saling berhubungan.

  1. Ajang balapan adalah ajang promosi, untuk kepentingan jualan. Semakin sering menang, diharapkan opini masyarakat terhadap produk tersebut semakin baik, selanjutnya akan semakin laku dijual. Dan jika ternyata menguntung secara bisnis, maka riset pengembangan balapan akan terus (motogp), jika tidak maka akan berhenti (keluar dari motogp). Begitu pula dengan balapan IRRC di Indonesia, semua dilakukan semata-mata untuk promosi.
  2. MxKing sebisa mungkin harus (sering) menang, karena yamaha tahu bahwa mxking termasuk motor bebek, dan pasar motor bebek sedang lesu. Dengan jargon “Juara di IRRC” tentunya diharapkan akan sangat membantu penjualan. Sehingga untuk memenangkan banyak balapan, maka tidak masalah keluar biaya banyak untuk riset maupun untuk membentuk banyak tim, semoga dengan penjualan yang banyak, dana yang keluar tersebut bisa ditutupi.
  3. CB150r (k15) kenapa kalah, ya maklum honda (ahm) sudah tidak berjualan k15 lagi, karena sudah digantikan oleh k56. Bisa jadi riset untuk mengembangkan k15 dihentikan/dikurangi dan dialihkan ke riset pengembangan k56. Sedangkan k56 saja masih ada yang inden dipasaran, banyak peminat yang belum medapatkan barangnya, jadi masih kurang menguntungkan secara promosi. Dengan demikian setingan balap untuk engine k15 tidak dibuat ekstrim, untuk menghindari mesin jebol, karena akan sangat besar biaya yang akan dikeluarkan sedangkan pabrikan (mungkin) tidak menanggungnya. Hal ini sangat jelas terlihat dari besarnya power yang dihasilkan sang tuner, masa engine k15 yang terkenal dengan dohc overbore cuma menghasilkan 24 hp ???
  4. Bagaimana dengan sonic150R ??? Target sonic adalah menumbangkan satriafu bukan mxking, karena ahm sudah menyiapkan lawan yang sepadan dengan mxking. Jadi ketika sonic150 telah mengungguli satriafu, “stop”, sementara riset cukup sampai disini.
    • musuh sonic150 yg sesungguhnya
    • Lagian k56 baru juga lahir dengan spesifikasi engine yang jauh berbeda dengan k15, artinya riset k15 kurang berguna untuk diterapkan di k56. Atau mungkin tidak berguna sama sekali sehingga riset dimulai dari “nol”
  5. Dan dengan “enggan” nya ahm mengembangkan k15 ini, ahirnya timnya cuma sedikit, performa pas-pas an. Dan saat balapan meskipun mampu menciptakan waktu tercepat (best time) akan tetapi dengan banyaknya pembalap yamaha dengan performa yang seragam dan lebih powerfull, ahirnya pembalap honda dengan k15-nya kalah, walaupun timnya ART.

Itulah oponi murni dari motogokil, silahkan didukung atau dibantah, dengan syarat menggunakan data. Misalnya,

  1. “Tidak betul cb150r hanya dapat 24 hp”.
  2. “Tidak betul mxking bisa berkitir sampai 13000 rpm, dengan kualitas material setara motogp”.
  3. “Tidak betul ahm menghentikan/mengurangi dana riset untuk k15”
  4. “Apakah benar, riset untuk engine k56 (sonic150) belum optimal “

Ya silahkan dibantah dengan menunjukkan sumbernya yang valid, niscaya akan bermanfaat bagi semua pembaca.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

407 Komentar

  1. faktanya diluar mx king, beberapa seri irrc motor batangan honda lebih banyak mengalahkan motor batangan/fairingan yamaha… monggo di cek kenapa yamaha cuma bebeknya aja yg menangan…

  2. yamaha jago di riset bebek doang tapi buat motor batangan/fairingan masih di bawah ketek honda…

    monggo yg mau ayan

    ngoahahahaha

    • nah, trs knp kali ini kok mongtor firing honda g ada yg turun gan? d bebrapa even juga cbr 150 malah d trondolin firingnya.. denger2 sih pada kjurnas kali ini, mongtor firing (cbr n r15), minimum weight nya sdkt diatas tipe yg laen, tp r15 msh mau turun n podium…
      ip150 tahun lalu honda cb gak prnah menang gan, sama dengan vixion, cm d sentul besar cb nglahin vixion n d sentul kecil gantian vixion yg nglahin cb, tahun lalu s-fu lah yg mndominasi, baru pada seri terakhir, mx-135 bore up bs meraih podium tertinggi d seri terakhir binuang.
      tahun ini, seri pembuka d sentul besar cb old menguasai, namun seri2 selanjutnya di sirkuit kecil macam karting n bukit peusar cb old absen, diganti sonic. seri sirkuit2 ini dikuasai oleh mx king. nah baru ketika kmbali pada seri sentul besar, cb old kmbali turun. namun apa daya, dia ttep diasapi oleh bebek kojel2 gan…
      kalo situ bilang riset honda minim, ni saya kasih link, detailnya silagkan dicari sendiri…
      http://pertamax7.com/2015/04/05/honda-cb150r-spek-irs-tembus-304-hp-edyan/
      udah tembus 30,4 hp on wheel loh gan, on crank bs2 32-34 hp…
      ini cm cerita aja gan, monggo dikunyah2 katanya blogger kondang, jangan ayan ya gan…

        • nah kl gt, kok tim nya sena ponda gak ikutan turun? atau ganti prtanyaan gini, kok ga ada tim yg oprekin cb nya ke sena ponda? atau gini, masa sekelas ahm g bs merayu sena ponda buat bagi resepnya, gt…

          • Mesin cbrnya Sena tembus segitu belum tntu kuat di ajak balap 10lap atau 19mnt lebih di sentul besar…Lagi pula di Tim Astra ada Benny Djati bukan, trus old-cb itu kan ud hmpir 3thn release, msh krg wktu risetnya… ane yakin tim astra tau itung2nnya biar tembus 30hp, cuma mrk juga tau terlalu resiko klo di geber 10lap,,, klo kuat ga mungkin nekat tururn dgn batangan modal 24’n hp sementara lawan bebek dgn 29’n hp.

  3. Yang lebih menggenaskan

    Supra rajanya motor bebek, blade, revo darmo

    Kaga pernah menang coy

    Mesin protol di ajak balap

    Ngumpet di zamban city

    Muehehehe

    <(‾︶‾)>

      • Bukannya mx king jg motor komuter yak? Tapi, laku tuh buat balapan. Menang pulak. Secara teknis di kertas burem harusnya cb bisa dapet 32 hp donkz, secara yang ngiliknya benny djati. Untuk dana harusnya gak jadi masalah soalnya AH* pasti dukung penuh.tapi, kenyataannya DOHC”sang penakluk” keok di kepret bolak balik sama ES O HA CE 5 sepit motor komuter yang katanya buat harian.
        Ngoahahaha
        Jlub

        • rupanya rata-rata nggak baca opini bagian-2
          kalau ahm sudah tidak jualan old cb150r (k15), lalu apa untungnya mengeluarkan dana banyak buat riset dan balap dengan engine berbasis k15 ??
          ente kira ahm meskipun “kaya”, mau gitu mengeluarkan uang sia-sia, tanpa perhitungan bisnis yang menguntungkan ???
          mau bagaimanapun para pendukung sohc membela dan memuliakan kedudukan sohc, tetep saja derajad dohc lebih tinggi
          karena itu sudah merupakan konvensi seluruh dunia yang tidak terbantahkan
          menurut motogokil: dari pada yimm mengeluarkan banyak dana untuk mengembangkan tim balap dengan berbasis engine vixion yang sohc juga buat bayarin blogger2 dan tim bc, lebih baik dana tersebut segera dialihkan ke pengembangan engine dohc untuk basis motor pengganti vixion, misalnya mt15 versi dohc.
          motogokil juga yakin, bahwa jika yimm membuat vixion sohc dan mt15 dohc, maka mt15 yang akan lebih laku, sedangkan generasi vixion akan punah dengan sendirinya.

          • dari pada yimm mengeluarkan banyak dana untuk mengembangkan tim balap dengan berbasis engine vixion yang sohc juga buat bayarin blogger2 dan tim bc

            seberapa besar sehh duit buat bayarin tim BC?? sama blogger amplopan??

            terus adakah jaminan ketika yamaha ngluarin 150cc DOHC bisa ngamplengin SOHC?? berkaca pada honda 150cc DOHC yang katanya super…

  4. Mesin SOHC 4 valve over stroke Yamaha bisa utk harian dan bisa untuk race…ternyata fokus mengembangkan satu mesin jauh lebih efektif dari pada ganti2 overbore ke overstroke meski konfigurasi sudah DOHC oleh Honda…dan akhirnya tidak fokus…baru konsen ke Overbore 2 tahun sdh latah pindah ke overstroke krn alasan MS yg harian cocok utk tipe torsi RPM rendah…yang overbore dikamplengi, yang overstroke banya yg megap-megap…
    Pelajaran menarik…fokus.

  5. Riset satu mesin itu gak murah biayanya kan ya ??? Info internal yamaha butuh waktu minimal 5 thn buat riset satu mesin. Bila Vixion lahir thn 2007 maka riset sdh dimulai tahun 2002 saat mesin dua-tak masih merajai.
    Bila dibandingkan OCB dan NCB cuma beda dua tahun, artinya riset mesin kemungkinan lebih singkat dari masa tsb…banyak sekali ya duit pabrikan ini ya ???
    Tapi hanya waktu yg bisa menjawab, bahwa waktu 2 thn spt tdk menemukan titik maksimal…andaikan mulai ruset mesin DOHC overstroke 2013 beda waktu 11 thn dari riset awal SOHC 4valve…
    faktanya utk saat ini thn 2015 saja (tdk 5 thn kedepan lho)…mesin babak bekur melawan teknologi yg mulai riset 2002.
    SOHC 4valve seakan hanya mencari sasis terbaik buat menggendong dirinya…
    Rugi duit – rugi duit dlm jml besar donk…riset mesin mahal tdk berbicara di race, maka mengakibatkan komunikasi marketing ke konsumen tdk berjalan baik, faktanya bln Sept 15 ini penjualan sport yamaha dan MX King makin ciamik…
    andaikan saya jadi owner Company onda, sudah saya copot2in tuh top manajemen AM..ngoahahahaha.

  6. Mean piston speed sampai 25.5 m / detik bisa aja tercapai oleh yamaha dg stroke 58.7 dan tahan utk mesin balap. Tentunya dg life time mesin yg hanya pemakaian satu atau dua kali balapan. con-rod memakai titanium atau forged steel tipe H-beam. Supaya tdk memanjang( stretch) yg dampaknya piston menabrak klep di rpm tinggi.

    Honda dg stroke yg lebih pendek 47.2 bisa lebih aman mean piston speednya di rpm 13000 ke atas.

    Sekedar komparasi mesin KTM moto3 250cc single cyl dibatasi secara elektronik sampai 14000 rpm. Dg stroke 48.5mm sbenarnya bisa mencapai 15000 rpm dan masih aman piston speed nya.

    Stroke pendek lebih aman utk high rpm dan jga friksi antara piston dan bore silinder nya

  7. dari pada ahm kelaurin dana banayk buat team sweat, blogger dolarriah, dan agency mending perbaiki material DOHC biar bisa dioprek 29 HP kaya SOHC Yimm tanpa meleduk

  8. menarik jg coment om meong2 hmm iyak dlu memank sempet om sena ponda pamer old cb dpat d oprek sampe 32hp on 19000rpm pd uji dyno knp ngk motor itu aj y yg turun d sentul kmaren

  9. dari pada ahm kelaurin dana banyak buat team sweat, blogger dolarriah, dan agency mending perbaiki material DOHC biar bisa dioprek 29 HP kaya SOHC Yimm tanpa meleduk

  10. pukulan telak buat DOHC warior..mau ngga mau race kemarin fakta..ngga usah beralibi atau mencari kesalah atau kelemahan kompetitor apa lagi BC..ke2 belah pihak Y or H musti berbenah n menyadarinya buat belajar lbh lagi, user or buyerpun saat ini lbh pandai lagi..melek teknologi..ternyata DOHC or SOHC masih bisa diputar balikan selama itu buatan manusia..

  11. saya jg pemilik mx kok,, tp yg 135 sih 😀
    ..
    masalahnya kok rasanya gak mungkin ya dg duit 18jutaan bisa dapet mx 30ps! 😀
    ..
    realita balap jngn dibawa ke realita jalanan lah, standar ya standar ajah.. mana mungkin spek mx segitu gila msh pake part standar di komponen utama mesin nya.. hahahaaa
    ..
    masalah cb kalah, menurut ane ya blm ketemu aja settinganya ato mekanik nya kalah smart mungkin!! 😀
    ..
    tengok motogp, LHA MBOK KIRO DUCATI KUWI MOTOR RUONGSOK OPO SMPE KALAH KARO TIM SATELIT, buahahahhaaaa! 😀

    • yakin belum ketemu settingan pake otak yang dipake TIM ART pabrikan yang disokong penuh AHM itu CBSF DOHC Overbore yang sudah 2 tahun lalu brojol dan malang melintang. lah MX KING baru tahun ini brojol bisa menang dan juara nasional 150cc bro Rusman dengan MX KING nya akui saja SOHC 5 speed emang nampol

  12. sonic fu dan mx king
    keduanya di adu dalam sirkuit
    dalam kondisi standar
    biar ketahuan belangnya

    motor yg juara dengan
    berbagai macam modifikasi part
    kualitas wahid itu wajar
    ….
    faktax mesin turunan vixion generasi kedua
    termasuk yg digunakan mx king
    berasap dan haus oli
    artinya apa?????
    …..
    mx king pasaran yg ditunggangi konsumen
    beda jauh
    dgn yg digunakan buat balapan
    ….
    parahnya lagi hasil balap tsb
    dijadikan iklan buat mengklaim
    kehebatan mx king
    …..
    cuma konsumen bodoh yg
    termakan iklan pembodohan macam tu
    dan tdk sedikit bloger yg juga ikut latah
    demi dolar rela melacurkan intelektuakitas
    pantes aja org indonesia kagak maju2

    • bodoh ?

      bukannya AHM yg melakukan pembodohan massal ?

      dengan menerapkan MINDSET dohc itu lebih bagus dr sohc di cc kecil ?

      nyata nya ?

      it’s just DOHC MINDSET

      NO MORE

      muahahahahahaaha

    • Gak usah nulis panjang lebar semua juga tau kalo motor balap beda sama motor standar,lu pikir ente aja yg sekolah.ini semua lebih ke kepuasan dan kebanggaan.kalo mx menang,ya wajarlah penunggang yamaha gembira kususnya mx

      • bagi fb non fbh, fb smart ato apalah sebutannya

        semuanya sekolah, 99% pinter-pinter

        kecuali fbh, fbh yg sekolah cuma 1%,

        maklum buat makan aja susah, makannya nasi aking,

        nasib

    • Cb150sf topspeed 151 kpj ,,,di tayangkan dengan vulgar di tv nasional!!! Apakah itu bukan termasuk pombodohan otomotif dan pembohongan publik bro ????

      #tong kosong nyaring bunyinya

    • untuk mengetahui kualitas mesin ya jangan diadu pakai motor standard, sonic & mxking silahkan dioprek sampai maksimal. nanti ketahuan mana yang bisa mencapai power lebih besar. dan faktanya MXKing JUARA dan SONIC DNF

    • Weh,betul jg tuh…yz125 tuh,motor trail…gk salah nulis??..
      Keliatan kok,shock depanya masih pendek??..gimana tuh datanya bro gokil?

  13. SOHC OVERSTROKE ITU

    lemot
    ga bisa buat balapan
    ngebul
    performa mentok
    gigi ompong karena 5 speed

    EHHHH

    TAPI BISA NABOKIN DOHC 6 speed pabrikan AHM / ART dengan GAMPANG

    di SENTUL GEDE + team PRIVATER

    maluuu woyyy

    maluuuuu

    muahahahahahaha

    • SOHC OVERSTROKE ITU

      lemot
      ga bisa buat balapan
      ngebul
      performa mentok
      gigi ompong karena 5 speed
      ^
      ^
      inilah mantra si broom aka bruud setiap ngebece produk yamaha..abis itu kalo kepojok dia kluarin jurus mio istrine sama supre X legendarisnya yg tahan smpe 13 tahun n sby malang 50000km/hari..

  14. mau tnya nih sm mang bos hayate, di race kmren atau d bukit peusar kpn hari kn klan sonic bnyk yg dnf atau bhsa kasarnya mleduk, nah ktika suatu saat itu sonic menang kira2 bos hayate bakal bilang jeroan sonic pk part2 eksotis atau cm blng bhwa enjin sonic sdh ktmu formulanya dn wktu mleduk kmren cm riset? mohon pncerahannya…

  15. Keterangan banner:
    PREMIS
    1. SMART=Cerdas
    2. Panah bawah warna merah
    3. Generasi juara warna merah
    Jadi orang cerdas generasi juara memilih motor dengan tanda arah ke bawah yang berwarna merah

  16. Secara standart, bukan perkara dohc or sohc tapi kualitas part yang digunakan. Semua pasti tau mengapa kitiran mesin sohc overstroke mx bisa setara dengan dohc square sonic.

  17. Adu kuat promosi honda dengan tim SWAT melawan promosi kemenangan dilapangan (irrc,arrc,motoGP). Yang menang dialah yang mampu memanfaatkan momentum dengan SMART.

  18. yamaha tim private tapi didkung penuh sama YIMM. Material mahal2 bener coi. Hanya buat kalahin honda yang notabene udah DOHC.

    Yang kemakan iklan pake nih balapan bener2 tolol. FBY khususnya. Ntuh CB klo material disejajarin yo iso tembus 37 dk. Opo gak mewek yimm

    • masa sih??
      menurut om gokil aja CB overbore aja cm bsa 32HP on itung2an

      mimpi amat smpe 37HP
      cb mana itungannya dlu jgn cuma asal cocod g jelas

    • Kasihan yang ngak didukung penuh padahal ada tim Utama ART yang sudah malang melintang dunia balap lokal dan International. Segitu kerenyakah pabrikan yang jual Mobil juga malu ssam pabrik yang jual suling ..apa karena pendapat broom yang pekok

    • Lah…
      Lu kira team ART yang notabene team pabrikan kagak disuport penuh ma AHM? Kalo mau BC ya minimal harus logis brooooh
      Ngoahahaha
      Jlubz

    • Wakakaa….
      bisa sih sesuai itung2ngan…
      tapi kalo CB materialnya disejajarin sama yang dipake MXKing, tuh CB mesinya bakalan MELEDUK…. soalnya mesin dongograde….

  19. ah sebentar algi juga honda ngak ikutan,

    sama spt balap bebek, 250cc, mundur semua,

    cuma balap matic aja honda ngak pernah ikutan

  20. Ane sih dukung mx menang (cz ane pny mx)
    justru yg gk trima klo yg menang r15 (cz ane pny cibi)
    ..
    ane mah fbms (fan boy motor sendiri), so ane belain klo ane udh beli 😛
    ..
    ada kebanggaan trsendiri emg saat tipe motor yg kita pny menang di arena balap, wlpun gk ikutan.. Wakakakkakkkk 😀

  21. dari bahasa komentator
    juga ketahuan kok
    ngak usah skala indonesia
    cukup di dalam
    kolom komentar blog ini
    ketahuan mana yg mengedepankan
    akal sehat mana yg cuma menuruti hawa nafsu
    org2 seperti inilah yg masuk dlm kategori bodoh
    sehingga gampang dibodohi

  22. dohc lebih bagus dari sohc
    itu mmg fakta !!!
    dgn syarat keduax seimbang
    dlm kubikasi dan material
    dohc hadir untuk menutupi kelemahan sohc

    kelemahan sohc mx king
    berhasil ditutupi oleh keahlian mekanik
    dgn penggunaan part2 kualitas terbaik

    • Ngapain dipasangi Dohc Nearly yang terbukti pecundang baru 24 HP udah ambroll yang sekarang SOHC yamaha saja mesinnya kuat bisa oprek 29 hp dan juara tanpa meleduk

  23. Sekali lagi buat AHM

    dari pada ahm kelaurin dana banyak buat team sweat, blogger dolarriah, dan agency mending perbaiki material DOHC biar bisa dioprek 29 HP kaya SOHC Yimm tanpa meleduk

  24. sepertinya bukan karena ajang promosi jd harus (suap panitia) supaya menang, justru karena menang itulah lalu kemenangannya dijadikan bahan promosi oleh sales,
    jika pabrikan memang melakukan suap supaya menang tentu mereka menurunkan tim balap official.
    tapi nyatanya menang balap semacam ini belum tentu penjualan moncer, buktinya cbr250r. jadi percuma buang duit buat suap, sama percumanya dengan ikut balap tapi melakukan riset alakadarnya, & gak ada target kemenangan

    Anjani Racing: “kami balap buat hobby bukan sekedar cari uang”
    jadi lebih baik menang daripada dapat uang tapi disuruh mengalah

    • Jangan bandingin dg cbr250,om….gk pas….cbr 250 itu gk ikut balapan..yg balapan..cbr300…klu beli,ya yang cbr300…gitu….semua org jg tau…musuhnya di kasih barbel..semua org jg tau

  25. bhuahahaha….
    artikel ngeles macam apaan ini…?

    pertanyaan buat motogokil nih….:
    itu tim astra udah sejak kapan balapan pake cb 150 dohc overbore..?
    kemana tuh cb dohc yang juara irs tempo hari yang jadi PEMBUKTIAN dohc cb sang penakluk 32 hp menurut artikel anda beberapa waktu lalu…?
    kenapa dohc cb/r159 tim astra pabrikan yang udah TERBUKTI superior menurut anda sebelumnya tiba2 jadi memble..?
    kenapa motor sohc overstroke yang menurut anda inferior tiba2 nabokin motor superior..?
    apakah tim balap astra pabrikan tidak lebih punya dana dibanding tim privater…?
    apakah enginer honda atau mekanik tim balap honda bodoh semua sehingga dohc yang superior berbalik jadi dohc memble..?
    atau apakah anda merasa lebih pintar dari mereka..?

  26. ngeles berikutnya : “honda enggan mendukung/mengembangkan k15 sehingga performanya pas pas-an walaupun tim resmi pabrikan”

    hahahaha….,
    bukankah yamaha lebih tidak mendukung lagi?, yamaha dengan jelas mengatakan tidak mau turun dikelas ini…? saat itu pernyataan petinggi yamaha jadi bahan cemoohan anda, teman2 fbh anda, dan termasuk juga blogger indobikermags.

    berikutnya, omongan petinggi yamaha yang mengatakan “mesin kami gampang/mudah dibikin cepat” saat itu jadi tertawaan anda dan teman2 se fbh anda, apakah sekarang terbukti…?
    ditangan tim privater pun sohc yamaha bisa nabokin dohc “superior” (memble) tim pabrikan pujaan anda.

    • yakin itu team privateer nob…??
      awal ip 150 yg pake klan vixion cuma satu team sdh kek hujan di musim kemarau.. kok sekarang tiba2 sdh kek jamur di musim hujan..!! apa itu cuma kedok yimm aja,.
      ??
      dulu pejabat yimm bilang ngga dukung klo sekarang kira2 masih seperti itu ngga..?? menurut gue itu jawaban ngeles juga.. toh masih ada team yg turun walaupun bilang itu privateer..

      pada kemana ntu team privateer di awal ip 150 ..?? kok sekarang malah bejubel… ada subsidi kah..?? sehingga berani turun..

  27. mngkin efek mesin yamaha 2pv udh offset cylinder jd kuat dgeber smpai 13.000 rpm…klo mesinx sring jebol i2 patut dpertanyakan kualitas bahanx…hehe

  28. sudahlah bro motogokil…,
    sayap yang menutupi mata dan hati anda sekali2 disibak agar supaya anda bisa melihat kenyataan.
    segala artikel, coretan burem, puja puji, serta mindset dohc honda cb/r 150 paling superior dan paling powerfull anda udah terbukti tak berlaku.

    • gimana kalo garpu
      yg menancap di kepala ente
      juga dicabut bro!!!
      biar ente bisa kebuka pikirannya
      jika mx king yg digunakan balap
      sdh dijejali berbagai macam part mahal
      guna menutupi kondisi standarnya
      yg terkenal lemot
      ngoahahaha

    • Haha scara logika diawal seri cb150 memang perkasa dibnding rivalnya , tp nmanya kompetisi pasti lawan kerja keras mlakukan riset dan mgumplkan informasi lawan lalu diolah dan si mx dan r15 bisa lebih unggul sedikit didpan , balapan itu g cuma ngandalin mesin aja kang , nah banyak faktornya , riset juga hrus didukung part racing nya , semua butuh riset nmun trgantg part racingnya apakh jg ikut di riset dan tersedia seperti sonic yg minim part racing, secara logika jelas mx dan r15 diuntungkan dari riset dan part racing yg disuport , apalagi mx adalah bebek (mesin identik r15) pastinya lebih ringan lincah dan mudah di control (yg ngomong pmbalapnya sendiri) fakta mx didpan r15 , sedang r15 memiliki fairing tentunya aerodinamika lbh baik dari cb 150 ,, nah kesimpulanya cb150 kurg diuntungkan sudah berat , aerodinamika kurang jd harus mengandalkn mesin yg bnr2 powerfull dan kelinchn di tikungan , …. Riset masih berjalan mungkin skrg r15 n mx masih berjaya tp yakin pihak honda masih bnyak yg bisa dikembangkan ,, waktu akan menjawab …. Opini kang

  29. TiTANIUM BERYLIUM DAN HARDENING PART. AKAAA. Habis pul jeti coi. FBY mah buta. mau nyamain sama motor harian dan kompetitor. Jauh lah…. gebleg

  30. waspada bagi fby penguna meking klo pake motor jgn disamain kyk di balap ya. material beda. Alamat ambrol klo pecicilan. Ekekeke.

  31. Ahm & SIS sepertinya ngak ngotot musti menang balapan.
    kan ada next produk NCB & sonic beda spec tanpa mencederai owner old Cbr keduanya punya fans sendiri.
    sedangkan suzuki fokus satria fu inj 155cc meskipun akan sedikit memakan kue satria fu karbu dgn imagenya lbh gampang dioprek, keduanya bakal punya fans sendiri.
    Beda dgn Yimm, ngotot musti menang, pokoknya vixion series lbh hebat bahkan mungkin dari mt15. Padahal sudah jd motor sejuta umat.

    Vixion kok dilawan…. ora iso coy
    Xixixixixixixi
    Jlub

    • ahm ngotot ngak menang?? tuh di blog aripitstop baru ada artike ahm baru menang kejurda saja iklannya sudah segede gaban di koran..cuiihh malu maluin

  32. ngeles berikutnya :

    oprekan mesin dohc cb cuma minimal, takut jebol karena biaya akan sangat besar dikeluarkan, dan pabrikan mungkin tidak menanggungnya….
    bhuahahahahaha…..

    sadarlah pak dosen, itu tim astra pabrikan, tim resmi.
    jika dibandingkan dengan tim privater yang pake sohc overstroke…
    apakah tim privater tidak takut mesin jebol..?
    apakah sohc jebol tidak memerlukan biaya tinggi..? siapakah yang menanggung biaya besar tim privater jika mesin jebol..? apakah tim privater lebih punya dana dibanding tim pabrikan astra honda yang kaya raya sedunia akhirat..?

    hahaha….dagelan….

    • he he he
      kan sudah ane bilang di ahir artikel
      “Ya silahkan dibantah dengan menunjukkan sumbernya yang valid, niscaya akan bermanfaat bagi semua pembaca”
      Ente punya bukti, hasil investigasi MoU antara ART dan AHM untuk pengembangan k15 saat ini ?

    • tim privater yang di sokong penuh sama YIMM. ekekeke. tau ndiri laaaah. Lirik jupe yang mewek ke japon gara2 ditabokin blade. Gak usah jauh2 r25 aja mewek kok. Tetep aja KO. saya ambil slogan FBY. menang is menang kalah ya kalah Modiar koe. Zluuuberr..

  33. Dengan banyaknya tim balap privater yang memilih menggunakan sohc overstroke yamaha dibanding honda dohc untuk turun balap disini menandakan bahwa mesin sohc 4v yamah ini juga punya potensi lebih dibanding mesin dohc honda.
    tim balap privater beserta mekaniknya tentulah bukan kumpulan orang bodoh.
    mereka tahu mana mesin yang benar2 baik, kuat, berpotensi kencang, dan mana mesin yang cuma hasil permainan minset.

  34. pantes aja yamaha suka bikin iklan lebay
    karena konsumennya kayak nobita ini
    imajinasinya masih ada di seputar kantong ajaib doraeman
    loe bicara permainan mindset tanpa pernah berkaca
    pada sembahan ente

  35. angkat tangan aja Nobita…. yang namanya hati/perasaan akan selalu lebih menang dibanding otak dikepala kecuali hanya orang berjiwa sportif…biarkan pak dosen menemukan cara menerima kenyataan sedikit demi sedikit.

    • wah yang nggak terima kenyataan siapa bro? ente baca artikelnya nggak?
      artikel ini sudah mengakui keunggulan mekanik yamaha, dan nggak masalah mxking menang
      kalau masalah menerima kenyataan, ane mah sudah menerima kenyataan apa adanya
      semenjak bawa nvl, ane sudah bisa merasakan kualitas motor buatan yimm
      apalagi sejak meminang nmax, tambah yakin seperti itulah motor buatan yimm
      nah sekarang tinggal ente bro ruwet, apakah ente juga sudah merasakan kenyataan naik motor “high end” nya yimm (saat itu nvl, r25 dan r15 belum ada) ?
      jangan2 malah ente yang belum mencoba motor buatan yimm ???

      • selalu itu yang dijadikan topeng…

        seperti lagu “buka dulu topengmu biar terlihat warna kunyitmu”
        “buka dulu topengmu, biar terlihat matamu tertutup sayap”

        hahahaha……

    • Mosok Mas? larang temen. anda tau dari mana? ato cuma katanya. ato mungkin karangan anda semata. kalo pandai ngarang mending bikin novel aja Mas.

  36. Geger aja ya??
    Gk ada ujungnya, bg saya motor motor itu masih lemot semua.
    Sohc 4v itu kan sama aja dg dohc, kan sama 4 Valve nya..bedanya kalau buat korek harian lbh awet yg dohc jk noken lift lbh tinggi dg ptaran msn yg tinggi,biasanya yg sohc ujung batang klep suka mlecor,,jd untuk sohc lbh baik pakai klep yg bagus skalian atau jk ngirit ujung batangnya dikasih tudung dr baja tempa spy tahan ketukan gk mlecor, mngkin dohc lbh efektif dg over bore, sohc lbh efektif over stroke…apakah dohc gk boleh over stroke n sbaliknya??? Boleh ajalah suka suka produsennya

    • Kl ente sering maen ke warung ini pasti tau kenapa jadi rame antara sohc n dohc,,,di warung ini dohc itu yang terbaik,tercepat,terkuat dan ter ter ter buanyak lah pokoke the best n tanpa ada cacat sedikit pun sedangkan kl sohc itu motor lemot,ngebul,boros oli,kl di oprek mleduk dll pokoe yg jelek jeleklah ga ada bagus2nya pisan,,,padahal yg bikil artikel itu dosen loh (ngakunya dia sendiri) pinter lagi(ngakunya dia sendir kl menurut saya,jujur ye dia itu yo jauh lah dari kata pinter) dia punya teori2 yg ampuh mantab tercanggih bahkan insinyur yamaha yg di iwata jepang sana aja kalah pinter ama dia(case vva nmax /us patent) ,,,sekarang semua teori2 analisa2 opini2 n tesis dia ga ada satupun yg terbukti alias bohong semua ucapan2ny,,,jujur saya sedih ada blogger yg tersesat n jadi fakir seperti dia

      • tp knp … kenyataan nya hindo jiaz … menang mutlak atas tokiya yorraas … teory bagaimana kok bisa, berarti dohc bukanlah yang ter ter dan ter … kita liat kenyataan aja …. SOHC yg menang, trus silahkan ambil bukti outentik, kalau ane bukti autentik ya di balapan aja…mudah kan dan gak ribet … kita semua tahu “diatas langit masih ada langit” … kaki qt tetap menapak tanah, teory bagus, tp kenyataan itu jawaban yg pasti …

    • dikelas 1 silinder 150cc, yang terbaik masih di pegang SOHC 4V.

      kecuali ente turun dengan DOHC terus juara di kejurnas. buktikan aja jangan kebanyakan teori ah.

      kalo di MotoGP emang iya, tapi ini kelas capung 150cc. Ditunggu SOHC di sirkuit DOHC ente.

      ente mekanik kan?

  37. Oke… gini aja… kalo ente2 masih pada ribut dohc sohc… gue kasih fakta… gue pemakai cbrold 2009, ada juga punya adik old cb150, nyatanya dalam keadaan standart cb150 gak bisa mendekat adu drag jarak pendek ama oldcbr… top speed cuma 125 kpj, terpaut tipis ama new vixion… padahal mesin mirip sekali cbr…. bahkan lawan gl1600 pun kalah telak… intinya pada perbedaan kualitas…

    mesin kluaran AHM sekarang udah kayak tempe bosok…. body tipis, performa pun disunat demi mengejar untung banyak…. kalo ente gak percaya coba copot crankcase kanan kiri cb150… tipis banget bro materialnya, masih tebal punya supraX100cc…

  38. dohc overbore honda cb/r 150 udah terbukti dikepret sohc overstroke 150cc yamaha
    segala coretan kertas buram, koar2 superior, paling powerfull, sangat mudah di oprek untuk dohc 150cc honda di artikel2 blog ini terbukti….failed…..
    titik.

  39. Buat harian, yang ngedewain stroke 47,2 jangan harap ada pada cb150r… sumpah ni motor lelet banget kalo boncengan dan nanjak… konsumsi bbm pertamax harian skitar 35km/L…. padahal dengan cc yg sama, top speed sama, masih lebih irit gen minarelli sekitar 40 km/L…

    trus untuk ketersediaan sparepart AHM, pesen sparepart aja inden 2 minggu… gila apa!! Yamaha aja 4 hari udah dateng… nih kritik buat sales AHM lo jualan apa nipu sih, motor lo irit enggak, kenceng juga enggak, nyaman enggak, boros iya, spare part langka!! motor lo yg nyaman cuma tiger revo ama supraX100cc/karisma…

  40. Kalau kesimpulan saya mesin honda( GLOBAL) memang punya potensi ( bukan honda ngahaem lo ya ..) mesin yamaha juga punya potensi. jangan samakan honda global dengan honda ngahaem

  41. artikel pembuktian dohc superior sang penakluk 32hp di artikel tempo hari adalah omong kosong.

    faktanya adalah dohc overbore honda 150cc tak sehebat coretan kertas buram….
    dan sohc 4v overstroke 150cc yamaha tak se-inferior coretan kertas buram.

  42. Mbok sudah to bro ojo di kuyo kuyo terus ,seng wes yo uwes mesakake mengko orang ny hard felling karo kowe lho nob,,,nanti juga sadar dewe nek selama ini apa yg ada di dlm pkrannya itu salah,semoga bisa kembali ke jalan yg benar(tp y tergantung orng e mao apa enggak)

    #mundurselangkahuntukmajuseriibulangkah

  43. ya itu kalau standar pabrikan kalau di rec beda lagi urusanya!!!trus satria yang benar benar berbahaya itu sekarang kemana apa mungkin motogokil harus turun tangan sendiri ngoprrk tu satria fu “”!

  44. APA YANG ENGKAU TANAM ITU YANG BAKAL ENGKAU PETIK. BIJAKSANALAH DALAM MENSIKAPI KEADAAN….. PEACE AND KEEP BROTHERHOED…kabeh isih sedulur

  45. si nobita mana ngerti soal hitung2an
    itu fakta!!!
    teori permesinan om gokil terlalu berat
    buat dicerna otak nobita
    lawong selama ini PR matematikanya aja
    selalu butuh bantuan doraemon
    ngehehehe

  46. Mantap bang gokil.. Kalo yg ngerti pasti tau taktik ymh sama spt di jupiter z1″opini bebek racing”. Cum beda cara, Z1 dana Yenan kalo mx king ini rupiahan…gkgkgk.

  47. Data2 yang ane dapat kesimpulannya :
    1. Mx king juara #ga bisa dibantah
    2. CBSF ada yang DNF karena ngebul #berasap, tolong pak presiden
    3. Tim ART merupakan tim resmi pabrikan #duit tim resmi pabrikan pasti banyak apalagi ini astra
    4. Tim yamaha tidak disokong pabrikan sesuai kata petinggi yamaha dulu…#menolak lupa
    5. Sena ponda bisa 30an HP sementara mekanik ART cuman bisa 24HP… #Payah…

    Next time suru sena ponda aja yang ngurus balap pake old CBSF 30 HPnya #kalo berani

    Sekian dan silahkan bakar2an lagi

  48. Emang kenapa sohc Bro? ada yg salah dengan sohc? coba tanya ke tetengga jenengan kalo beli motor apa acuanya. jika yg hendak dibeli motor sohc coba anda jelaskan motor itu harus dohc. apa dia akan nurut anda apa tidak.

  49. yakinn itu privateeer..??
    awal ip pada kemana tuh ..??
    kok sekarang banyak bener,,,sampe petinggi yimm aja ngga yakin sama produknya sendiri/(ngga mau ikut balap)..padahal semua tau yamaha jual mindset rossi..you know lah siapa rossi..!!
    malah ada satu team nekad yg pake klan vixion..walaupun bilang itu privateer ..

  50. yakinn itu privateeer..??
    awal ip pada kemana tuh ..??
    kok sekarang banyak bener,,,sampe petinggi yimm aja ngga yakin sama produknya sendiri/(ngga mau ikut balap)..padahal semua tau yamaha jual mindset rossi..you know lah siapa rossi..!!
    malah ada satu team nekad yg pake klan vixion..walaupun bilang itu privateer ..siapa di balik layar itu nob..??

  51. yakinn itu privateeer..??
    awal ip pada kemana tuh ..??
    kok sekarang banyak bener,,,sampe petinggi yimm aja ngga yakin sama produknya sendiri/(ngga mau ikut balap)..padahal semua tau yamaha jual mindset rossi..you know lah siapa rossi..!!
    malah ada satu team nekad yg pake klan vixion..walaupun bilang itu privateer ..siapa di balik layar itu nob..??

    cb art sdh pernah juara nob..kok mindset..?? ente lupa yaaa..?

    #bakal kena eksport yimm nih ke suriah …

        • dulu..???
          laaahhhh yg kemaren di race 1 best lap masih punya cb… cb bikin pole ..kalah di detik akhir sama mx yg lebih ringan..!!
          di race berikut mx yg juara di race 1malah ngga ada di podium jauh melorot..masih mending cb ada di peringkat ke empat klo ngga salah..

          • ringan kata lo ?

            terus gimana sama r25, ninja vs cbr 250 di AARC ?

            harusnya klo mau ikutan rule AARC titipan honda

            yg DOHC harus wajib dipasang barbel, seperti rule di AARC yg DOUBLE wajib pake BARBEL

            untung yg privater yamaha GA CENGENG kayak honda

            pffffhhhhttttt

  52. semua ada dasarnya beroo..!!
    doi punya dasar teori ..
    semua orang sama kadang salah kadang bener..dr ujung dunia yg satu yg ke ujung dunia lain semua sama cuma beda bahasa & budaya…
    klo ente punya ilmu di share di sini atw terserah ente mo di mana aja ..biar kita bisa pinter sama2..!!
    gue heran kenapa orang jepang bisa maju.. kenapa kita ngga..?? gue punya kesimpulan mereka punya hormat lebih baik di banding kita di sini.. ada yg mereka hormati… om gokil sdh mau berbagi dsr teori tuh.. klo ente punya teori lain bagi2 doong..!!
    bkn sumpah serapah…
    lanjuut om gokil..!!!
    harap lebih cermat lg bkn judul artikel.. gegara salah prediksi jd konter ..!!

  53. intine untuk hasil balap yamaha itu persis kayak di iklan, pembodohan dan jauh dari produk aslinya di pasaran. . . wis ngunu ae ZLUBB. .

  54. Intinya, mechanic tim ART terlalu main aman. Ane yakin coretan kertas buram sang penakluk bisa diwujudin. Buktinya korekan sena ponda itu. Cuma mechanic ART yang gak pake resep sena ponda dan coretan pak dosen. Logikanya, kenapa cuma dapet 24 hp ? Siapa yang bego? Harusnya mechanic headnya itu sena ponda.

    Ane pemakai old blade 2010 udah mau upgrade. Galau antara Nsonic / MXKING. Tadinya mau ambil Sonic, cuma udah illfill sama strategi promosi BC kampungan AHM kayak gambar diatas. Sama sekali gak cerdas! Begini caranya AHM menguasai MS ?

    Pilihan jatuh ke MXKING. Walaupun realitanya motor standar gak sekenceng motor sirkuit, pemakai MXKING akan merasa berwibawa riding dijalan setelah berita kemenangan telak ini.

    • josss
      yang penting cocok di hati, dan menerima segala kelebihan dan kekurangan yang ada (namanya juga buatan manusia)
      ya seperti milih istri,
      setelah klop kemudian dinikahi
      setelah dinikahi maka akan terlihat kelebihan dan kekurangan yang sesungguhnya
      jika bersyukur terhadap kelebihan dan sabar terhadap kekurangan, niscaya semuanya akan nikmat dan barokah

      • Trus klo istri yang di nikahi itu di jelek2in sm orang gimana bro? padahal kita udah bisa nerima kelebihan dan maklum sm kekurangannya. tp orang tetep2 aja jelek2in..

      • Istrinya 2
        Istri tua Sohc
        Istri muda Dohc

        Caci maki lah yg tua, karena banyak kurangnya,,kaataanyaaa
        Sedihlah yg tuatua, jumawalah yg muda namanya jg lahiran lebih muda

        Padahal yg tua yg telah berhasil membawa ke tempat pertemuan dg yg muda

        Ejekekekekekkeek,,

  55. ramee bin seru..
    motogokil jd hits bakar2an..
    bs terhibur baca komentar2 dgn nickname lucu2,kya blog2 dulu..
    pkoknya terus nulis dgn teori2nya pak
    selama teori (bkn opini) sah aja dibahas smart..
    mau sohc/dohc sm2 bs dibikin kencang di race dgn syarat ga mungkin part standart..
    suka2 yg punya warung kasi judul apa,kbanyakan bahas potensi2 engine motor jika dikorek/modif ga doch ga soch..
    cm ada yg sensi trmakan judul,krna merk trtntu byk dibahas, pdhal opini ane rata dibahas..
    mungkin mrk butuh dibuatkan artikel “…penahluk” dr merk masing2..
    terus nulis pak gokil,blog ini mmg gokil,sering baca blog ini krna byk unsur teknisnya..selain blog review,blog moge,blog balap,blog spoiler,blog modifdesign,,asal jgn blog yg suka beropini ngerusak blog lain aja(ga penting dibaca/dikunjungi)
    Salam rodadua

    • makasih support nya
      sebenernya, tujuan dari artikel ini (mungkin semua artikel di motogokil) adalah supaya artikel menarik untuk dibaca, difahami dan berguna
      kalau ada yang terpancing dan mencoba untuk bakar2an, mungkin memang tujuannya ke sini bukan untuk mengambil manfaat, tapi hanya iseng atau bc

  56. Tidak usah banyak opini jelasnya mx king ya king itu aja katanya mesin sohc lah kuno lah tapi apa kenyataan dilapangan yamaha gitu lo

  57. Ya silahkan dibantah dengan menunjukkan sumbernya yang valid, niscaya akan bermanfaat bagi semua pembaca.

    ………..

    Apakah pak Dosen pakai sumber yang valid? Pada tulusan tidak terlihat referensi tuh. Kenapa komentator harus menunjukkan sumber dan data yang valid, sementara pak dosen tidak?
    Ah bisa aja lu ngetes ini judulnya opini. Terus kalau opini boleh seenak udeh gitu. Kalau komentator harus pakai data dan sumber yang valid.
    KEBALIK tuh pemikiran. Dosen kalau buat tulisan harus dengan sumber yang jelas disertai referensi. Kalau komentator asal jelas sih biasa. BEGITU SEHARUSNYA.
    Tapi ya sudah, memang ini warung lu, ngapain gua serius komen. Mau dimoderasi juga hak lu, yang penting pesan sampai ke lu.
    Salam.
    Jlub

    • ya ada dong sumbernya di artikel sebelumnya baik di motogokil, matorbalap dan lain-lain.
      apa yang ane tuliskan di artikel ini sudah tersebar di dunia maya, kalau ente belum tau, berarti ente orang baru di dunia maya otomotif ?
      ya baca-baca dulu deh.
      gimana jlub ???
      kalau memang ente pendatang baru, ya sudah ane ucapin selamat datang di blog kecil ini

      • saya tidak yakin anda lebih pintar daripada Benny Djati dalam hal upgrade mesin balap…
        hal yang mungkin adalah kehebatan dohc 150cc honda dicoretan kertas buram anda terlalu lebay,
        dengan batasan regulasi balap, potensi kertas buram tidak bisa tercapai.
        justru mesin yang inferior menurut anda yang bisa membuktikan power-nya.

  58. Bagaimana dengan komentar pak dosen yang ini… :

    “kalo power puncak NVL bisa tembus 12000 rpm, mungkin bisa sama
    ane katakan mungkin, karena porting dan besar diameter klep std tdk memungkinkan untuk gas-speed di 12000 rpm, jadi diameter klep harus diperbesar.
    Dan untuk memperbesar diameter klep terkendala oleh diameter bore yang terbatas (lebih kecil)

    Begitu pula dengan batas piston speed yang terkendala stroke yang relatif panjang.”

    bukankah menurut anda akan sangat susah/ cenderung mustahil mengupgrade mesih sohc overstroke vixion/mx king bahkan untuk setara power honda cb tim art yang masih 27 DK…??
    kenapa sekarang ada yang bahkan 29,7 dk…??

    • coba tanya sama mekanik mxking, apakah yang sudah ia lakukan pada enginnya?
      tanya juga apa yang tersisa (yg masih orsinil) dari engine mxking yang bisa dipakai race kemarin ?
      padahal tahun kemarin, jangankan race, latihan saja engine vixion sdh jebol.
      kalau ring piston, piston, silinder, conrod, sudut klep dan sudut intake (porting) masih dalam keadaan ori
      ane akan angkat dua jempol, dan menyatakan engine mxking memang mantab dan layak dibeli karena sangat superior dibandingkan rival2nya
      tapi apa engine mxking yang seperti ini ?
      https://youtu.be/ElB4wypTm4A

      • hahaha…, ngomongin jebol… cuih…
        mesin balap mah biasa klo jebol…

        jangankan vixion yang anda bilang “inferior”, mesin dohc honda yang menurut anda superior saja baru 23dk udah pada jebol tuh….

        anda pura2 tidak melihatnya..??

  59. Mas admin.mo nanya cara seting monoshock belakang new cb 150 ada gak ya.agar lebih lembut lagi.alhamdulilah si new cb udah nongkrong dirumah nemenin tiger revo ku.selama 7 tahun jadi rider tiger yg lebih berat,bawa cb enteng banget.postur saya kecil 160 cm gak masalah gak perlu ubahan shock depan.walo masih jinjit tapi tetap aman.newcb di singkawang dapat cas 26,1 juta.lebih murah dari nva yg 27 jutaan cat movistar.

  60. pak dosen…
    kenapa coretan kertas buram anda banyak dihujat…?
    karena coretan kertas buram anda tidak ada yang nyata di lapangan….
    justru hal yang mustahil menurut coretan kertas buram anda yang jadi kenyataan….
    SOHC overstroke power on wheel 29,7dk… di crankshaft berapa tuh…?? 32 HP..??

    • kayaknya yang mengujat hanya ente dan orang2 macem ente yang buta merk dan tidak mau belajar untuk memahami hubungan antara konstruksi mesin dan potensi yang dikandungnya.
      coretan di kertas buram, belum terwujud, ya nggak masalah. Mungkin memang belum ada yang mau mewujudkannya
      dan kalaupun mxking dapat 29.7 dk, bagus lah. Pasti banyak teknologi canggih yang dibenamkan di mesin mxking
      ada masalah ?
      ente mau menghujad motogokil ?
      Silahkan…kan memang ente begitu, kalau dibuatkan artikel yang menyanjung yamaha ente “diam” karena hati senang
      tapi jika artikel sedikit saja nyentil yamaha, langsung dah keluar hujatan…

      • ente bilang saya buta merk…? terus anda apa…?

        tidak perlu-lah selalu berlindung dibaling topeng “punya NVL” kalau memang hati kunyit…

        huahahahaha….,
        terkait menyanjung dan menyentil, saya mau tanya…., artikel ini menyanjung atau menyentil yamaha…???

        • trusss ..kenapa elo mewek..??
          iyaaaa in aja sihh klo elo itu buta merek.. elo kan ngga pernah muji merk lain.. yg hujat om gokill emang elo dan teman2 lo.. ngga ada yg lain..!!! yg gue perhati in di blog ini elo selalu rusuh… btw elo itu sdh bangkotan yaaa..?? tp masih kek anak kecil kemaren sore..ceriwiiiss..beuud..!!
          ngemeng2 pada kemana fbh se angkatan sama elo dulu..??
          mereka mungkin sdh sukses x yaaa… atw sdh dewasa jd ngga penting nongkrong di dumay.. mereka bersosialisasi atw punya keluarga bahagia..!! suram beeuuud gue nilai hidup lo..

  61. “Pada IRS Sport 150cc, jika dibandingkan jumlah peserta, kok kebanyakan honda ? Kenapa motor sport 150cc yamaha sedikit yang ikut ya ? Padahal banyak fans boy yamaha yang ingin melihat pembuktian nvl atau r15 melibas cb150/cbr150 di Sentul besar.

    Apakah ini bisa dijadikan pembuktian bahwa engine cbr150 cukup handal untuk balapan ?”

    https://motogokil.com/2015/03/14/apakah-ini-bisa-jadi-pembuktian-performa-dan-potensi-klan-cbbr150/

    hahahahaha……
    masih ingat dengan artikel anda diatas itu…..??

    ataukah komentar2 yang mengatakan bahwa “jika motor yamaha banyak yang turun race, maka motor2 honda akan cukup jadi penggembira saja” sudah terbukti sekarang…??

      • jadi apa sebenarnya yang ingin anda sampaikan dari tulisan artikel anda yang saya kutip diatas…??

        bukankah anda menyiratkan bahwa tim-tim balap lebih memilih mesin cb/r 150 untuk turun balap karena terbukti lebih handal dalam balapan dibanding mesin yamaha sohc yang inferior menurut anda…!!

        jujur saja lah….

        kalau melihat kenyataan sekarang, banyak tim yang turun dengan mesin yamaha walaupun privater tapi sukses mempermalukan dohc cb tim pabrikan pujaan anda, bukankah itu seperti tamparan keras dimuka anda…?

        • ya nggak lah, nyantai saja,
          yang jelas artikel ini bisa menjadi tamparan bagi fikiran ente, karena muka ente tersembunyi
          karena begitu banyak pembaca yang faham dengan isi artikel ini, akan tetapi sampai sejauh ini ente belum juga faham.

  62. proses belajar itu harus berimbang. jangan satu sisi saja ( dohc ) lalu muncul opini yang tidak menghiraukan ( sohc ). BELAJAR ITU PENTING TERMASUK BELAJAR DARI KESALAHAN . NAMANYA JUGA MANUSIA TEMPATNYA KHILAF DAN SALAH. BELAJARLAH DARI KEJADIAN INI

  63. Pak gokil itu si nobita emang on dari sananya. Lihat aja nobita doraemon gimana bloknya dia, jadi ngga usah ditanggapin.

    Pokoknya lihat aja penjualan Meking dan pigson akan jungkel 6 bulan ke depan..

    All New CB wan fifty ar generasi juara

  64. Bukan utk menangin yamaha atau honda, suzuki dll.

    Secara teori diatas kertas sperti ditulis pak motogokil gk salah. Krena utk mengetahui potensi mesin diperlukan hitungan kira2 berapa hp dan torsi yg dihasilkan pada rpm yg di inginkan. Tpi dlm praktek utj merealisasikan memang gak mudah.

    Mewujudkan VE maksimum harus tercapai bnyk faktor. Sperti mass air flow mesin yg bisa di hirup ( ingest) pd rpm yg di inginkan, misalkan 13000 rpm. Ini paling besar di pengaruhi dg bentuk port intake/exhaust head. Tuner mesin akan porting saluran intake/ ex supaya lebih cepat airflow dan lebih besar vol nya.jga merubah radius dekat dudukan klep ( valve seat) .bentuk cut klep jga berpengaruh.tuner akan melakukan cut dg beberapa angle pada klep utk mereduksi turbulensi ketika klep open. Dan itu ada hitungan ukurannya. Terlalu besar akan menjdi lemah airflownya. Dg itu pro tuner biasanya pakai alat air flow bench utk mengukur port cyl head. Berapa cfm yg dihasilkan silinder head tsb stelah di porting. Salah2 porting , cyl head gk terpakai. Head porting adalah pekerjaan tersulit bagi tuner mesin. Head porting katanya pekerjaan seni.

    Kemudian di sesuaikan dg part lainnya. Camshaft, throttle body, velocity stack, airbox, injector, ECU,diameter dan panjang header, tabung knalpot dll. Stelah itu di dyno utk mencapai hp dan torsi real nya.

    Jdi bagi tuner mesin yg pengalaman pasti faham krena itu diajarkan di sekolah2 mesin utk balap. memang intinya di pengerjaan head porting yg butuh ketepatan dg tujuan memeras hp dan torsi mesin sampai maksimum.

    • nggak juga
      tapi kalau memang salah, ya ditunjukkan bagian mana yang salah, terus yang benar bagaimana
      jangan cuma bilang, motogokil ngawur, tapi nggak spesifik ngawurnya yang bagian mana

  65. ini fbh beneran goblok kali yak ?

    masa goblok bisa massal gitu di seluruh blog malah?

    akoy, hayate, broom, dll komen ga nyambung semua

    wkakakaka

    sesuai deh pribahasa nya

    “tak ada fbh yg tak dungu”

    97% dungu, 2% sok tau, n cuma 1% yg pinter

    wakakakakaka

    :v

    • beberapa bukan opini tetapi kenyataan
      ente punya nvl ? kalau punya harusnya khawatir,
      tapi kalau tidak, silahkan ente buat penggiringan opini “kontra”nya
      bahwa mesin vixion tidak haus oli, knalpotnya tidak ngebul, di pakai balap mesinnya tidak jebol….
      gampangkan ?

      • memang udah berapa kasus kejadiannya??
        saya pengguna dtracker, tapi teman saya pengguna nvl motornya baik baik saja, service rutin dan ganti oli tiap bulan, kalau cuma bapak saja yang mengalami jgn disama ratakan dong pasti ada sesuatu cuma bapak saja yang tahu…

    • yang bener” punya NVL sama yg ngaku” punya NVL jelas sekali bedanya, yang bener” punya vixion pasti mengeluh haus oli. . . . boleh percaya boleh tidak, pake meditran sc oli truk diesel aja masih nguap. . .

  66. MX kalahin R15
    R15 kalahin Sonic dan fu (bobot ringan), CB150 (ART) dan CBR150 k45 (itu kalau berani turun kenyataanya yang fairing takut nyentul)

    Jadi siapa yan pintar??

  67. di dunia maya gampang banget nge-jugde.
    karuan berani keluarin argumennya kalau face2face.

    semua bisa dibuat, dari yg baik sampe yg bikin jijik di dunia maya.
    tinggal filter masing2 aja.

    ini blog menurut beberapa orang ke-FBH-an (menurut beberapa ane juga gitu…akaakaakaa)
    gampang kan,,,,,,,,,,,gak suka, gak usah baca.

    besar hati dikit bisa kan semuanya.
    toh ada artikel juga yg bahas mengoptimalkan motor lain.

    ilmu manusia bisa salah dalam semua hal.
    ada tuh artikel MIMPI tapi akhirnya artikel BELI, gak cuma artikel BENCI…(yang kontra-gokil pada beli yg di-MIMPI-in om gokil gak ya???)

    cuma masalah motor, ributnya gak ketulungan.
    simple aja sih,
    suka motornya, ada duitnya, ambil.

    masalah di tempat lain, contohnya sirkuit, jadi lebih bagus pun itu bonus mas bro, toh yang pada dipake juga gak bakal sama yg disirkuit. Jangan balik lg ke pabrikan-privater sama dana.
    motogp…satu merk ducati aja bisa kok yg satelit unggul..(jgn juga bilang itu prototipe…kan pada bilang sendiri, balapan y balapan, unggul ya unggul…)

    semoga ini blog terus seperti ini(walau sedikit ke-FBH-an…haahahaa), tapi tetap bahas TEKNIKAL UMUM YG DITERAPKAN UNTUK UPGRADE PERFORMA SEMUA MOTOR di kertas buram yg masih masuk di akal orang awam.

    sukses pak dosen gokil 😀

  68. Sohc 4klep dg parts high end bisa di push sampai limit sperti dohc 4 klep. Dg sedikit keunggulan di torsi pada rpm yg lebih rendah krena sohc friksi mekanisnya yg swdikit lebih ringan.dohc keunggulan bentuk ruang bakar dg busi di tengah. Timing yg lebih presisi.

    utk mesin high performance balap semua pabrikan akan lebih menggunakan tipe dohc. Tpi mungkin dipilih sohc oleh yamaha krena faktor efisiensi sebagai motor harian yg kisaran rpmnya tdk tinggi dan diutamakan torsi di rpm bawah ke tengah.

    Sohc dan dohc sama bagusnya tergantung pilihan si rider.

    Sohc dohc bersaudara.kalah menang dlm balapan itu hal biasa

    Yg terpenting parts mesin harus kualitas baik, bukan krena faktor efisiensi kemudian pabrikan menggunakan bahan yg low grade. Pengguna motor patut memiliki motor yg kuat sesuai peruntukannya. Tpi tentunya si pengguna harus mengikuti jga anjuran pabrikan. Sperti ganti oli tepat wktu, pakai oli yg bagus, mesin gk digeber sampai over revving dri seharusnya dll

    Blog sperti pak motogokil bisa utk perpanjangan dri pengguna motor apapun merk nya misalkan terjdi hal2 yg tdk semestinya yg disinyalir krena kesalahan pabrik ( factory fault). Supaya nantinya atpm melihat dan mendengar

    • Cuma bung arena ini yg msh waras komennya…
      Eh mas mau nanya… Klo oli diesel macam meditran sx di aplikasikan ke motor mesin bensin macam cbsf apa gak ada efek samping nya..?
      Kan secara SAE nya udh beda…
      Mksh mas atas jawabannya…. Sukses selalu

      • Sy belum pernah coba pak.jdi kurang tahu jga efeknya. Memang ada yg pakai disini katanya. Krena oli diesel kandungan basanya yg tinggi utk netralisir asam hasil pembakaran. Tpi musti dilihat apakah gk menyebabkan kopling motor jdi slip.

        Di forum motor luar neg jga mreka pakai oli diesel di mesin v twin hrley davidson yg putarannya rendah.

        Mungkin di cross cek dg pengguna yg sdh lama.jdi bisa tahu pengaruhnya

        Salam sukses

      • Ga masalah… Bisa pake meditran sx, fastron diesel, rimula r4x atau yang nendang sekalian petrocanada duron atau mobil 1 yang gold

      • bukankah kalo SAE beda bisa bikin motor lebih lebih lambat larinnya..dan bikin penyemprotan oli pendingin ke part2 yg butuh bisa lebih lambat krn pengaruh perbedaan kekentalan, krn kapilar2 penyemprot di set pada flowrate tertentu pada kekentalan tertentu pula..IMO

  69. percuma jelasin bolak balik sama nobita
    mana ngerti teori permesinan

    teori kantong ajaib ala doraemon
    nobita nomor satu
    itu fakta!!!
    ngehehehe

  70. ArenaSepedaMotor mengapa camshaft full race, durasi in closenya retard apa tujuannya?
    misalnya durasi camshaft zx-10r
    in open 36° (BTDC)
    in close 80° (ABDC) artinya langkah kompresi cuma 120°
    Out open 74° (BBDC)
    Out close 39°(BTDC)
    overlap 75°
    Thanks…

    • Meretard intake cam akan melambatkan klep intake close. Pengaruh terhadap pengisian udara/ bbm lebih lama. Menambah power di rpm atas.tpi ngurangi overlap. Krena klep intake open lebih lambat pada langkah buangnya.( exhaust stroke)

      Langkah kompresi mulai pada saat klep intake close (abdc) sampai ledakan terjadi kmudian power stroke

    • Di website2 bnyk pak yg jelaskan camshaft timing dll.

      Intinya membangun mesin high performance utk street atau balap yg paling penting hasil dri porting intake/ exhaust di silinder head jga valve cutting nya dg 3 atau 4 angle. Aspek itu yg paling diperhatikan bagi tuner mesin handal. Klau camshaft tinggal ganti dan pasang sesuai profilnya

    • Motor high performance sperti bmw s1000rr yg silinder headnya di design dri pabrik sdh high flow, tpi tetap harus di porting lgi oleh tuner mesin yg canggih. Dan bisa hasilkan 5 – 10 hp lgi, bisa lebih.

    • Koreksi dulu langkah kompresi 180-80=100°
      Thanks saya senang diskusi spt ini.
      Saya melihat jika in close dirubah 35°(ABDC) dgn overlap 75° maka mesin akan berat berkitir di rpm atas karena cylinder pressure yg semakin tinggi dirpm atas.
      Jika in close 80° berarti ada sebahagian campuran udara+bbm balik lg ke intake.
      80°(ABDC) vs 35° (ABDC) membandingkan mana yg lbh irit? mana yg silinder pressurenya tinggi?

      Apakah Berarti besaran power saling mempengaruhi besaran torsi.
      jika power = luas diameter piston x kompresi= menghasilkan percepatan, sedangkan torsi= massa bandul crankshaft x percepatan sedangkan torsi dibutuhkan untuk mengompresi cylinder pressure. Benar/salah

      Jika percepatan satuannya (m/s) secara teori istilahnya on crack di 21m/s semua mesin 150cc power~torsi hampir mirip, tergantung lbh fokus ke power/torsi. Benar/salah

      Jika Bore & strokenya sama apakah penggunaan sohc & dohc beda jumlah camp berbeda juga torsi/powernya? (semua variable sama sudut & diameter klep, durasi camp, desain knalpot, intake, tb dll)

      Berarti meskipun kompresi statis rendah 1:10,0 dgn overlap yg besar, cylinder pressure tinggi dirpm atas baiknya menggunakan bbm ron tinggi supaya maksimal. Benar/salah
      Maaf borongan cuma menyamakan persepsi…

      • intake close 35 (abdc) durasi jdi 251. Mass air flow yg hasilkan cyl pressure jdi lebih sedikit.power jdi lebih kecil walaupun overlapnya sama 75.

        Power adalah hasil dri torsi X rpm / 5252. semakun besar cyl pressure yg dihirup oleh mesin semakin kuat torsi yg dihasilkan melalui proses ledakan.bandul pd single cyl diperlukan utk menghaluskan sentakan dan meneruskan gerak crankshaft setelah ledakan terjadi pada langkah 4 tak selanjutnya.

        Mungkin gk siknifikan di rpm yg sama antara sohc dan dohc. bentuk ruang bakar dohc dg busi ditengah bisa menambah sedikit efisien di ruang bakar.klau faktor lainnya sy belum tau.hanya kita udh ketahui bahwa kebanyakan mesin high performance yg high revving adalah tipe dohc

        Mesin dg overlap besar akan tekor di rpm rendah klau komp statiknya rendah.krena pada rpm rendah cyl pressure tdk optimal terisi ke ruang bakar.dg itu kompresi statik yg tinggi diharuskan. Biasanya klau beli camshaft spek balap dri manufakturnya diharuskan menaikan kompresi statik dg ganti piston atau slep cylinder head

      • Intake close 35 (abdc) durasi 251. Mass air flow yg hasilkan cyl presure jdi lebih kecil dan pengaruh ke power yg jga lebih rendah

        Power adalah hasil dri torsi x rpm / 5252. Semakin besar cyl pressure di hirup ke ruang bakar, semakin besar energi dri proses ledakan dan pengaruh terhadap torsi

        Maaf klau dobel komen. Spertinya nyangkut yg pertama

      • Intake close 35( abdc) durasi jdi 251. Cyl press jdi lebih kecil yg pengaruh terhadap power.walaupun overlapnya tetap 75

        Power adalah hasil dri torsi x rpm / 5252. Makin besar cyl press yg dihirup ke ruang bakar, makin besar energi dri proses ledakan

      • Jika percepatan satuannya (m/s) secara teori istilahnya on crack di 21m/s semua mesin 150cc power~torsi hampir mirip, tergantung lbh fokus ke power/torsi. Benar/salah

        Itu menerangkan kecepatan piston dlm m/ dtk. Kecepatan diambang batas sekitar 25 m/ detik.

      • Maaf koreksi intake close di 35 (abdc) kompresi dinamisnya berubah lebih besar krena swept volume silinder yg bertambah. Silinder pressure jga bertambah. Tpi krena durasi nya berkurang, peak power dan rpm nya akan berkurang. Torsi di rpm tengah akan lebih kuat.

      • Silinder pressure dipengaruhi camshaft profile dan bentuk dri intake/ exhaust port di cyl head, radius leher dekat dudukan klep, bentuk cutting pada klep. Itu akan melancarkan masd air flow dan me minimalkan turbulensi.

        Silinder head yg bagus hasil porting oleh tuner mesin handal akan menciptakan VE pada top level

      • Klau motor utk pemakaian jln raya baiknya tetap dg camshaft standardnya. Kemudian pasang piggyback utk tuning air fuel Ratio nya dg dynamometer.kmudian pakai knalpot yg lebih free flow. Itu udh cukup utk naikkan sedikit torsi dan hp.

        klau mau ganti camshaft yg sedikit diatas standarnya bisa jga. Tpi lebih siknifikan klau head di porting jga sesuai dg spek camshaft nya. Hasil porting akan pengaruhi power realnya.

        Tuner mesin pilih yg berpengalaman utk pengerjaan porting supaya presisi

  71. masih rame aja…g yg gagal faham ato gmn ya…korelasi coretan kerts burem motogokil ama balapan kemaren apa ya…
    gw akan ikut ngebuly motogokil kl dia ikutan jd mekanik team cb kmrn,krn ga mampu praktekin teoriny
    dan gw akan hapus bookmark motogokil dr browser gw,kl ad info bahwa mekanik cb dibalap kmrn,ikutan teori motogokil,tp hasilny mentok 24hp.
    jgn lupa,yg waras ngalah.congrat dah tembus 300komen.

    • yaaaahhhh…!!!
      doi lg curhattt….
      husssss.. hussshhh …husssshhh
      datang ngga di undang pulang ngga di anter…!!!

      #dasar fby/laler ijo

    • yaaaahhhh…!!!
      doi lg curhattt….
      husssss.. hussshhh …husssshhh pergi sono…
      datang ngga di undang pulang ngga di anter…!!!
      hadeeeehhh tepok jidat…
      #dasar fby/laler ijo

    • Terbukti klo artikel race nasional lbh menarik daripada motogp.alasannya:kalo demen ma motornya trus bisa beli(walaupun kredit,haha),tapi kalo demen ma motor motogp paling cuma bisa beli stikernya(remasol/yamaha pakteri rese)huahaaaa

  72. Jepang itu kesanya aja saingan spt indomaret alfamarat aslinya saudara jauh juga..dosen sukses buat opini jepang saingan hahahahaha kebacaaaa

  73. Jepang itu kesanya aja saingan spt indomaret alfamarat aslinya saudara jauh juga..dosen sukses buat opini jepang saingan hahahahaha kebacaaaa om

  74. Jepang itu kesanya aja saingan spt indomaret alfamarat aslinya saudara jauh juga..dosen sukses buat opini jepang saingan hahahahaha kebacaaaa om nih

    • husss
      sayangnya kebanyakan orang di Indonesia tidak mengambil pelajaran dari kasus ini
      harusnya ada orang Indonesia yang mencontek habis motor jepang (semua merek, satu merek-satu orang/divisi penelitian) kemudian mengoptimalkannya dan membuat versi Indonesia-nya

      • sampeyan yo sek sibuk bikin artikel model gini lo pak n sibuk membuktikan ‘kualitas’ motor buatan yimm dan gambarin kualitas buatan AHM yg wow..jadi anda ngomong kayak gini itu kayak dissonance banget pak

  75. kan sudah dibilang Kawak buat 150 4 tak model ciamik dohc harga 20 jt kalau mmg mau matiin cb atau vixion mah gampang bangetlah memang ditunggu2 masyarakat motor kawak 150cc 4 tak..YANG mana tdk akan mungkin terjadi sampai kiamat..

  76. sesuai prediksi saya ni om gokil…diskusi yg sehat di awal2 komentar…enak baca nya, saling diskusi…
    semakin ke bawah para fb mulai nyerang ini warung…

  77. Itulah oponi murni dari motogokil, silahkan didukung atau dibantah, dengan syarat menggunakan data. Misalnya,

    Ya silahkan dibantah dengan menunjukkan sumbernya yang valid, niscaya akan bermanfaat bagi semua pembaca.

    pa dosen lempar lpg 1 kontener, saya cukup lpg 3kg sajah,
    apakah data pa dosen valid ???
    kenapa kita yg di suruh nyari sumbernya yg valid sedang data pa dosen aja baru sebatas metromini/ opini? ekekekekkkkkk,,,,

        • sebenarnya yang diinginkan dari artikel ini adalah
          seandainya poin2 tsb dianggap opini yang “salah”, maka menyalahkannya kemudian memberikan sesuatu yang benar jangan menggunakan opini lagi
          jadi opini dilawan dengan opini jadinya debat kusir
          tapi kalau opini motogokil (yang salah) di balas dengan data komentator (yang benar) maka akan selesai dan mencerahkan bagi pembaca lainnya

  78. kesimpulannya
    yamaha menyokong dana besar
    dan part2 super mahal bagi tim balapnya
    sehingga mampu unggul dari kompetitor
    demi memindset konsumen
    akan kehebatan mx king
    dan efek superior itu menjadi berganda
    ketika yamaha berlindung dibalik tim privater
    ngehehehe
    roket doraemon mode on
    nobita kemana yah ???

  79. Mnurut sy yg awam, honda dg stroke yg lebih pendek bisa di push lgi ke rpm tinggi. Power bertambah, tpi mungkin dg kompensasi torsi mesin semakin bergeser ke rpm atas. Mempengaruhi akselerasi keluar tikungan pada rpm tengahnya. terutama di tikungan lambat sperti S kecil sentul besar.

    Klau hitungan teori itu sah- sah aja. Hanya merealisasikannya yg gak gampang bagi tuner mesin. Terutama mlakukan pekerjaan porting intake/exhaust silinder head yg perlu presisi tinggi klau ingin hasilnya bagus. Berapa volumetric flow rate real yg dihasilkan cyl head yg udh di porting.

    VE di atas kertas akan berbeda dg VE real dri hasil akhir membangun mesin kompetisi oleh si tuner. Hasilnya bisa kurang atau bisa lebih. Bnyk variable yg harus terpenuhi.

    Tuner baru akan trial n error dulu utk cari hasil maksimum. Tuner pengalaman udh ada log booknya utk mesin2 yg udh dia bangun.

    • Taruhlah pak penambahan power yg di inginkan telah tercapai (sena ponda sdh ksh bukti 30’hp on wheel di dyno)… tugas selanjutnya adalah membuktikan apa kuat di pakai balap 10lap di sentul besar spt mx-king dgn 29’n hp…

      Tuner tim astra adl tuner berpengalaman yg juga pst pnya log box….pasti sdh trial-eror mesin jenis ini berkali-kali krn cb150r release 2012, yg katanya plek dgn cbr thai yg release di 2011, yg varian karbunya ada sejak 2008.Dan mungkin hasil maksimal yg di dpt untuk race 10 lap di sentul besar adalah 24’n hp krn klo lbh dari itu khawatir mesin jebol, atau habis bensin misalnya.

      • sekarang coba misalkan : jika ente jualan sepatu basket, akankah ente akan mempromosikan sepatu balap ke teman2 ente ?
        jika ahm menjual k56 (new cb150r), akankah ia mau mempromosikan k15 (old cb150r) ?
        jika ahm ingin menjadikan k56 menang di balapan (tahun depan), akankah dana riset digelontorkan untuk membangun k15 ?
        kan sama-sama cb150r ? akan tetapi engine k56 jauh berbeda dibandingkan k15
        jika art sudah punya loobook pengembangan untuk k15, apakah membangun k15 yang sesuai dengan logbook menjadi murah ?
        untuk membeli sebuah ring piston yang mampu bekerja pada piston speed 25 m/s perlu uang $160, mendatangkan ke Indonesia jadi $200, 3 buah ring untuk satu piston $600. silahkan dihitung sendiri untuk satu race (tune, set, practice, qualifictaion, race)

        • Klo di sambungin ke sna ya opini pak gokil ga ada yg salah,,,tapi lomba ini bukan cuma cb150 vs mx pak, tapi nama Honda vs Yamaha juga di adu di sna. Seperti di motoGp 2013-2014 penonton ga mau peduli Yamaha blm full SSG. Judulnya Marquez menang, Lorenzo-Rossi kalah.Trus di tambah sebelum race pembalap Honda ART masih punya peluang jd juara nasional, yg mana akhirnya Juara Nasional itu di kunci oleh pembalap Yamaha yg di race 1-2 cuma bermain aman tnpa dapat podium.
          Komen di atas ud ingetin lagi, klo Yamaha pernah tetap pakai jupiter burhan yg sudah di discontinue, pastinya krn ga mau Namanya & nama pembalapnya kalah dari Honda klo maksa pakai NJZ…

        • Okelah klo race tahun ini adalah race perpisahan dari engine k15, jadi buat ap all-out… tapi race tahun2 sblumnya yg mana k15 msh di perjualbelikan, adakah cb150r tmbus 29’n hp di sirkuit ???

      • secara tehnis sebenarnya bisa utk naikkan rpm mesin lgi krena stroke honda lebih pendek dri yamaha. yg penting kecepatan piston masih bisa ditoleransi oleh con-rod dan piston, yaitu ambang batas antara 25 m/detik. tentunya harus memakai parts high performance sperti : forged piston dg satu ring kompresi utk minimum friksi, forged con-rod tipe H-beam atau titanium yg lebih ringan. supaya gak valve floating, per klep ganti misalkan dg per klep motor supersport 600cc yg operating speed nya di 15ribu rpm, memapas crankshaft supaya mengurangi drag dg oli didalam crankcase dll. memang mesin gak bisa pakai parts standard lgi supaya tahan utk balapan.

        moto3 satu silinder 250cc dibatasi secara elektronik di 14000 rpm. mesin 1 silinder yg lebih kecil bisa mencapai putaran lebih tinggi krena masa mesin yg bergrak secara reciprocal lebih ringan asalkan speed piston tetap pada batas aman.

        tapi dg naikan rpm jga akan naikkan torsi maks ke rpm lebih tinggi. efeknya tarikan mesin di rpm tengah akan berkurang yang diperlukan utk akselerasi keluar corner di saat balapan. terutama di tikungan lambat dan sedang. yamaha dg stroke lebih panjang punyai kemampuan pada torsi yg lebih ngangkat di rpm tengah.

        tim honda pasti ada pertimbangan dan pilihannya.

  80. tdk ada yg mustahil
    jika sokongan dana besar
    disana pintarnya yamaha
    mendanai tim privater
    agar tdk kelihatan
    all out
    sayangnya konsumen
    indonesia terutama fby
    masih sangat lugu
    sehingga termakan
    pencitraan terorganisir
    ngehehehe
    nobita kemana yah???
    dicari mamanya tuh

    • gile bray

      gaji lo paling sejutaan dr AHM

      ampe segitunya PENGGIRINGAN opini nya sampe fitnah

      ckckckckc

      susah emang mental kacung

      neraka depan mata di diemin demi tuannya si AHM

      muahahahahaha

  81. ternyata bukan cuma gen vixion
    yg berasap
    nih yg katanya motor wahid
    m1 lebih berasap poll

    pertamax7.com/2015/10/15/digeber-di-pameran-yamaha-r1m-ini-malah-keluar-asap/#more-390815

    ngehehehehe
    sepertinya part2 yg digunakan m1 ini
    masih part biasa yg khusus buat konsumen
    bukan part balap ala titanium mxking
    ngehehehehe

    masih anggap ini penggiringan opini???
    coba mikir lagi deh

    • ga jelas

      tadi ngomong mx-king pke titanium jadi bisa menang

      sekarang lari ke yang lain

      barang display yg ga mungkin dijual ke konsumen

      bc terus bray ampe bego

      muahahahaha

  82. ah sudahlah

    presiden habibi yg notebene gelarnya seabrek aja di buly di DPR,

    palagi om gokil yg cuma seorang dosen yg mungkin gelarnya msh dibawah habibie,

    • kalo kasus habibi

      pure indonesia nya yg tolol

      liat aja presidennya sekarang

      planga plongo kebanyakan minum kobokan

      muahahahaha

    • Trus knp cb150 art ga pake Titanium juga,,, sekelas Astra ga mampu beli kah,,MS 70% beli klep titanium ga mungkin ga mampu,,, bukan ga mampu, tapi ga mau krn mungkin percuma ttp aj ga kuat di pake balap 10lap dgn power 30hp

    • Broom@ tenane? kalau anda pinter ngarang mending bikin novel ato komik aj dengan judul kedigdayaan engine dohc klan cb. sekalian dilebih lebihkan jika dioprek masimal maka engine dohc klan cb ini bisa buat kendaraan ke planet namex. dijamin g ada yg protes. silakan buat c70 bahan titanium untuk ngepretin r25. kalo g bisa berarti anda lebih tepat jadi pengarang novel ato komik.

  83. Musim panen telah tiba,,,selamat p.dosen anda telah memetik apa yg anda tanam selama ini semoga anda senang dan bahagia menikmati hasil jerih payah dan kerja keras anda

    #tanam budi panen budi , tanam benci panen benci

  84. kata petinggi yamaha
    kalo gen mesin vixion ngak ngebul
    artinya ngak wajar
    kalo ngebul artinya normal

    sekarang teknologi tsb
    ditularkan ke motor wahid
    teknologi dunia akherat r1m

    pertamax7.com/2015/10/15/digeber-di-pameran-yamaha-r1m-ini-malah-keluar-asap/

  85. fby sukses termindset
    jika motor yg mereka gunakan
    performanya sama dgn yg dipakai balap
    ….
    faktanya semua motor yg diproduksi
    buat konsumen kualitasnya
    setara dgn lahan gambut di sumatera dan kalimantan
    ….
    bahkan moge pun tdk luput
    dari ancaman kabut asap

    pertamax7.com/2015/10/15/digeber-di-pameran-yamaha-r1m-ini-malah-keluar-asap/

    ngehehehehehe

  86. pak ngadmin, sy mau tnya nih, smpean ini kok srngnya ribut sm barisan ‘fby’ ya, pdhl kl sy liat fby dsini kl komen msti pake data, ntah link dr tmpat lain bhkn link dr blog sini jg. sdangkan sm barisan ‘fbh’ kok adem ayem, pdhl mreka srg blng bhwa sonic d kjurnas cm porting polish lah, mx king pake part2 yg itulah, pdhal lain dr knytaan, kl cm porting polish tu nyta2 udh hoax coz dsini upgrade sonic udh dbhs. kl part2 yg dbnamkan d mx king pstinya kn sdh ad regulasinya, dmn honda sonic jg bs mnggunakannya. bhkan sonic pk piston kawahara yg bore-nya lbh bsar shg kubikasinya naek, toh blm ad fby yg ributin itu…

  87. Lama ga main ke sini.
    Rame ternyata.
    Yang jelas beda lah antara produksi masal dengan balapan.
    Klo dulu baca di blog sebelah untuk cc kecil, dalam kondisi standar selama jumlah klep sama, performa 11-12 lah.
    Lagipula yang namanya teknologi itu semua bisa dimaksimalkan.
    (pikiran saya sebagai orang awam nih)

  88. hayate baru saja saya rekrut, tapi dari nilai ujian swat, ternyata dia paling rendah.. trus mewek minta di lulusin kakakakaka

  89. Dan hasil akhirnya…..
    HONDA dapat porsi 70,5 % market share motor nasional.

    Yang lain semakin jauh ketinggalan
    HONDA semakin tak terkejar

    WEEEEEEEEEKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK !!!!

    Sakitnya TUH disini.

  90. Liat tuh ban belakangnya
    Diganti kecil duluan………

    Dan hasil akhirnya…..
    HONDA dapat porsi 70,5 % market share motor nasional.

    Yang lain semakin jauh ketinggalan
    HONDA semakin tak terkejar

    WEEEEEEEEEKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKKK !!!!

    Sakitnya TUH disini.

  91. setelah baca komen ya ane mau ikut juga. jadi menurut ane faktanya adalah
    1. dohc lebih unggul dari sohc (2 vs 1)
    2. mesin oto (4 tak) bukan hanya berputar di banyak jumlah noken ( sohc dohc) tapi banyak variabelnya seperti ukuran valve, timing valve, konfigurasi bore x stroke, material mesin dll.

    masalah vixion vs cb atau mesin sohc 150cc yanaha vs dohc 150cc honda kalo di jalan ane bilang pasti 11 – 12. bedanya sangat tipis
    naah kalo dibalap beda lagi ceritanya. kalo balap pasti tergantung rider, kualitas mesin, dll. terlalu banyak variabel di balap.

    seperti kata vin diesel ” winning is winning”. yang menang silahkan senang yg kalah silahkan terima dan intropeksi agar bisa menang

    • Yg kalah (fbh) introspeksi diri,,, jgn nyalahin yamaha yg all-out di kejurnas kmaren,atau jgn beralasan ga ada untungnya all-Out dgn mesin yg ud di discontinue (pdhal cbr150nya masih pake, knp ga all out di cbr,,,r15 aja berani)

1 Trackback / Pingback

  1. Kualifikasi IRS Sport 150 CC, Yamaha Lebih Cepat 2 Detik Meninggalkan Honda. Ada Apa Dengan Pasukan Honda ? | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan