Puasa Romadhon dan Hobi Motor


Bismillahirrokhmaanirrokhiim

Assalamu’alaikum wR wB

Sudah dua hari kita berpuasa (Muhammadiayah 3 hari). Di antara rahasia dan hakekat puasa/shiyam Ramadhan dapat disimpulkan menjadi tujuh perkara yang dapat dirasakan kenikmatannya dalam ibadah Ramadhan. Salah satunya adalah “Menahan Seluruh Anggota Tubuh Dari Perbuatan Dosa”
Hakikat ini terkandung dalam beberapa amalan, khususnya :


  1. Memejamkan mata dan mengekangnya dari melihat yang diharamkan Allah,
  2. Menjaga lisan dari perkataan yang berdosa dan kotor, jelek dan menjijikkan,
  3. Menahan pendengaran dari mendengarkan apa saja yang tidak disenangi menurut ukuran agama, karena setiap perkara yang haram diucapkan maka menjadi haram pula mendengarkannya,
  4. Menahan tangan dan kaki jangan sampai mengerjakan hal-hal terlarang dari segi agama,
  5. Demikian pula menahan perut dari memakan apa-apa yang haram dan syubhat. Sebab apabila orang yang berpuasa memakan sesuatu yang haram atau syubhat berarti sia-sialah puasa yang dikerjakan.

Jika semua ini telah difahami dapatlah kita mengambil kesimpulan sesuai dengan apa yang telah dipesankan oleh Nabi Muhammad Saw dalam sabdanya:

كَمْ مِنْ صَا ِئمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صَوْمِهِ اِلّاَ الْجُوْعِ وَالْعَطَشْ
“Banyak sekali orang yang berpuasa, padahal dia tidak dapat hasil apa-apa dari puasanya kecuali lapar dan haus saja.“ (HR. An Nasa’i dan Ibn Majah)

Terkait dengan hobi seseorang terhadap sepeda motor, maka untuk menghindari perbuatan yang sia-sia di atas, maka sangat baik untuk belajar menambah ilmu tentang permotoran, malakukan perbaikan sepeda motor sebagai wujud syukur dengan nikmat tersebut, bahkan jika mampu dapat membantu orang yang motornya sedang bermasalah. Bagi yang suka mempelajari teori-teori tentang mesin/engine kebetulan motogokil sudah menulis beberapa artikel mulai dari yang ringan sampai yang berat yang bisa dilihat di bagian ini

motogokil teori

Bagi yang ingin mengetahui caranya menghitung performa engine, ada di page “ITUNG2AN” bagi yang mau mengetahui dan memahami beberapa aspek tentang engine bisa dilihat di page “SIE”.

Sedangkan bagi yang ingin coba-coba praktek kecil-kecilan atau yang kelas berat sekalian, bisa melihat di page “DIY”

motogokil praktek

Kalau nge-klik DIY saja, maka ada beberapa meteri umum. Tapi jika di-klik pada motor tertentu maka, akan ditemukan beberapa artikel khusus mengenai praktek pada motor tersebut.

Dengan belajar-membaca juga praktek sesuatu yang bermanfaat, maka kita akan disibukkan dari perbuatan dosa. Dan jika ingin bernilai ibadah maka sebelum membaca blog, atau praktek bongkar-pasang mesin, selalu didahului oleh

  1. Bismillahirrokhmaanirrokhim
  2. Diniatkan bahwa kegiatan tersebut untuk menambah ilmu/menghindari dari dosa, “SEMATA-MATA UNTUK BERIBADAH KEPADA ALLAH SWT DAN MENGHARAP KERIDLOAN NYA”

Buat yang beragama Islam ane ucapkan Selamat menunaikan ibadah Puasa Romadlon, semoga dengan puasa ini Allah SWT mengampuni semua dosa-dosa kita dan meningkatkan derajad keimanan dan ketaqwaan kita semua, sehingga kita terbebas dari azab neraka dan mendapat kenikmatan syurga di akhirat kelak, aamiiin ya robbal ‘aalamiin.

Semoga artikel ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

Advertisements

0 responses to “Puasa Romadhon dan Hobi Motor

  1. Adem bener…..

  2. petromax kah om gokil…

    Amin semoga kita diberkahi di ramadan ini. Amin.

  3. Terlempar keduax ternyata kawan2.

  4. Artikel apa ini ?? ____ # gak mutu blass 😀

  5. otak ente yg ngak bermutu…
    ente ini atheis yah…

  6. dibikinin artikel penyejuk jiwa…malah ngeyel…dasar mbah darmodiar…sarap ente

  7. Om motogokil ada artikel pembacaan hasil dyno yg lebih lengkap ?

  8. hawa sejuk …
    cessss adem bener…

  9. Menularkan ilmu yang bermanfaat Inyaallah pahala yang terus mengalir.. Aamiin., terus semangat Pak Dosen.

  10. Om Motogokil, Ada Artikel Soal Turbulensi di Intake & Exhaust gak ??

  11. Aaamiiinn,,selamat menjalankan ibadah puasa khusus untuk pak iwan selaku punya warung dan semua sahabat komentator di warung ini..
    Semoga antum diberi kesehatan pak iwan, terus berkarya

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting