Sudah Dekat Waktunya Super Sonic 150 DOHC Keluar

Diposting pada

super sonic dohc [Sumber]

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Melihat keberhasilan penjualan suzuki satria fu yang bisa tembus 50 ribu pertahun, sepertinya menjadi pertimbangan penting untuk ikut memeriahkan pasar bebek hyperunderbone. Maklum bro pabrik motor juga cari untung, kalau ada pasar yang sudah keliatan untungnya, mengapa harus menunggu lama. Apalagi sekarang harga satria fu sudah menyentuh 20 juta-an.

harga satria fu [Sumber]

Dengan harga satria fu yang lebih dari 20 juta, memberikan space harga bagi AHM sehingga bisa berkreasi dengan mencangkokkan engine cb150r ke sasis CS1. Pekerjaan ini sangat mudah, karena baik cb150r dan CS1 sudah siap (sudah matang diriset), pekerjaan kecil tambahan adalah memposisikan mesin dohc 150cc supaya mendapatkan CoG yang sesuai. Kemudian dilanjutkan dengan perancangan bentuk fairingnya, jika seperti sonic lama mudah sekali karena cetakannya sudah ada, jika bentuk baru tentunya akan makan biaya dan waktu.

Perkawinan antara sasis CS1 dan mesin cb150r sangat mungkin dihargai sekitar 20 juta-an. Hal ini karena saat ini harga CS1 18.2 juta, sehingga wajar jika mesin CS1 dituker dengan mesin cbr150 tambah 2 juta. Dan lagi dengan model sonic tentunya akan mengurangi bahan untuk fairing, jadi ada pengurangan harga dari sisi fairing. Yang mengalami kenaikan adalah dari besarnya ban yang mungkin akan naik 1 step dan perubahan bentuk garpu depan dari bebek ke sport + penerapan pgmfi.

Jika super sonic berhasil menarik minat kaum muda, maka ada beberapa bagian market share baik dari honda maupun rivalnya yang akan digerogoti. Calon user cb150r berbadan kecil, akan cocok dengan super sonic. Migran dari bebek yang ingin memilih bebek 150cc bisa pilih fu atau super sonic. Yang jelas pasukan sport honda akan tambah satu jenis untuk mengeroyok sang rival.

Bagi bro-bro yang kepengen bebek kenceng, kecil, pendek, enak ditekuk-tekuk memecah keramaian lalulintas padat, bisa menunggu. Kalo ngga sabar, tebus aja CS1 seken seharga 8-10 juta, juga tebus segelondong mesin cbr150 atau cb150r seharga 4-5 juta, dah bisa bikin bebek dohc.

Apa sudah ada bocoran lebih lanjut bro, dari kang Taufik dan kang IWB????

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

0 thoughts on “Sudah Dekat Waktunya Super Sonic 150 DOHC Keluar

  1. Dari dulu honda tuh kurang kreatif dan inovatif. Itu terbukti di tempo lalu dan skrg. Yamaha mengeluarkan matic dan laris manis, honda ikut mengeluarkan matic. Suzuki mengeluarkan satria fu dan laris manis juga, honda berencana akan mengeluarkan motor jenis yg sama seperti satria. Mungkin honda takut ga laku ya, contoh CS 1, itu motornya inovatif tp memble penjualannya. Honda payah ah,,

    1. Honda paling kreatif cuma AHM perlu ditabok dulu baru kerasa. Thanx buat yamaha uda nabok pake vixion,suzuki dngn fu,kawak dngn ninja.

      1. ane kira mirip Fu, ditanggal sekarang ke selera model firing, kan orang indo paling seneng dikasih penampakan yg racy look…

  2. iya tuh, dominsai FU segera tergoyang, andaikata ane berbody kerempeng kek jokowi, niscaya ane pilih Fu…

  3. Pendapatku kalo ini mbrojol,bkal kegerus cb150,speedfreak budget 20jtan pindah ke sonic150,y demen ganteng gagah tetep new vixion y kemungkinan uda lengserkan kepala sinchan

  4. sekedar mengingatkan kembali……

    prinsipnya jika memilih mesin motor hi performance jangan terlalu berpatokan besaran powernya, yang perlu diperhatikan adalah:

    1.liat besaran torsinya, jika torsinya besar dan diperoleh di rpm paling rendah semakin baik, krn potensi torsinya semakin besar jika peak torsinya digeser ke rpm yg lebih tinggi.

    2.panjang strokenya, semakin pendek stroke tp torsinya paling besar dirpm rendah itu paling baik, krn nafasnya lebih panjang.

    3.reduksi total tiap gearnya (jika torsinya paling besar biasanya reduksi gearnya berat) semakin berat semakin baik. krn rpm rendah aja udah kenceng, jd iritnya dapet, kenceng juga dapet.

    4.terakhir harga, yg harganya paling terjangkau itu yang paling oke.

    jika torsinya besar dgn stroke pendek serta reduksi gearnya berat biasanya kualitas materialnya juga diatas rata-rata. begitu masbro….

    dipersilahkan jika ada pendapat lain yang menyanggah atau menambahkan pendapat saya. kita sharing aja…… πŸ˜‰

    1. sebagai contoh acuan saja, sesuai dengan fakta dan data yang ada. semua kembali ke selera masing-masing…..

      1. pertama kita musti mengerti dari mana torsi itu dihasilkan.
        torsi itu didapet dari momen puntir crakshalf, balancer/kopling ganda dan magnet. semakin berat ketiga part tsb semakin besar torsinya begitu pula sebaliknya semakin ringan ketiga part tsb semakin kecil torsinya.

        pada kondisi tertentu, power itu berbandin terbalik dengan torsi. semakin kecil torsinya semakin besar powernya begitu pula sebaliknya.

        nah kebanyakan motor sekarang diseting reduksinya ringan, torsinya kecil, powernya besar, rpm dibuat setinggi-tingginya. nah apa yg terjadi, boros bbm meskipun sudah injeksi dan mungkin kualitas materialnya dibawah rata-rata.

        1. saya kira tidak seperti itu, torsi dihasilkan dari ledakan bahan bakar di ruang bakar. semakin banyak bahan bakar yang terbakar torsi semakin besar. tapi bukan hanya itu, komponen torsi juga menyangkut panjang langkah piston, dimana semakin panjang stroke torsi makin besar. torsi adalah gaya x jarak( jari-jari) gaya ke suatu titik pusat. gaya didapat dari ruang bakar, jarak itu adalah jarak pen kruk as ke titik pusat yaitu as dari kruk as itu.

          torsi ini berubah-ubah seiring dengan rpm, karena karakteristik dari mesin bakar itu, dan akan optimum di rpm tertentu, lebih dari itu torsi akan turun karena tinggi nya rpm menyebabkan gaya yang dihasilkan tidak sejalan dengan momentum dari engine, yang dipengaruhi berat bandul, magnet dll itu.

          sedangkan power, dalam komponen power ada satuan waktu. ya, power adalah jumlah total gaya yang dihasilkan dalam satuan waktu. karena jarak pen kruk as sama, maka gaya ini sejalan dengan torsi. semakin besar torsi, dalam mesin yang sama, maka power makin besar. karena dalam satuan waktu, makin tinggi rpm maka makin banyak ledakan yang dihasilkan, dan power adalah jumlah dari gaya x ledakan ruang bakar. jadi, semakin tinggi rpm makin besar power yang dihasilkan. sampai pada suatu titik optimum, dimana kenaikan rpm tidak mampu mengimbangi penurunan torsi, akibat nya pada rpm terlalu tinggi power bisa turun

          1. super sekali…..
            jika menggunakan stroke panjang juga harus melihat material silinder mesin, untuk mesin produksi masal batas speed piston 21 m/s, jadi stroke yg panjang batas rpm maksimum lebih rendah dari stroke pendek.

            contoh rumus mencari power/torsi
            horse power = torsi X rpm / 5252
            nah coba deh perhatikan hasil test dyno:
            horse power dan torsi akan semakin besar seiring rpm mesin
            pada rpm tertentu juga powe dan torsi menurun
            pada rpm tertentu ketika torsi menurun power justru naik

            saya ambil contoh velg ban sepeda ontel 20 inch sama velg enkei vario 14inch. anggaplah itu berat krukas dan perbandingan stroke mesin, putar masing2 1000rpm kemudian coba hentikan laju perputaran kedua roda tsb. mana yang lebih susah dihentikan putarannya? velg enkei kan. itu karena setelah diputar 1000rpm velg menyimpan momen puntir/torsi yg besar.

            bedanya mesin dengan bandul berat tadi akan terasa ringan tarikannya bila diseting reduksi gear berat, sedangkan mesin dengan bandul ringan akan terasa berat/ lemot tarikannya.

        2. dengan contoh yang sama, ban sepeda ma ban vario
          jika 2 ban itu dalam kondisi diam, terus kita kasih torsi yang sama pada permukaan ban, mana yang lebih ringan dan lebih cepat berputar? ban sepeda!!

          bandul berat memang berguna untuk mempertahankan kecepatan, tapi TIDAK untuk meningkatkan kecepatan. hal ini cocok ketika dipakai di tanjakan, dimana mesin dengan bandul berat akan memiliki kecepatan yang lebih tinggi karena mesin dengan bandul kecil akan drop kecepatan nya

          tapi, hal sebaliknya berlaku di jalan datar. bandul ringan akan lebih cepat akselerasinya. karena di jalan datar yang terpenting adalah meningkatkan kecepatan, meningkatkan rpm, bukan mempertahankan rpm sebagai mana di tanjakan.

          itulah mengapa sepeda balap memakai ban kecil dan ringan, sedangkan sepeda gunung pakai ban yang agak berat.
          kalau sesuai analisa bro pengamat, motor terbaik adalah motor trail, mesin pencakar tanah yang paling memenuhi syarat” itu. kenyataan nya? apakah motor trail terbaik? iya ketika di tanjakan, tapi tidak ketika di jalan datar

          1. itu benar kita sebagai konsumen hanya terima jadi insinyur mesin yang membuat mesinnya, tidak ada motor yang sangat berat dirpm rendah didesain sedemikian rupa mempunya torsi yang besar.

            pada bandul berat jika diseting reduksi awal ringan-akhir berat, juga bisa kenceng.

            jika panjang strokenya borenya sama, sama2 mampu teriak 12000rpm (mesin bandul ringan reduksi ringan) atau (bandul berat reduksi berat)
            siapa yang paling tinggi meraih topspeed?
            siapa yang paling cepat mencapai tujuan?
            siapa yang paling irit?

            sama kaya cbsf vs cbr atau fxr vs fu

    2. stroke pendek jk ingin torsi gde butuh kompresi gde (dg cc sama) jd butuh material yg bagus, bbm yg bgs jg dan efeknya harga motor tinggi jg.
      kyk scorpio meski overbore bwhnya yahud atasnya memble..
      smpai skrg blm ada motor brkarakter drbwh sampai atas bisa merata yahud smua

      1. saya melihat basis scorpio sudah cukup bagus torsinya 17,46 nm/6500rpm new scorpio, sedangkan old scorpio z 18,25 nm.
        cuma sayang strokenya 58 mm sehingga membantasi rpm atasnya.

    1. kalopun di bikin sama, ane kira ndak menggeser pasar cb150, ane kira ini kelas tersendiri, paling yg kafir kaumnya jupe, ato malah kaum Fu itu sendiri bila super sonik nanti lebih beringas…cmiiw…

  5. klo mnurut ane, FU kubikasi 148cc nah cbsf 149cc, kemungkiunan bakalan lebih power full jika gak downspek & kemungkinan menjarah pasar cbsf tetep ada jika cbsf gak ada revisi signifikan mengikuti cbr lokal nantinya sbgaimana nvl skrg dgn R15, mgkn utk 2-3 bln blm terasa tp setelah terjadi persaingan bakalan terasa jua krn porsi bakalan terpecah wlau pasar meningkat

  6. mas bro mas bro, jika ada lebel nya RS, bukanya itu type engine yg beda ama cb150? ato berarti malah down-grade? mohon pencerahanya lebel RS …

  7. Sepertinya market FU bakal tercukur banyak, super sonic yg udah FI dan berlogo sayap sengkleh bakalan menggoyang market FU. Lebih rame lagi kalo jupiMX ikut 150 juga πŸ™‚

    1. jangan mimpi mesin bencong SOHC jup3mx jadi 150cc.

      lagi pula kalau pun kluar pun jangan harap bisa mengalahkan mesin DOHC macam FU&CB150R di lintasan sircuit.(dengan syarat sama2 oprekan) πŸ˜€

      jujur saja mesin SOHC 4klep yg berkarakter torsi itu sudah di takdirkan dari lahir untuk balapan bencong 200meteran. πŸ˜€

  8. Sebetulnya saya kurang setuju jika cs1 dirubah jadi ayago.mending di buat kaya bmw gs.jok di buat langsung kedepan tangki kamuflase .jok di buka di belakang saja untuk isi bbm, jok rider tetap tdk bisa di buka.tangki dpn kamuflase di buat box penyimpan.pasti joss buat turing dng mesin dohc roda dpn 17 roda belakang 16

  9. karena si sonic ini suzuki naikin kubikasi jd 150cc di thailand sono dan sekarang dimari jd fu…

    πŸ˜€

    cs1 yg notabene mesin downgrade sonic masih mampu ngamplengin vixion 150cc…

    πŸ˜€

    ahm terlalu takut nelorin motor kencang..
    ato kasian kali ama motor sebelah

  10. dijamin tambah rame balapan liar…

    πŸ˜€

    segmen ini ada kelasnya tersendiri, ini segmen anak abg yg doyan ngebut dimana dimensi motornya yg kecil lebih mudah diadaptasi…

    πŸ˜€

    tinggal tunggu yimm dongograde mesin vikongnya buat jupri mx…

  11. rangka cs one pasang mesin cbr, musti coak rangka om
    krn silinder headnya gede, nabrak rangka dikit
    tapi hasilnya tetep oke kok,

    tapi kayaknya AHM punya rencana lain (masa iya, mau jual rangka coak lagi?)
    πŸ™‚

    1. Bisa diakalin dengan pemabahan plat tebal
      kalo pabrik sih tinggal bikin rangka yang mirip tapi agak di “benggang” kan sedikit, supaya headnya bisa nongol di sela2 underbone

  12. Eemmmm. Ane penggemar sonic. Ni mtor dr awal uda ane pantengin :v. “G beli2”. Kalo mnurut ane si kaga usa cangkok sgala macem. Tar jadi kyk honda blade. G karu2an. Mending pake rangka sonic yg dulu. Kalo kekecilan buat tempat mesin ma kan bsa d gdein. Daripada cangkok sodara ny sonic si CS1. Meskipun god larinya tapi y gitu. G laku. Untuk yg 150cc yg ini mending adopsi dari sonic 125 aja trus ganti lampunya biar g kayak blalang. Sama strip dan lekuk fairing. πŸ™‚ yg 2 yg paling utama si fairing .sTrip sama lampu depan nya. :). Kalo bisa berhasil di 3 itu ya udah ane jamin yang laen smakin ketinggalan :p hihi

  13. Si sonic bangkit dari kubur….semoga tambah cakep dah.tapi inget jangan matiin pasaran tetangga,nanti malah ngambek gak jadi ikut motogp deh.upssss…☺

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan