Dari Pada Tahun Baru 1-1-2015 Diisi dengan Hura-hura, Lebih baik Kita Merancang Program Hidup Untuk Tahun 2015

success-improvement-graphic

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Nanti malam tanggal 1 januari 2015, sering disebut malam tahun baru. Biasanya malam tersebut kita isi dengan banyak hal yang tidak bermanfaat, bahkan mubadzir, buang2 duit. Itu masih mending, banyak juga yang merayaknnya dengan menggelar pesta maksiat, naudzubillah , semoga kita dijauhkan dari hal tersebut. Oleh karena itu, ane lewat artikel ini mau mengajak bro2 semua untuk mengisi waktu mulai dari tanggal 31 desember 2014 sampai dengan tanggal 1 januari 2015, dengan kegiatan yang mudah2an sangat bermanfaat.

Ane menyatakan bahwa ane bukan orang yang telah berhasil menjalankannya, tapi mungkin apa yang akan ane tulis ini bisa bermanfaat, untuk ane pribadi juga untuk bro semua. baik marilah kita mulai…

Pertama

Bertanyalah kepada diri kita, sebenernya apa visi-misi dan tujuan hidup kita. Apakah kita punya visi-misi-tujuan hidup ? Kalau tidak punya, ya harus dibuat mulai saat ini, misalnya

Visi

Agar menjadi orang kaya, atau

Agar menjadi orang yang berbahagia di dunia, atau

Agar menjadi orang yang berbahagia di akhirat, atau

Agar menjadi orang yang berbahagia di dunia dan di akhirat

Itulah contoh visi hidup kita, silahkan membuat visi sendiri2. Berikutnya untuk mencapai visi tersebut tentunya kita harus merancang beberapa misi strategis, misalnya :

  1. Sekolah yang bener
  2. Belajar bisnis
  3. Kerja yang bener, ngumpulin harta sebanyak mungkin
  4. Beribadah yang bener dan lain2

Selanjutnya kita buatlah beberapa tujuan jangka pendek, menengah dan panjang. Untuk hal ini sifatnya fleksibel silahkan diatur sendiri.

 

Kedua

Lakukan evaluasi diri, dengan melihat apa yang ada pada diri kita dan apa yang sudah kita kerjakan di tahun yang lalu. Apakah kita banyak melakukan kebaikan atau banyak melakukan kesalahan atau tidak melakukan apa2. Yang jelas apa yang kita lakukan di tahun yang lalu harus dicoba untuk dianalisis, sampai sejauhmana dampaknya bagi kita, keluarga kita dan masyarakat kita. Kita harus menemukan masalah-akar masalah-alternatif solusi dari kejadian2 yang telah menimpa kita. Kemudian kita juga harus melengkapinya dengan mengetahui apa yang akan menjadi acuan kita untuk membangun hidup kita di tahun 2015 nanti, acuan2 tersebut adalah :

  1. Kita punya kemampuan/kelebihan apa ??
  2. Kita punya kekurangan apa ??
  3. Kesempatan apa saja nanti di tahun 2015 yang akan kita manfaatkan untuk membangun diri kita
  4. Ancaman apa saja nanti di tahun 2015 yang bisa menghancurkan kita

Dari perhitungan dan analisis 4 acuan tadi, solusi alternatif dari masalah2 yang lalu dan dengan disinkronkan dengan visi-misi-tujuan hidup kita, maka dirancanglah kegiatan apa saja yang akan kita lakukan pada tahun 2015.

 

Ketiga

Dari beberapa kegiatan yang sudah kita rencanakan untuk kita kerjakan di tahun 2015, maka kita harus memilih mana kegiatan yang dampaknya paling siginifikan buat masyarakat banyak, buat keluarga dan buat diri kita sendiri. Setelah itu masing2 kegiatan harus kita buatkan panduan (supaya terarah dan tidak lupa), yang mana dalam panduan tersebut minimal terdapat 7 item, yaitu :

  1. Apa yang melatar belakangi¬† kegiatan yang akan kita kerjakan. Apakah memang karena sebab itu? Atau sebab yang lain. Misalnya kita ingin lebih belajar agama, apakah karena memang ingin agar ibadahnya menjadi baik dan benar dan diterima oleh Allah SWT, atau karena ingin mendekati anak kyai (riya’)
  2. Melihat rasionalitas kegiatan tersebut, Apa iya kalau itu saya lakukan, permasalahan saya akan selesai ? Misalnya, apa iya kalau saya bekerja dengan giat dan menjadi orang kaya (misi) saya akan bahagia (visi).
  3. Kita harus tetapkan tujuan dari kegiatan ini di tahun 2015. Mungkin di tahun 2016 tujuannya akan berbeda, tergantung level-nya
  4. Kita harus mengetahui bagaimana kegiatan ini akan dilaksanakan
  5. Kita harus menghitung berapa tanaga-waktu-pikiran yang harus dicurahkan untuk menyelesaikan kegiatan ini
  6. Kita harus menjadwalkan kapan kegiatan ini dimulai dan kapan selesai
  7. Dan yang terakhir adalah, apakah kegiatan ini layak dilanjutkan pada tahu berikutnya atau tidak. Hal ini bisa diketahui dengan mengevaluasi proses-hasil dan kibat dari kegiatan ini.

Gimana bro ???

Kalau memang bro2 semua, melakuan langkah pertama-kedua-ketiga dengan seksama, insyaAllah ane jamin, waktu ente dari sekarang sampai besok pagi akan habis untuk merancang kegiatan apa yang akan dilaksanakan tahun depan. Nggak akan sempet kepikiran untuk mengisi malam tahun baru dengan kegiatan yang tidak bermanfaat.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

9 responses to “Dari Pada Tahun Baru 1-1-2015 Diisi dengan Hura-hura, Lebih baik Kita Merancang Program Hidup Untuk Tahun 2015

  1. kalo ane ga hura hura…
    cuma main kartu, trus minum minuman alkohol, sambil nyemil, sambil nyiapin duit…. #eh

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan