Ketika Rumor Honda Sport V-Twin 250 cc dengan Power 40 HP Dihembuskan, Banyak yang Mulai Demam

spada v twin 250

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bocoran motor sport honda cbr250 bermesin v-twin yang dihembuskan oleh Kang IWB sepertinya begitu meyakinkan, sampai-sampai beliau menantang untuk mem-bookmark artikel tersebut. Barangkali beliau menjual beberapa motor koleksinya untuk persiapan membeli v-twin ini. Menurut bocoran yang disampaikan kang iwb, power yang dibangkitkan bisa mencapai 40 hp, bahkan lebih.

Dan seperti yang pernah ane bahas di artikel yang lalu, bahwa sesungguhnya honda sudah memiliki beberpa basis engine untuk motor sport 250 cc, mulai dari power terendah 29 ps sampai 47 ps. Jadi jika honda mau, tinggal pilih saja dan memodifikasi tampilan sesuai dengan keinginan pasar. Nah sesuai dengan bocorna kang iwb, maka engine yang akan digunakan cbr250 yang paling sesuai adalah engine vt250 spada, yang telah lama dirilis honda yaitu sekitar tahun 1989.

Sekarang mari kita lihat spesifikasi vt250 spada…

spada v twin 250 specification

Beneran bro, powernya 40hp pada 12000 rpm, itu dalam kondisi standar. Kalau memang engine vt250 spada ini yang dimasukkan dalam frame cbr250, tentunya ini bukan lagi lawan ninja 250 ataupun r25. Kalau powernya mau lebih, tentunya honda sangat mampu untuk meng upgrade powernya sedikit ataupun banyak. Yuk kita simak apa saja yang bisa diubah sehingga powernya semakin mengetarkan rival-rivalnya.

Kondisi performance vt250 spada standar

spada v twin 250 power

Masa sih motor sport 250cc, power 40 hp masih kurang ?Dengan kondisi standar saja, yang lain sudah ketinggalan.

Kalau merasa masih kurang, tinggal lakukan porting dan polish pada saluran masuk, tuning panjang leher knalpot dan inteke runner untuk menaikan VE sampai 90%. Kemudian naikkan posisi rpm power maksimum di 13000 rpm, karena batas piston speednya masih jauh.

spada v twin 250 pistonspeed

Ubahan ini masih termasuk tingkat meduim-ringan, karena masih belum sampai merubah ruang bakar dan komponen-komponen engine lainnya. Meskipun demikian power yang bisa dicapai dengan ubahan itu mencapai 44.3 hp. Tambah jauh ketinggalan rival-rivalnya. Pantas saja banyak komentar-komentar di blog-nya kang iwb yang bernada mencibir akan kehadiran cbr v-twin 250cc. Bagi yang serius menuggu motor ini jangan hiraukan cibiran mereka, bisa jadi aslinya mereka  deg-deg-ser, gemetar dan demam.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

64 Komentar

  1. masih malu2 apa lagi nyiapin bahan bece para fby ?? paling2 kalo kalah argumen langsung nyerang yg punya warung

  2. power sgitu std aja dah nggilani,,,apalagi dmari byk mekanik yg suka korek2 apa gk jd 45hp,,,weleh2 sgt brbahaya jk yg nyemplak rider blm dewasa dlm brkendara,,,ngeriii

  3. kalau harganya murah, yang beli dikendalikan mesin n bukannya mengendalikan mesin, lumayan bisa menurunkan populasi manusia.

    • Percuma kowe bc sabendino mbah,lhawong tambah banyak saja yg beli cbsf,motor kencang je,justru makin hari makin kliatan bosoknya motor pujaanmu newvikong:mesin ngebul,girbok rompal,velg gampang pecah,shock gampang patah,digaspol mesin malah mogok

  4. Masak iya motorfairing seharga 50juta chassing sama finishing sekelas vegaZR,dah gitu powernya disunat lagi
    *lirik Rdua5

  5. tapi liatspek deh..tahun 1988 dah ada motor sesadis itu???spek rem blakangnyaaaa…woww bgt masih drum…jadi sama spek motorr2 skarang saya rasa tak perlu deh DDB…apalagi ABS..apalagi power <20hp…. yg 40hp jjaa masih tromol gapapa.. bener gak om hehhehe??

      • Ya belum toh om..klu 2017 baru keluar apa merk yg lain udah pada brojolin 250 4silinder? Kcuali ahm mulai sekarang sdh nyiapin amunisi jg. Buat antisipasi 4 silinder merk lain. Lumayan hp besar buat ngurangi alayer.

          • motor 36 ps aja ada diangka 53 jeti, yg 40an mo diharga berapa? Info dr kang iwb, dh pake usd pulak.. soal kemampuan bikin mesin gak diragukan lagi klo honda global, masalahnya price nya mau brpa… klo sampe harga 50an pasti diragukan entah kualitas body atw part2 pendukung lainnya…

        • Begitu pun K, Y, S, pada jaman itu pun juga masing-masing punya gacoan 250cc 4 silinder.

          #Biasa aja ah
          #ealah

  6. wet weight cuma 153? gilaaaaaaaa. pwrnya maut kie lek power std 40. Ndanio klo di tune tembus 60. moncrot2 dah… cbr jomblo std 24 tune up tembus 47 . lha kalo yang twin ini 40 ditune up tembus 60 an. Gile lu ndrooooo.

  7. Yakin lek powernya 40hp? gak kebamyakan nih?? ntar PHP doang lohh!! browsing2 vtr 250 di luar, powernya cm 32an …

  8. Pasti ada kalimat : ‘ kalau H mau bisa saja blablabla…’
    Ninja 250 generasi awal tahun 80an mesinnya dalam kondisi std 39hp. Berarti kalau K mau juga bisa dong blablabla…

    #Biasa aja ah
    #ealah…

    • Kalo masalah power kalo cuma di bikin 40hp bahkan 50hp pun saya percaya h.s.k.y bisa. Ilmu tuning mesin mereka itu udah tinggi banget, wong udah di balap tingkat dunia dari tahun2 kapan.. yg saya ragu itu mereka bakal mengeluarkan produk masal berpower besar yg memaksa produk itu menggunakan material yg lebih bagus(baca: mahal, nambah biaya produksi) dari produk sejenis dgn power biasa2, dengan harga yg sama..
      Berpikir realistis aja lah. Mereka itu ngejar profit.. prinsip ekonomi berlaku disini.

      Nb. 40hp mungkin terjadi jika nanti harga cbr250 2cyl v seharga 80jutaan up

  9. Gw tantang nih yg punya blog, berani gk bilang nih ‘ahm bikin sport 40 hp? itu tidak mungkin’. xixixixi
    mana mungkin berani bisa hilang pekerjaan la. ya kan tong

  10. Heran baca blog otomotif sana sini pabrikan motor indonesia saling berlomba soal power, emg mau dibawa lari kmn power segitu gede. Jalanan indonesia gmn se kualitasnya, tanah yg ga stabil di injak kendaraan berat, sana sini lobang, masuk jln kampung dikit2 polisi-molor, padetnya pengguna jalan,dll. Power segede itu pantesnya di arena balap, toh paling kenceng 140kpj buat di jln raya itupun klo sepi,mlm hari,jln mulus,lurus itu aja udh deg2an krn safety yg dipakai seadanya. dg power2 motor sebesar itu takutnya anak muda semakin sulit kontrol diri sehingga justru smakin byk balap-liar, drag-race liar, knalpot suara besar smakin menjamur. Buat gw yg penting nyaman dikendarai harian dan juga jarak jauh, qualitas bahan yg dipake jd tahan lama,irit bbm power sekalas naked vixion,cb150 juga udh cukup lah di jln raya.

1 Trackback / Pingback

  1. Mungkinkah Sport Honda 250 cc (K64A) Bertenaga 39 HP ? | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan