Oli HDEO Berbahaya Buat Rider NVL

Diposting pada
Jpeg
Jpeg

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pemakaian oli hdeo (medit**n sx/msx) sudah memasukai jarak 250 km. Impresi yang ane rasakan saat awal adalah seperti yang pernah ane tulis di artikel terdahulu. Nah semakin lama dipakai oli ini semakin menunjukkan “jatidiri”nya. Dari yang ane rasakan ketika jarak pakai msx mendekati 250 km, memberi kesimpulan bahwa penggunaan oli msx ini berbahaya bagi rider nvl, khusus nya ane.

Penggunaan msx sampai 250 km seakan-akan sudah masuk tahap “buka segel”. Sehingga apa yang dikandung di dalamnya mulai terlihat. Dan salah satu akibat dari keluarnya potensi msx ini adalah meningkatnya resiko (bahaya) bagi rider (khususnya rider nvl). Ada bebapa hal yang menjadikan penggunaan oli msx ini berbahaya bagi rider diantaranya :

  1. Pada penggunaan oli standar (mco / oli motor jaso ma), ketika rpm semakin tinggi, maka teriakan mesin semakin memilukan, sehingga seakan-akan memperingatkan rider agar wasapada. Nah ketika menggunakan msx (hdeo), suara teriakan mesin semakin berkurang , apalagi menggunakan helm fullface mahal, suara semakin senyap. Kondisi bisa me”lengah”kan rider, bahwa ia sudah sangat kencang.
  2. Getaran engine kadang sampai ke tangan, dan mebuat rider merasa “kasihan” terhadap engine motornya, sehingga rider mebatasi kecepatan motornya. Ketika menggunakan msx, getaran engine diredam sedemikian rupa sehingga tidak begitu tersa di tangan. Kendisi ini juga mengakibatkan rider lengah bahwa ia sudah sangat kencang.
  3. Dan yang terahir ini yang paling berbahaya, bahwa ketika rpm semakin tinggi, (feeling) motor semakin nikmat. Pindah gigi yang berat (ceklak-ceklok) di rpm rendah, pada rpm tinggi semakin ringan, sehingga “merayu” rider untuk shifting gear selalu mendekati redline (10000 rpm). Artinya jika ridernya mengikuti rayuan ini, maka bisa dipastikan rider tidak akan pernah naik motor dengan santai dan pelan2. Sekali lagi berbahaya buat rider.

Dari tiga poin di atas, disimpulkan bahwa oli msx (hdeo) berbahaya buat rider nvl. Tapi..tergantung juga sih sama ridernya, kalau sukanya jalan pelan-pelan ya sama saja, mau pakai mco atau pun hdeo, akan relatif lebih safety.

Itu kan bagi ridernya, kalau bagi engine-nya bagaimana ???

Sampai saat ini, ane belum merasakan perubahan jelek (adanya kerusakan) pada engine nvl. Bahkan semakin enteng dan semakin halus suara dan getarannya. Padahal ini baru tahap flushing dengan oli hdeo murmer, kira-kira gimana rasanya kalau pakai hdeo yang lebih mahal ???

TestimoniΒ  yang ane sampaikan ini jangan terlalu dipercaya (he he he), sebelum mencoba sendiri. Dan jika akhirnya menggunakan oli ini, apapun yang terjadi, resiko di tanggung sendiri-sendiri ya.

Anak motor…masa takut pakai hdeo ??

Jangan sampai menyesal……mengapa tidak dari dulu menggukannya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

62 thoughts on “Oli HDEO Berbahaya Buat Rider NVL

  1. Harus nunggu 1000km lagi untuk mencoba oli HDEO, karena YSSku diNVL ane baru dapat 1000km, eman klo diganti sekarang :D. Sek diempet disek…. πŸ˜€ sak jane wis kemecer… πŸ˜€

          1. Wah… hati2 pak bs ambrol tuh mesin. Ane masih trauma krn pernah bongkar mesin 2X yg pertama krn ngebul yg kedua klaker as kruk kocak spul kebakar.

  2. saya pake oli HDEO dari tahun 2010.. pertama saya gunakan untuk matic su@8ki saya yang 125cc… sampai sekarang matic saya boleh deh dibandingkan sama matic suz*k! yang type dan tahun yang sama dan kondisi standart yaaa… nah sekarang NS200 saya juga pakai oli HDEO fastro# disel… enak enak ajah tuh…

  3. saya ganti oli kadang bisa 3000km tapi jarang sih…. suka lupa soalnya nih oli gak berasa kurang performanya walaupun km sudah lebih 1500… pernah tiga bulan gak ganti oli… jarak tempuh saya tiap hari pulang pergi kantor office sama ukur jalanan jakarta sekitar 40 sampai 60 km lah tiap hari…

    1. @shoun sya jga pnguna abs revo oli nya pke oli meditran sx bru prtma kli tpi kya nya cocok pke msx pndah gigi enak trus wktu msin udah pnas trkanya lmyan enak bkal setia pkai meditran sx buat abs revoku

  4. http://www.kaskus.co.id/thread/51963782582acfeb0100000b/penggunaan-oli-mobil-pcmo-hdeo-untuk-motor/

    baca2 aja disini tentang oli HDEO… tapi saya ingatkan yaaa….. bacaan ini khusus dewasa yang berani ambil resiko… mengingat bacaan ini mengandung materi yang sangat beracun sehingga dapat mempengaruhi pemikiran pembaca.

    efek yang ditimbulkan umumnya adalah galau tingkat tinggi cemas dan khawatir yang belebihan… kadang membuat susah tidur loh…

  5. apakah ada efeknya bila sudah pakai oli HDEO trus kembali ke oli motor konvensional?
    ane juga punya vixion .. pengen nyobain oli HDEO

  6. Terbukti mesin nvl GETARANNYA SAMPAI KE LENGAN TANGAN dan fbnya gak mau mengakui malah memfitnah kalo h**d* yg getaranya edan tapi menjadi sangat terang benderang ketika pak dosen yg sngat dibenci ketua fby (dharmo) mengakui.
    Kabooor… Takut para fby pada nawur mrene πŸ˜€

  7. ane baru nyobain make yg merk ca***pillar,,15w-40..punya tmen.botolnya isi 5L.ane minta 1L buat di Fu.impresi sekitar seminggu ini ya mirip2 yg diatas..shifting halus..putaran bwh terasa lbh padet,overall enak sih..blum nyoba top speed..o ya,alo g salah di belakang botol tertulis for diesel & gasoline engine..

  8. wah.. pak dosen sudah keracunan nih…

    teruskan !
    ane jadi ikut tergiur nih

  9. waduh bisa lebih bahaya lagi klo di pakein di cbr brooo.. bisa2 gampang raih topspeed plus nambah topspeed. Jangan2 pak gokil nti cbr nya dipakein juga ni olie. Honda juozzz

  10. Kalo pake pertamina fastron diesel lebih hati2 pak dosen
    Soalnya lebih senyap ngoahahaha

    1. cbr nya nunggu garansinya abis dulu, kalau nggak ada masalah sama engine nya dan pemakaian hdeo di nvl memuaskan, maka cbr150 insya Allah akan minum hdeo juga

  11. Sy ga pake oli HDEO cuma pake MPX2, kalo ganti oli di Km 10000 juga gak papa tu mas. Bisa dibilang gak ada penguapannya lagi. Aman terkendali semuanya.

    1. Enteng juga di nesin, gak ceklak-ceklok juga kalo ganti perseneling. Gak pake selip2 kopling juga.

  12. ane pakek cb150r setelah baca ini berita malah pengen coba, tp masih rada2 takut efek sampingnya, yah gimana lg om, motor baru 3bulan dan dibeli dengan keringat sendiri, 100% halal. karena ngumpulin duitnya dari gaji pokok tiap bulan, ga ada masukan dari mana2 lg, jd kalok rusak ya amsiong kali la

    1. sama om klotok2,aku make cb mau pake hdeo,tapi yang ku baca oli tuk yang make tappet beda dgn yang make platuk.
      apakah ada yang pake cb klotok ,make oli yang cocok?
      share dong,
      lirik..om arya pakar hdeo

  13. Maaf mas iklan amplopan bukan ini? apa malah beneran sesuai spek vixion,dengan speling mesin yang presisi dengan oli ini bisa masuk kesela sela dan tahan gesekan panas

  14. ga sekalian kasih oli samping??
    ni kan mesin ngebul keturunan rx-king.

    muekekekekek

    ga jauh beda rupanya sama tetangga sebelah yang tukang rompal.

  15. Gara-gara motogokil di sinyalir para blogger kondang satu persatu akan tersesat berjamaah….Sip pak dosen lanjutkan

    #MSX lovers…

  16. Pengalaman pak dosen persis kayak ane, bedanya ane make Motor HSX 125 (100% standart), pd kecepatan top speed 120 kpj on spedo, getaran mesin minim.

    MSX Lovers

  17. Kang, ane pengen pake HDEO buat CBR 150 Fi thailand, km nya uda 14000 an, cuman kan kalau di Honda itu g ada filter olinya kang, itu gmn? sedangkan kalau NVL itu kan ada Filter olinya..
    biasa ane pake ax7 kalau g motul 5100..
    Pencerahan dong kang

  18. Kalo baca2 di spek oli Meditran SX :
    “Digunakan pada mesin diesel tugas berat jenis
    precombustion chamber atau mesin diesel yang
    membutuhkan unjuk kerja API CH-4/CG-4/CF-4/
    CF serta mesin bensin yang memerlukan unjuk
    kerja API SL/SJ.”

    harusnya sih aman ya untuk motor juga, motor sekarang kan umumnya API SJ/SL, emang ga ada JASO MA nya sih tapi klo dari banya review ga bikin slip kenapa gada sertifikasi JASO MA nya ya

    source : http://pelumas.pertamina.com/Files/pdf/PDF%20-%20Heavy%20Duty%20Diesel%20Oils.pdf

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan