Apakah Admin Motogokil FBH ???

fans boy

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pernah melihat tulisan jawaban dari IWB bahwa jika ia memasukkan komentar dari para pengunjung ke dalam hati, maka “mungkin” ia sudah harakiri dari dulu. Oleh karena itu pada akhirnya beliau tidak terlalu menggubris cemoohan, cibiran dan sindiran dari para fansboy, atas artikel yang ia tulisnya. Dan memang sudah seharusnya seorang blogger harus sabar menghadapi komentar para “tamu” nya, meskipun kadangkala menjengkelkan.

Begitupula yang terjadi di blog-blog otomotif pada umumnya, termasuk di blog kecil motogokil.com ini. Pastilah kita sudah kenal dengan para pengunjung yang secara terang-terangan mengaku sebagai seorang fansboy tertentu, ada juga yang tidak secara eksplisit mengaku, akan tetapi secara implisit menunjukkan siapa dia melalui komentar”nya. Sebenarnya bagi ane nggak masalah jika seseorang menjadi fansboy yang berkiblat pada suatu merek tertentu, asalkan tetap mampu berpikir positif dan konstruktif.

Dan lagi yang namanya dunia maya, kadang suatu yang tampak, tidak bisa dijadikan rujukan, kadang-kadang justru malah menipu. Komennya seperti FBH padahal aslinya FBY, begitu pula sebaliknya. Jadi ane tetep berbaik sangka kepada para pengunjung bahwa mereka datang ke motogokil untuk silaturahim, sukur-sukur mereka juga ane mendapatkan pencerahan dari komentar para pengunjung ini.

Sering juga ane koreksi kata-kata yang tidak pantas/kotor dan vulgar, kalau ane sempet. Kalau keterlaluan ya ane hapus, maaf ya bro kalau ente merasa tersinggung dengan moderasi ini. Bagi komentar-komentar keras yang menyudutkan ane sebagai admin motogokil, selama komennya logis, bagus dan membangun, tetap ane pertahankan, alias tidak ane hapus, (bisa dilihat pada artikel-artikel yang kontroversial).Barangkali komentar-komentar pedas seperti itu justru malah bermanfaat bagi ane agar introspeksi dan melakukan perbaikan dalam penilisan artikel yang akan datang.

Kadang ada komentator menggiring opini dan mengarahkan bahwa ane fbh, silahkan saja. Bisa bener, bisa juga salah. Bagi ane tulisan di dunia maya adalah sesuatu yang kadang bersifat ambigu. Menjadi blogger yang juga fansboy merek tertentu, justru akan menjadikan ruang lingkup artikel semakin sempit. Blogger tidak mampu menuliskan kelebihan dan kelemahan dengan objektif dan netral, akibat kefanatikannya pada merek tertentu.

Yang terpenting adalah tindakan nyata dengan bukti yang terang benderang. Perhatikan gambar judul di atas, apa motogokil masih terlihat seperti fbh ???

Semoga artikel ringan ini menginspirasi kita semua, wassalamu’alaikum wR wB.

57 Komentar

  1. Wadoh…ndak perlu nulis nulis ginian lagi mas, sebaiknya terus aja tulis apa adanya sesuai dg ilmu kertas buram sampeyan…tulisanmu hebat lho, coba warung sebelah, kadang ngambang, kadang cuma forward info, kadang membahas yg sudah lewat alias basi…jangan pernah sakit hati dengan comments kami…

  2. Salut sama motogokil.com . . Ada loh 2blog isi n judul nya bisa sma plek . . Tulisannya kurang berbobot gk berani bongkar kekurangan artikel lampu nmax aja bisa panjang bner . . Artikel broscat . . Bukan nyudutin blogger . . Sudah seyogyanya beri artikel yg bermanfaat. . . Ane kritik n sekaligus ngasih saran. . .

    • maksud sampeyan iwb N tmc …?
      itu yg lagi nulis sama persis artikel MT25….?
      gak bisa lah menjudge blog/adminnya berdasar artikele….
      ane sering ngasih bahan dengan cara broadcast email ke beberapa bloger sekaligus…..lah kalo kebetulan trend topic,…yo bukan salah blogernya releasenya nyaris bareng tapi bukan saling contek,….lebih karena source berita yg sama…..

      • mereka itu temenan bro liat noh di indospeed mereka berdua yg bikin…

        jd logis lah klo isinya sama, klo yg satu lg gak punya bahan maka yg satunya ngintil artikel yg sama…

        soal kualitas biar pemirsa yg nilai

  3. lhoo…..???
    tak kiro sampeyan ki malah FBY lho Sam…….xixixixixi
    kabor ahhh….timbangane di sawat bata abang…… πŸ˜€

  4. Yg pasti pertanyaan seperti judul artikel tidak akan ada satu komentator pun yg bisa menjawab dengan benar.
    Yg bisa menjawab paling benar ya ente sendiri. Mestinya justru kita yg bertanya. Ente itu fbh,fby,fbk,fbs atau apa? Monggo dijawab (jika berkenan).

    • jawaban yg bener ya fbh kadang fby wakakakak… ndak usah dipermasalahkan lah, yg penting artikelnya mantab, apa lagi jika yg dibahas cbr…
      untung aja iklan mx king ngelibas jet darat ndak dibahas dimarih,huh!iklanmenyesatkan…

  5. Kita bicara realitas dan pengalaman dari dunia blogging roda dua indo aja deh.
    Coba diperhatikan, sekobong-kobongnya blog akibat ulah bloger/fansboy/komentator yg arahnya kebanyakan kurang etis, biasanya kebanyakan berasal dari blog yg empunya ‘nggak jelas’.
    Contoh: Blog P*R / mesin emas / ehm…ehm…

    Dan sebaliknya, coba liat blog2 yg empunya punya identitas jelas + tampang jelas. Sekobong-kobongnya biasanya tetap masih bisa ‘terkendali’.
    Betul atau betul?
    Ya atau ya?
    Ngoahahahahaha.

  6. Ngefans merk mana itu ngga bisa diliatin ama mata…. Justru rasa yang muncul dr buah pikiran berwujud artikelah yg paling mewakili kepribadian. Saia ngga menjudge sampeyan lho ya….. Out of topic saja….

  7. Nggak apa koq pakdosen jadi fbh,biar ada penyeimbang krna dah terlalu banyak blogger fby macam mumipekok com,kudolumping,ronggo2,kerajaan majapahit triatmomok,aripispot etc

  8. sebagai konsumen ane bersyukur ama om gokil, dapat pencerahan tentang kelebihan dan kekurangan produk sepeda motor, apapun merknya.. kalaupun sekarang lebih banyak condong ke honda ya wajar, logis, dan proporsional… sangat nyata, jelas dan mutakhir kalo produk Honda emang lebih baik.. market share adalah bukti otentiknya.. kalo om gokil condong ke Yamaha malah aneh, ntu namanya melawan arus.. capek bung. gimana enggak nyaris 70% konsumen sepeda motor di indonesia memilih produk honda. Kalo fby pada ayan cuekin aja om.. emang congo* ntu fby paling kenceng.. maklum yamaha lg sakit semua.. ya produknya, ya pimpinanya, ya leasingnya, ya salesnya, ya fb-nya, ya balapanya.. yah bgtulah menurut ane., ngoahahaha

    • kenapa cung kayaknya senang banget ya ada blog yg muja2 motor sesembahanmu. ya tenang aja kok cung motogokil bakal membuat makin mimpi indah kok
      salam itu ngimpi ya bro

  9. Kadang kita sbg komentator jg suka kelewatan pedes ngasih komentar, ya dimaklumi, brarti waktu itu harga cabe lg turun. Ngoahahaha..
    Ane mungkin fbs, krn itu ane akan lebih suks mengkritik suzuki, wajarkan menginginkan produk yg sesuai harapan dr pabrikan yg dulu pernah ane percaya.
    Dan ane percaya banyak dr blogger jg lebih condong ke salah satu pabrikan, wajar, dan g ada masalah selama artikelnya tidak disengaja untuk menyesatkan.

  10. selama blog sampean belum ditempeli iklan produsen sepeda motor , ane yakin artikel sampean bisa mencerahkan pembaca dengan sangat cerah…. suksea selalu om gokil..

  11. sangat bermanfaat kang bro…
    analisanya yg selalu dibarengi teori itu yg membuat pencerahan…

    ini trade mark motogokil
    jangan gubris lagi hal yg non teknis
    maju terus…
    awas depan ada lampu merah
    stop dulu lah..

  12. ga ada FB ga rame bro.. kadang2 lucu juga baca komentar para FB.. pedas manis.. kadang bikin ngakak kadang juga bikin emosi.. jadi ya dinikmati saja πŸ˜€

  13. tmcblog: blog ahli code dan fakta juga sudah internasional
    iwb: blog tukang ngarang artikel (artikelnya kaya cerita) dan tempatnya fby
    pertamax7: artikel copas sana sini serta pencipta kata2
    motogokil: blog pencerah permesinan
    bonsaibiker: blog motuba, info sosial serta NDAGEL
    kobayogas: suka berinovasi “SESAT” πŸ˜€ dan mantab ulasan mobilnya
    enoanderson: blog sejarah mesin dan motor
    motoblast: blog pemecah angan2 (menterjemahkan CUILAN jd kenyataan)

    yg laen blm ane sebut soale pegel ngetiknya πŸ˜€

    • tmbh bro, blg fave ane:

      om leo: blog elegan. Ulasan & analisa “out of the box” (berhubung lg di aussie jg, sumber info lbh variatif), gak bertele2.

  14. lah jelas la wong komentatornya fbh semua
    ini mah cm pengalihan isu aja. inget pepatah lah gk ada asap gk ada api. bila anda benar2 netral lalu kenapa bisa di sebut fbh? coba renungkan.

  15. bikin artikel kekurangan suatu brand si gkpp. tp kalau condongnya cuma ke 1 brand aja, nah itu yg perlu di pertanyakan sih. beli motor banyak brand itu gk menjamin kalau dia netral kok.

    • Hal inilah yang menjadi sebab mengapa ane tulis
      “Yang terpenting adalah tindakan nyata dengan bukti yang terang benderang. Perhatikan gambar judul di atas, apa motogokil masih terlihat seperti fbh ???”
      Kalau ane fbh, ngapain lagi ane keluarin duit puluhan juta buat beli motor bajaj pulsar180, nvl dan smash ?
      kalau ente (sinyalemen fby) kan belum punya bukti, hanya sekedar komen….bisa jadi ente malah pakainya suprax125

      • kan sudah gw bilang punya banyak brand motorpun gk menjamin orang itu netral. netral atau nggaknya bisa di baca dari artikel2 situ baik judul maupun isinya dan juga artikelnya jg lebih cendrung kemana. inget pepatah aja gk ada asap gk ada api

        • ya sudah lah bro..santai saja
          kalau ane aja yang jelas penampakannya nggak bisa dijamin
          apalagi komentar ente ? identitasnya aja nggak jelas, nggak berani neunjukkan diri yang sesungguhnya
          betul nggak ?

  16. memang keberadaan FB mengganggu sekali,
    apalagi ada satu kelompok FB yg rajin spam dan BC kemana2 sampai eneg bacanya.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan