Ada yang Tahu Berapa Jumlah Kampas Kopling Motor MotoGP ???

motogp-bikes-2014

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Setelah kita mengetahui bahwa power dari semua motor motogp adalah lebih dari 240hp, tentunya pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mentransfer power tersebut menjadi gerakan roda yang efisien. Pada motor sport standar harian yang biasa kita pakai, dengan power 17-32 ps saja kampas koplingnya ada 5-6 buah, untuk mentransfer tenaga yang dihasilkan ruang bakar ke roda. Lalu engine motogp dengan power sebesar itu, butuh kampas kopling berapa buah ???

Berikut ini penampakannya

clutch motogp

Ada berapa tuh bro ???

Ada 8 buah kampas kopling, kok ya nggak beda jaug dengan motor sport di sini. Bentuknya juga mirip dengan kampas kopling kebanyakan motor di Indonesia, termasuk motor bebek. Apa memang desain seperti ini yang paling efisien ???

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

Advertisements

15 responses to “Ada yang Tahu Berapa Jumlah Kampas Kopling Motor MotoGP ???

  1. kok bagusan kampas cryptonku …

    itu pasti rcv buosoookkkk …..

  2. itu dari motor apa dulu, kalo diliat dari chassis sepertinya bukan punya Yamaha yg identik warna item.

  3. kalo moto gp kan pakai dry clutch, beda ma motor harian…

  4. Pak saya sekedar membantu mengkoreksi saja ya. Gambar kedua pada artikel bapak diatas bukan berasal dari motor kelas Motogp namun dari kelas Moto2 milik team Tech3, kode motornya Mistral 610 tahun ’14. Setelah check ke situs Photo.gp dimana sang fotografer yg mengambil gambar trsbt (Scott Jones) juga mengungkapkan bahwa kemungkinan besar ini motor moto2, (watermark yang ada di foto trsbt berasal dari situs milik David Emmet bernama Motomatters.com yang bekerja sama dengan fotografer freelance Scott Jones yang memiliki situs khusus dia sendiri dengan nama Photo.gp).
    http://photo.gp/2014/09/19/moto2-clutch-disassembled/

    Itu dari segi teknis, untuk menambahkan dari segi visual yang membuktikan bahwa itu motor moto2 adalah pada sepatbor samping kanan depan bertuliskan Nissin, dimana dua huruf “s” berwarna merah dan sisa hurufnya berwarna biru, meskipun tulisannya blur namun dibandingkan dengan foto ini memang itu adalah dari motor yg sama http://super7moto.com/directorio/images/2014/Campeonatos/CEV/MISTRAL_610.jpg

    meskipun pada pemegang dan baut subframe atas ada perbedaan sedikit namun kemungkinan besar itu sudah menerima update pengembangan karena foto kopling-kopling diatas di foto pada seri Le Mans Perancis. Dan Tim yang menggunakan rem Nissin pada kelas motogp hanya tim Gresini, dan sasis plus mesin sama sekali berbeda dgn gambar diatas (oleh karena itu saya menyimpulkan ini bukan dari kelas motogp)
    http://www.cycleworld.com/wp-content/uploads/2014/05/MotoGP-Tech-photos-5.jpg

    mengapa bentuk, dimensi, dan susunan kampas koplingnya mirip dengan motor produksi massal? mungkin jawabannya karena mesin yg digunakan untuk kelas moto2 memang berasal dari mesin produksi massal Cbr600rr yang di tune ulang untuk kebutuhan race.

    Sebelumnya saya minta maaf apabila komen pertama saya di blog bapak (yg saya hormati) terlihat sedikit lancang namun jujur saya hanya pure ingin membantu mengkoreksi saja agar kedepannya tidak salah info. terima kasih pak..

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan