Sekilas Analisis Kekalahan Marc Marquez di MotoGP Brno 2014


first dp podium in 2014[sumber]

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


MotoGP Brno 2014 sudah berahir dengan Dani Pedrosa sebagai jawaranya. Semua yang tampil di podium merasa sangat senang dan gembira, meskipun tetep honda (HRC) yang podium 1, yang penting bukan Marc Mrquez. Sepertinya sudah tampak sentimen yang sangat tinggi antara para pembalap papan atas terhadap MM. Maklum bro, MM juara 1 sepuluh kali berturut-turut membuat pembalap yang lain merasa bodoh. Nah begitu MM berhasil mereka kalahkan, barulah mereka kembali percaya diri bahwa mereke tidak bodoh, tidak amatir dan pantas untuk diperhitungkan, makanya mereka sangat gembira sekali.

Tapi (menurut ane) balapan kemarin memang tidak seperti biasanya. Performa mm setelah lap ke-10 terlihat begitu inferior dibandingkan dengan 3 rival2nya yang berhasil podium. Tentunya banyak pertanyaan diantara fans mm juga penonton lainnya,

“Kenapa MM begitu mudahnya diliibas oleh Valentino Rossi dan tidak berhasil mengenjar 3 pembalap di depannya. Padahal di 10 race sebelumnya, kondisinya terbalik yaitu begitu mudahnya mm meng-overtake dan meninggalkan semuanya”

Sebelumnya mari kita lihat kebelakang :

1. MM merupakan pembalap yang sangat mahir, jangan memperhatikan perkataan komentator yang nggak pernah balapan, tapi dengarkan komentar dari para pembalap profesional lainnya, seperti VR, Mick Doohan, Coolin Edward dll

2. MM merupakan petarung sirkuit, ia tidak pernah gentar dengan siapapun. Baik saat ingin meng-overtake maupun saat di-overtake

3. MM terkenal sebagai pembalap yang tenang baik saat tertinggal maupun saat leading

4. Setting motor rc213v sedang on top, terbukti 10x juara, 10 pole position

Tapi kok bisa kalah ?

Bisa saja, mari kita perhatikan potongan gambar ini dan kita analsis bersama :

1. Setelah start, posisi mm merosot ke posisi-6. Hal ini sudah biasa, dan kemudian mm mulai merangsak maju ke depan, bahkan sampai bisa meng-overtake VR dan Iannona. Berarti setingan motornya ok, (atau meskipun katanya kurang ok, namun mm berhasil menutupi dengan skill-nya).

ae n mm overtake

2. Pada lapk e-4, mm sempat bersentuhan 2x dengan ianonne. Akibat sentuhan ini belum ada yang mengklarifikasi. Tapi menurut ane sentuhan ini (bisa saja) mengakibatkan turunnya performa dari beberapa perangkat kontrol pada lap2 sesudahnya. Sentuhan pertama

ae n mm touch 11

Sentuhan kedua

ae n mm touch 22

3. MM berhasil mendekati JL. Sepertinya akibat sentuhan itu tidak atau belum berpengaruh terhadap performa mm dan motornya

jl n mm time-gap reduce

 

4.  Satu lap kemudian mm mulai lemot, paling lemot diantara jl dan dp. Terlihat sebelum disalip vr, mm sering melebar dalam melibas tikungan, topspeed di trek lurus juga kalah. Tampaknya setingan motor mm mulai kacau, mungkin akibat sentuhan2 tadi

mm slowest

5. Bahkan yang sangat tampak adalah di trek lurus pun kalah dari vr, aneh kan padahal shifting SSG pada rc213v mm jauh lebih cepat dari M1-nya vr.

vr faster tahn mm

6. Akhirnya vr bisa meng-overtake mm, dan tak mampu dikejar lagi oleh mm. Berarti motor mm saat itu bener2 sedang memble. Meskipun demikian dengan mengandalkan skill-nya mm tetap bertahan pada posisi-4 untuk tetap cepat dan tidak jatuh. Pernyataan ini mengindikasikan bahwa motor + ban dalam kondisi kurang fit.

vr overtake mm

7. Terlihat bahwa mm masih cukup senang karena yang menjadi juara adalah team-mate nya, dani pedrosa.

dp n mm toast

8. Kemudian tanpa merasa kecewa (tidak tampak sedih dan marah), mm dengan serius menceritakan kondisi motor saat balapan

mm motorcycle trouble

5. MM menyatakan bahwa ” Seting motor-nya nggak sip seperti biasanya, 13 poin dah bagus daripada jatoh, yang penting adalah juara dunia, bukan menang paling banyak.

Kesimpulannya adalah :

Setingan motor rc213v milik mm memang tidak sempurna, tetapi seperti biasanya mm merasa kuat setelah di lintasan. Tetapi performa motor drop di pertengahan lomba, hal ini tidak biasa. Bisa jadi terdapat perubahan setingan atau kerusakan sistem elektronik akibat sentuhan dengan Iannone. Dengan kondisi setingan kacau, mm dengan skill-nya berusaha untuk tidak jatuh dan dapat posisi-4, lumayan 13 poin.

Jika memang terjadi gangguan perangkat elektronk, akibat benturan dengan iannone mengapa tidak dipablis seperti kasus pedrosa ? Karena :

  1. Kekalahan 1 kali di Brno ini tidak mengubah posisi mm sebagai “kandidat juara dunia 2014”, nilainya masih jauh dari posisi-2 dani pedrosa (77 poin). Masih ada 7 race lagi untuk mendulang poin lebih banyak.
  2. Mempablis kelemahan ini, sama saja dengan memperburuk citra HRC.

Jadi santai saj
a, cukup bilang ” Setingan motor belum pas”.

Sekian, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

Advertisements

42 responses to “Sekilas Analisis Kekalahan Marc Marquez di MotoGP Brno 2014

  1. Pertamax……..tumben sepi

  2. Kirain mau bilang MM mulai mengapliksasikan ECU open dorna.

  3. Banyak kemungkinan 😀

  4. Berbau team order nih 😀

  5. ini analisa yang aku tunggu…. terimakasih om

  6. Absen ah??biasanya cuman baca info nya sj……:-D

  7. mantab ulasannya pak.. paling seneng yang pertama.. jangan percaya dengan komentator yang belum pernah balapan..

    http://sijidewe.com/2014/08/18/dibalik-kegagalan-marc-marquez-raih-podium-ke-11-motogp-brno-2014/

  8. adakah pengaruh batasan jumlah mesin ?
    mungkin mesin 2nd.. hehe..

  9. Sama kaya cewek cantik kang klo kesenggol kaya ada rasa merindingnya Gitu,jadi motor Mm juga gitu klo senggolan sama lawan

  10. mungkinkah intervensi dorna, demi intertaiment ?

  11. bilang marc “tunggu di silverstone”.!!

  12. jiwa yg mulai matang, menang gk sewenang wenang (sombong) kalah tanpo ngasorake (tdk meremehkan), namanya jg kompetisi jk menang tdk usahlah mnyombongkan diri d meremehkan lawan, jk kalah ya harus lilo legowo dg komit belum waktunya menang.
    yg repot sudah kalah ttp ngeyel pingin mnang dg menghalalkan sgl cara, ini ciri kerakusan dan ktamakan

  13. Diantara para rider motogp yg pernah gue saksikan sejak 2008 sampe saat ini, MARK MARQUEZ adalah yg paling DEWASA (mental, berfikir dan bersikap)

  14. Pendekar Syair Berdarah

    ya dengan kekalahan marquez kemaren, mereka menganggap marq udah habis, terutama fansboy sebelah…

    😀

    padahal tidak merubah situasi, marq masih yg terbaik dan pemuncak klasemen yg mustahil dikejar kecuali dia crash 3x

    😀

    ayo marq rebut lagi permen nya…

  15. Ternyata dia hanya seekor keledai tanpa ssg harrom !! Modiyarr cocote !! Fix pembalap dengan skill dewa tetep rossi & lorenzo !! Ngoahahahahahaha…

  16. Jatah nasi aking fbh dikurangi 1 ember , dengan kekalahan marberruk !! Ya buat berbagi dengan bebek yg sama2 makan nasi aking !! Ngoahahahahahaha…

    • bener2 keliatan kayak apa orang ini kalo di alam nyata..sepertinya hatinya banayk di isi kebencian hatinya,…terlihat dari komentnya yg slalu ngomporin..bukan sekedar guyon lagi..perlu di ruqiyah…semoga diberi hidayah ..aminn

  17. Maklum teknologi body getas tas kresek kiwir_kiwir … Kesenggol aja rusak !! Hondah di lawan protol kabeh coy !! 😀 Ngoahahahahahahaha…

  18. Gerombolan kutu salon pimpinan pak cakil kebakaran pantat atas kekelahan marberruk !! Modiyarr cocote … Ngoahahahahahahaha… 😀

  19. penggemar speeds

    berarti besok2 pembalap lain bs sekongkol buat ngalahin markes, ada yg senggol2 markes trus ada yg salip markes, habis dah markes….
    muosok motor yg katanya cuanggih, shifting gearnya pake SSG yg plg cpt sedunia akhirat, bisa memble cuman sebab senggolan sdikit gtu,
    jaman Rainey, doohan n schwantz, kalo cmn senggolan gtu sih sampe selusin kali pas race…
    gmn mbah dosen??

    • maklum bro, kebanyak kontrol elektronik, jadinya ringkih
      pernah lihat film fast&fourius ? mobil sekarang/canggih dikasih kejut listrik aja sudah berantakan sistemnya, padahal nggak disenggol lho
      kalo mobil jaman dulu, yang pake distributor dan manual-mekanik, nggak bakalan kaya gitu

      • ¤¤¤ mboh darmo ¤¤¤

        berarti honda motor canggih dong?? lha motor yg laen trus piye? apa yamaha ,ducati, dll itu bukan motor tehnologi canggih jg??

  20. Mungkin menjawab pertanyaan org kalau dikasi motor lemot bisa menang gak ? nah itu di kasih settingan lemot masih bisa fight. hehehe

    btw ane berpendapat yah, ada satu namanya Team Destroyer, Gaya ini juga dikenal menghalangin lawan dengan 2 org dalam 1 tim berdampingan selama balap, dimana satu org didepan dan temannya (dibelakang) menghalangi lawan, persis kejadian marquez diawal lomba sulit menyalip. Pada rame2 nge-bully kali ya krn menang terus 😛 IMHO

  21. Komentar pemabwa acara trans7 nya yang ngaco..

  22. artinya mm ngak tenaga waktu nyalip ianone?

    sehingga berbenturan, atau iannone yg ngak mau ngalah? karena ingin nunjukin dia bisa ladeni mm?

  23. Penggemar Ninja

    mudah2an pembalap motogp ada yg baca..:D

    klo mau menurunkan performa motornya MM, senggol aja, electronicsnya jadi keganggu..:D

    sama kek Pedro, disenggol MM, jadi jumpalitan..

    Piss

  24. kalu mm lagi coba ecu open di race kemaren (jika),

    artinya kekuatan ecu dari benturan msh lemah, sehingga program jadi error

    perlu protection yg lebih baek

  25. kelas komentator yg di kotrak yamaha aja gak usah dan gak perlu didengerin disinyalir>> toh dy gak bner2 bisa balap,
    Atau misalpun pembalap saat ini udah ngga lagi,.
    lha apalagi kelas2 modar
    wkwkkwk

  26. kalo diliat sih dari abis warm up lap, mm uda liat-liat motor. klo kita mah gtu berarti ada yang ga beres

  27. bekas raider jalanan medan

    gpp sekali2 kalah MM toh yg no 1 juga tetep seteamnya dp alias honda juga yg menang biar seru namanya juga mesin suatu waktu pasti ngulah juga mas bro …..

  28. sebenarnya aku suka juga balapan motor tp takut, lain balapan mobil,, !

  29. nabawi umardani

    KOMENTATOR AGAN NGALAHIN KOMENTNYA JOKO LELONO,, USUL KE TRANS7 KOMENTATORNYA BALIK KE MATTEO AJA DEHH,, LEBIH BAS DAN NENDANG

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting