Power YZF R25 36 PS, Mau Tahu Dari Mana Asalnya ???

r25 merah

[Sumber : TMCBlog]

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Salah satu yang membuat yzf r25 begitu menggemparkan adalah powernya yang begitu besar, sampai menyentuh angka 36 ps. Jauh di atas kompetitor baik ninja250 (32 ps) dan cbr250 (28.6 ps), tentunya menjadi pertanyaan variabel apa saja yang mempengaruhi powernya sehingga melebihi kompetitor ? Lalu apakah tingginya variabel2 tersebut membawa konsekuensi yang harus ditanggung oleh owner-nya ?

Baiklah, mari kita lihat apa saja yang mempengaruhi besarnya power yang keluar sebuah mesin 4 langkah, berikut rinciannya :

  1. Rapat massa udara
  2. Jumlah silinder
  3. Volume silinder (cc)
  4. Nilai panas bbm
  5. Efisiensi volumetrik (VE)
  6. Putaran mesin (rpm)
  7. Perbandingan udara – bensin (AFR)
  8. Rasio kompresi (CR)
  9. Besarnya rugi-rugi mekanik dan thermal.

Banyak juga ya.

Dan atas dasar itulah dibuat perhitungan besarnya daya yang dihasilkan oleh mesin bakar 4 tak, dengan pemantik busi. Nah sekarang mari kita lihat dari mana asal power yzf r25 yang begitu sensasional…

Seperti biasanya motogokil akan menyajikan tabel ini

power yzf r25 var

Dari variabel-variabel penentu besarnya power r25, memang diseting diatas kompetitor, minimal ada 4 variabel yaitu

  1. Evisiensi volumetrik layaknya motor harian (85%). Pada tingkatan ini r25 masih bisa di-upgrade lagi untuk full race. Mungkin YIMM ingin agar R25 tidak terlalu powerfull/boros, karena dengan kondisi saja sudah di atas kompetitor, dan lagi power yang besar juga tidak terlalu berguna untuk kota besar yang sering macet.
  2. Power maksimumnya diletakkan di 12000 rpm, dari data ini saja sudah menunjukkan bahwa r25 merupakan motor balap yang hampir jadi. Jauh sekali dari spesifikasi motor harian, karena jika buat harian tentunya torsi dan power pada rpm rendah malah lebih rendah dari kompetitor. Sehingga membawa konsekuensi jika ingin bisa jalan dengan lancar di keramaian, macet dll, maka harus rajin ganti gigi dan menggantung rpm pada torsi yang dibutuhkan.
  3. Perbandingan udara-bensin, AFR nya 13.164 (idealnya 14,7) jadi campuran yang dibentuk di ruang bakar termasuk katagori “rich” atau agak gemuk. Konsekuensinya adala dalam setiap siklus mesin bensin yang disemburkan menjadi lebih banyak dari pada mesin dengan campuran ideal atau kurus, lean.
  4. Rasio kempresi yang lumayan tinggi, 11.6 :1. Dengan rasio ini jelaslah bahwa bensin yang digunakan tidak cukup pertamax, minimal pertamax+ atau sekelasnya dengan RON 95. Konsekuensinya adala owner harus mengerti kebutuhan ini, jika nekat memberi bensin orang miskin/premium maka jelas ini diluar spek dari engine nya, maka tenaga akan turun, dan akan terjadi detonasi dalam ruang bakar, jika dilakukan terus menerus maka mesin akan cepat rusak.

Dari empat variabel penentu power r25 ini, tampak jelas bahwa variabel-variabel tersebut di-push pada posisi yang tinggi sehingga wajar jika power yang dihasilakn juga tinggi. Dan kombinasi dari variabel 2 -3 akan menjadikan r25 motor yang rakus bensin, dan variabel ke-4 menjadikan r25 bukan lagi motor premium, akan tetapi motor pertamax+. Sehingga memang pantas jika hanya owner sekelas menejer yang mampu memeliharanya.

Lalu bagaimana jika variabel-variabel tersebut di-setting (turun) pada nilai2 yang setara dengan kompetitor, misalnya ninja250 ?

Ya, pastilah powernya akan turun setara dengan ninja250, perhatikan perubahan variabel yzf r25 beserta pengaruhnya terhadap besarnya power

power yzf r25 like ninja250

Begitulah kondisi engine r25, mau kenceng ya sipakan dana buat ngasih minum yang sesuai.

Semoga bermanfaat, wassalamu;alaikum wR wB.

 

 

Advertisements

0 responses to “Power YZF R25 36 PS, Mau Tahu Dari Mana Asalnya ???

  1. Mau tnya pak dosen, dng power yg gede tentu panas yg dihasilkan lbh besar sbagai kompensasi energi yg dihasilkan, apakh dri segi material harus diberi kualitas yg lbh tinggi agar gak cepat aus, terutama nie motor kan dipake harian!

  2. Kalo kuat beli gak kuat melihara ya gk terasa feel tenaganya yg gede itu tapi overall memang menggoda banget ini motor…

  3. Jadi Semua hanya settingan saja…

  4. bnr jg kang dosen, tapi buat pembeli R25, bs beli motor shrga 53jt tu pasti org berduit, YIMM tahu, orag yg beli R25 pasti org mnengah ke atas, so pake BBm pertamax+ n sedikit agak boros adalah gak masalah, dan kalo mau lebih irit ya jangan geber2 sampe rpm 10k… yg ptg nampang….

  5. cara nyetting biar bisa minum premium gimana pak dos?

  6. Berarti Ninja250 bisa dinaikkan juga powernya jadi 36ps, tapi konsekuensinya ngak lama jebol tuh mesin ninja, karena material komposisi enginenya ngak bisa menerima beban 36ps buat harian..

    Kalau R25 emang udah di bilang di taglinenya “R25 a SuperBike that you can ride every day” berarti parts materialnya mumpuni untuk 36ps buat harian dan tidak akan jebol.

    Harga sam2 53jtan ane vote R25

  7. Spesifikasi R25 juga lebih unggul dari spesifikasi Ninja 300 Fi +Sliper Clutch

    The Ninja 300 has a 296 cc (18.1 cu in) straight-twin engine.[8] Dynamometer tests showed that the Ninja 300 produces more power than the 250—34.77 to 34.95 hp (25.93 to 26.06 kW) compared with 25.48 hp (19.00 kW)—and higher torque across the rev range at 17.45 to 18 lb·ft (23.66 to 24.40 N·m).[1][9]

    The motorcycle’s top speed has been recorded at 170.6 km/h (106.0 mph) and acceleration at 5.6 to 6.41 seconds from 0 to 97 km/h (0 to 60 mph), and around 14.5 seconds 141.14 to 145.77 km/h (87.7 to 90.58 mph) in the quarter mile.[1][2]

  8. crossplane crankshaft juga dibahas dong pak dosen?
    klaim Y kan biar bisa nyiptain tenaga segede gitu katanya dari situ juga salah satunya

  9. tapi kok minumnya air putih ya ( premium )

  10. dr rumus hitung tsb, jika variabel dsamakan apakah cbr250 bs dpt power yg sm dgn ninja n r25??

  11. jangan jangan ,material klep dari titaium kali yak? berkitir di 14ribu super lho…

  12. Masih amankah kitiran mesin ninja di tingkatkan?

  13. wah gt ya, brarti yg brperan cm kubikasi, ve, afr, cr, n rpm. jmlh silinder tdk brpngaruh coz cbr yg 1 slnderpun bs dpt power yg sm dgn ninja bila variabelnya dsmakan. kl gt buat ap dong susah2 riset jmlh silinder kl 1 aj udh ckup?? kmudian konvigurasi inline or V or L jg bs d abaikan kl mnrut htungan trsbut? kl dlm kndsi msin yg skrg (standar pabrikan) kira2 kuat g cbr mnyamai rpm nnja? krna strokenya plng pnjang.. n btasan pston speed..
    nah knp kok rcv yg motor super itu tidak kekeuh mnggunakan 1 cyl aj? atau 4 cyl inline mirip m1? ingt, honda n fbh prnh n msh mmuja enjin 250cc 4 silinder mreka..
    sy kira cbr single cyl tdk akn mmpu mnyamai power ninja dual cyl tnpa part2 yg eksotis. nah kl nnja jg pakai part eksotis gmn?? ngoahaha… biar kbakaran dikit…

    • jawabanya serupa ketika ada pertanyaan kenapa 4 klep lebih bagus dari pada dua klep
      semuanya terkait dengan tingkat keamanan dari benda2 yang bergerak, semakin kecil dan ringan maka semakin aman dari kerusakan
      makanya :
      – banyak klep kecil2 lebih aman dari pada 2 klep besar2
      – banyak piston kecil2 lebih baik dibandingkan satu piston yang besar
      Ketika tingkat keamanan meningkat, maka rpm bisa ditingkatkan lebih tinggi lagi,
      mau tahu berapa power cbr 250 rr ? …45 ps / 15000 rpm jauh di atas yzf r25

      • bro admin, maap fitur reply d hp kykna agk eror, kdang bs kdang gk. ok, power cbr250rr diatas r25. nah kl variabel2nya dsamakan dgn rumus itu, bs g power r25 mnyamai cbr250rr? kl anda jwb tdk bs brarti itu brtentangan dgn komen smpean yg d atas.. yg mngomentari komen prtama sy..
        n kl anda ttep jwb tdk bs mnyamai, krna pnjelasan anda barusan, maka cbr 250 yg skrg pun sy bilang g akn mmpu mngejar power nnja 250. jgn r25 lah, kjauhan itu buat cbr yg skrg.. ngoahaha…

        • bisa saja, asalkan tahan digeber sampai 15000 rpm

          • 4 jempol buat mbudi,Pa dosen sebagai pemuja rahasia H, mulai bingung, rpm 10rb cbr melonjak jauh +50%, nah kalo r25 di pasang di 21rb berapa powernya gan? jangan bilang g bisa, wong CBR aja bisa +50%, Berdasarkan buku garapan tatang sumarna, apakah r25 mampu ?? jawabannya pasti tdk menurut pa dosen, sedang tantang sumarna berkata lain, untuk menyentil CBR 15rb rpm garapan pa dosen, r25 cukup naikin 1 rpm menjadi 14.001 langsung terbang,,,,,,,,,,,heheheeeeee, gimana raisa,kalo mas anang sih YESSS !!!!

          • ente ngerti mesin nggak bro ?
            naikin rpm nggak bisa setinggi2nya, disesuaikan dgn kemampuan part2 nya, mulai dari klep, per klep, piston+ring piston,stang piston dll
            kalo nggak tau jangan asal ngomong, nanti diketawain comentator yg lain

          • Armored Rider Gaim

            Wkwk bru ngeh gue

            Iy jg ya klo pke rumus ni motor matik pun bisa sama power ny sama r25

            Jempol om mbudi

            Jgn2 mbudi dosen jg lg nih
            😀

          • tinggal part2 nya kuat nggak?

          • 21rb rpm kalo stroke nya 44mm ya gak bakal nyentuh.
            meskipun di paksakan paling 2-3 lap udah protol…

        • @bro ARG: saya bkn dosen bro, cuma komengtator warung aja.. y stidaknya dengan rumus itu kita bisa mmprediksi nilai2 ubahan n pengaruhnya ke nilai power enjin.. garis merahnya mnrt pak dosen mngkin untuk mengail power, adlh seberapa tinggi mesin itu bisa berkitir, n untuk bisa berkitir lbh tinggi, perlu diperhatikan batasan keamanan part, makanya pake part yg lbh kcil, klep lbh kcil tp jmlahnya lbh bnyak, piston lbh kcl tp jmlhnya lbh bnyak (multi silinder short stroke).. berlaku untuk semua motor…

      • ZXR250, GSX250, FZR250……….
        high rpm, 45hp, four cylinder

  14. variabel2 sama, pake rumus yg sama kalau hasilnya beda huebat donk.
    kalo dipake di motogp tergantung pembalapnya saja…mesin sih gampang ntar nyamain sama kompetitor bila kalah power.

  15. Butuh tmbhan duit brapa untuk parts2 yg mumpuni agar supaya cbr n ninja bs sepowerful sprt r 25 mas ? Mnrut htungan mekanik temen btuh dana ( blnja penggantian parts yg setara r 25 ) lebh dr 15 jt untk mnyamai power r 25,,,jd dr hrg n spek / parts r25 jauh lbh baik ,,,

  16. Pak cakil mau tanya _____ bisakah crypton bore_up 130cc berkitir 20.000rpm ?? Apa saja yg harus dirubah biar speed mencapai 220km/j ?? Trims.

  17. this is bkn msalah mntang2 r25 unggul spek dr n250 ato cbr250 bro, kurang ngeh aj sm htungan rumus itu. di rumus itu seakan smua brjalan linier, kl ini dtingkatkan sgini maka hasil akhrnya akn sgini.. dst..
    bkn nyalahin rumusnya lho, sy ykin itu dr pnlitian brtahun tahun..

  18. apakata FBY tuch…

    yg dari kdmarin ngebanggain powermax di rpm rendah???

  19. htungan ini mlukai bnyk pihak bro. untk kasus 250cc, n250 & r25 trluka krna powernya bs djabanin cbr350 jomblo di rumus htungan trsebut, untk kasus 150cc, cbr150 dohc mrsa trluka krena hitungan powernya djbanin r15 sohc, bila variabel2nya dsmakan…

  20. ckckckck…………..
    yg msh dlm perdebatan untuk gen sport batangan adalah 125-150cc single cylinder. lni cocok pake mesin yg gimana, trus hubunganya dgn harga jual gimana?

  21. Bener mas ,,,ane dpt bisikan dr org2 ahm sbtl ny mrk sdh tau kl r 25 udh d rset d jepang sjak 3 thn yg lalu n mrk jg tau sbtl ny ini motor bgus ( lbh bgs partsny drpd cbr250 /n250 fi) kl udh fullspek ni mtor g bklan d jual 53 jt,,,mnmal 70 jt an alesane slh st ny ya jantung mekanis ny itu material jauh lbh bgs n advance d bndng cbr/n250,,,kl kt brpkir lbh dwsa sbtl ny kt yg untung bkn si nippon Y H ato K,,pst anda jg ud phm itu

  22. tulisan om gokil ini adlh jebakan betmen kesekian kalinya utk nanti brojol tulisan baru yg lbh hot.
    .
    .
    .
    .
    prediksi judul selanjutnya
    “ternyata klaim power r25 tdk..bla…bla…bla”
    (karna pasti hsl dyno privat gak mgkn sama dgn spec brosur—-kbykan lbh rendah)

  23. Mas bro tanya gmn menghitung 1 silinder dan 2 silinder cc nya sama? Misal 250 cc

  24. yah itu kan juga hitung”an aja lau benar syukur lau ngga’ benar ug ngga’ pa”…
    gx perlu di permasalahin napa????

  25. punya motor kencang masa iya mikirin bbm nya entah minta pertamax atau yg boroslah..brarti blm siap untuk naik level..klu cuma mau tampang kan ada pilihannya RX150

  26. Ditunggu di Sentul Masbro… dan jangan buat ugal-ugalan dijalan ya, Bahaya.! Power Besar juga diimbangi tanggungjawab yang besar pula..

  27. wkkkkk.. wakakkaa kesannya kok ya dr kmaren bro motogokil bikin artikel R25 itu pokoknya nih motor super banget, sampe yg punya penghasilan gak super haram beli nih motor.. akankah tahun2 mendatang demo buruh ada yg pake R25?? *if u know what i mean, this is Indonesia..

  28. kenceng : pertamax plus, komuter : premium j deh ckup, jd bgi yg pnya dana pas pasan dsyukuri j tunggangany msh bsa minum premium

  29. Mantab bener, masih ngga ngerti urusan ginian 😀

  30. ninja kalo diset power max ke 12.000rpm dan limiternya di 14.000rpm ati2 klepnya loncat.
    kalo cbr di set power maxnya ke 12.000rpm butuh dana brp jt buat ngimbangin partnya biar tuh mesin kaga jebol ngoahaha???? 20jt cukup?? harga otr cbr aja udh mau nyentuh 50jt? wedew, bli er6n seken aja kali ya dpn cakram dpn ganda 8)

  31. Yah honda ketinggalan. Kalo aja cbr diset mirip r25 pasti powernya jadi 39. Ane yakin laris jika dijual 48. Lha iki honda pelit amat jeee. Ya apa daya bagi fbh. Cuma bisa berdoa. Keunggulan untuk sekarang bagi cbr adalah irit. Padahal orang indo speed freak terutamanya butuh motor kayak motogp dna. Kenceng. Moga aja ahm lokalin cbr dengn spek moto3 2014 dengan 52hp. Harga 55. Ngimpi mode on.

    • ketinggalan sih nggak bro, cm dianggap salah kaprah aja.. krn ninin 250 dua cyl, jd anggapannya org sini sport 250cc itu harus dua cyl.. dan kencang tntunya..

    • bukan nya CBR250 itu engine nya mirip NSF250 ya? sama2 berdiri tegak, beda ama CBR 150, FU or FXR.

      • NSF itu putarana mesin clockwise sedang cbr counter clockwise Jadi arah klep in-out berbeda, Dan cbr 250 itu basis mesin dari crf (trail engine) bedanya dispek 76mm x 55mm mirip spek cbr1000rr (belahan 1 silinder dari 4 silinder fireblade) dan konfigurasi head silinder dengan Valve Train . jd besar kemungkinan part bisa pakai part cbr fireblade dari piston dan klep+per klep cuma penyesuaian aja. Dan ini yg bikin mahal kalau mau ganti part itu krn setiap pabrikan pasti ga mau rugi menggunakan part dari motor yg pernah dia produksi (common part), ya biasalah itung2 teknik industri juga.
        BTW, memang R25 itu jawaban dari kedua motor yg sudah beredar (cbr250 dan n250) dengan haga 53juta sudah dpt paket komplit, Begituloh maksud om roy, CMIIW

  32. semuanya lewat sama KTM RC250 moto3 yang cuma 1 silinder… ngoahahahaha……

  33. konsep yamaha emang jual spek mesin mendekati

    spek balap u/ produk massalnya.

    konsep honda jual motor yach sesuai fungsinya,

    spek massal di buat u/balap, yach mesti modal besar

    kalu mau, yach beli motor fungsinya u/ balapan, namun tdk dijual bebas

  34. mogegigugago@gmail.com

    Jadi kesimpulane adalah :

    R25 adalah satu step dibawah spek balap dan khususon untuk kenceng-kencengan….bukan utk komuter sebab kalo dipake utk komuter sangat disayangkan dengan resources dan power yang sedemikian besar hanya dipakai utk speed 20 s/d 60 KM/jam. Mirip mbeli komputer dengan spek teknologi terakhir tetapi hanya utk WS & Lotus saja…. sayangkan…? nah kalo pengen kuenceng ya beli R25 ajah…(eh masih pada tahukah WS Lotus itu binatang apa ??)…

    Kalo Ninin itu motor balap yang sedikit dikurangi kemampuannya sehingga ya lumayanlah buat middle class…

    Kalo CBR250 itu adalah beberapa step dibawah spek balap. Ibarat kata motor balap yang disesuaikan buat Low and Fast… jadi mo kuenceng hayo tapi gak bisa nglebihi Ninin ato R25 mo pelan ya hayo tapi gak boros-boros amat….
    Cuman saja kalo mo kuenceng-2 kayak 2 motor diatas maka cbr masih bisa di oprek ibarat kata kalo PC tambah memory dan kapasitas harddisk…. he..he..

    Cuman kalo 2 motor diatas (R25 & Ninin) di upgrade juga ya… gak tau deh CBR bisa njabanin gak….

    Tapi bisakah Om Motogokil membuat simulasi, kira-kira 3 motor diatas maximal bisa di oprek sampai seberapa dan berapa daya yang bisa dikeluarkan dengan oprekan maximal itu….(tanpa memperhatikan biaya) ??

    • Wah blh jg artikel klo semua dikomparasi secara maksimum, meski superior r25 dan ninja. Secara hitung2an. Kalau buat balapan kurang tahu tergantung keahlian mekanik dan pembalap. Pastinya tambah seru persaingan di sentul. Jd menarik lah.

    • Ga jg bro

      Klo ente samain sama pc ente slah besar

      Pc ga hanya processor, ram n hardisk doang

      Tp ada komponen pling penting buat render graphic, yaitu VGA card

      Sekenceng apapun prosesor ente tp klo buat main game engga ada vga card external yg mumpuni, itu pc ga bkal kuat render nya

      • iyah ane baru dikasih tau temen,

        u/ render kalu hanya andelin ram besar ndak terlalu ngaruh.

        mesti tambah external vga card

        • Nah mka nya itu klo cbr disamain pc itu slah besar

          Vga card external pun jg macem2 mulai dr low bugdet smpe high

          N hdd juga bgitu klo mw maknyus ganti pke ssd tp ya itu hrga ny jutaan

          😀 😀

      • kalo komputer iya. tp balapan anything possible banyak kok om faktornya. Sekali lagi dikatakan masih superior R25 dan ninja 250, tp ada terkadang cbr pun bisa menang (faktor 1 berbanding 1000 kali yah) setelah kemunculan r25.Itu sukanya kalau balapan, pasti om pernah ikut dalam gabung tim balap resmi tidak ?? seru deh, makanya gimana “adrenaline rush”+kompetisi+berdoa sekalian semoga ga malu-maluin dpt posisi 5 besar/minim sampe finish selesai lap.. CMIIW

        • mogegigugago@gmail.com

          Woalah…..
          Wong Ibarate….ngerti gak ibarate….kalo gak ngerti ibaratnya….

          Yg paling sering orang upgrade utk PC itu kan cuma tambah memory ato tambah harddisk… ane juga tau kalo PC itu bukan cuma memory ama harddisk doaaaaangg….
          Hadeeeuhhh….!!

          Ada processor, Ada Motherboard, Ada Memory, Ada VGA trus kalo pake jaringan ada Bandwidth trus kabel jaringan ada CAT 5, ada CAT 6, trus ada HUB ada lagi Router….
          trus kalo semua udah High Spec nah si Usernya bijimana…. banyak faktor Bro…..!!!!!!

          namanya juga ibaratnya… kalo ibaratnya itu secara garis besar, itu ya yang paling sering orang bilang ato yang paling sering dilakukan orang….

          Gak penting amat mbahas soal ibaratnya……

          yang Penting itu Om Motogokil bersedia gak ngasih simulasi maksimum oprekan utk ketiga motor diatas… supaya kita tahu jika di oprek maksimum maka mana dari ketiga motor itu yang paling superior… nah itu yang mo saya BAYAR…..(yang saya bayar motornya bukan simulasi om Motogokil)…..

    • kalo cuma teori di atas kertas, in syaa Allah bisa

  35. Sayangnnya honda itu jual motor performa 70 persen. Sedangkan kimpetitor jual motor performa 95 persen. Makanya banyak yang beli yang 95 persen. Tau ndiri orang indo itu suka yang simpel tapi sempurna. Lha ni cbr bisa mudah ngalahin kompetitornya. Hanya saja butuh dana lebih… Ini yang bikin males konsumen beli cbr. Coba honda jual paket performance cbr. Tapi ya gitu cbr harus dilokalin dulu biar bisa pasang si harga 42jtan. Paket performance dijual 10 jutaan. Pasti laris. Jadi konsumen tinggal beli yang standart atau udah plus paket performance.

    • karena sirkuit sentul itu sirkuit pendek2. makanya perlu torsi, udah gitu CBR bisa belok. kalo Ninin pan mau belok kudu pake badan. kalo gak ya lempeng terus itu motor.

      kalo sirkuit macem Hockenheim or Mugello bisa di kepret tuh CBR 250. lha wong treknya lurus2 begitu apalg sampe 1km an.

      apalg Hockenheim, lempeng nya ada 4 tuh.

  36. Ikutan tebak2an next artikel kayak komengtator sebelumnya ah. Menurut saya artikel selanjutnya adalah….bagaimana menaikkan performa motor sport lokal kelas 150cc agar powernya menyamai atau bahkan melampaui R25 lengkap dengan hitung2an teori dan tabel/grafiknya hehehehe…

  37. iya, bagus beli cbr. selsih gag sampe sepuluh juta. tp nyeseknya sepuluh taun

  38. sudah jelas dengan harga segitu r25 yg paling worthed

  39. Masalahnya cbr tuh cbu. Cbu friendly dengan kata mahal. Padal klo dilokalin dan diupgrade dengan settingan sama kayak r25 menghasilkan power lebih gede dari r25 torsipun bisa sampek 26nm. Tapi ya gitu. Ahm terlalu pelit….kapan mata hati ahm terbuka…
    Habis gitu dijual hrga sama dengan r25… Pasti laris….. Gini yang malu sapa klo cbr di kepret sama r25. Honda pasti malu sekarang….
    Punya motor bagus tapi peritungan… Ngowoh klo nti para fansnya pada beli sport yamaha.

  40. Tapi pak, bagaimanapun juga, standar power dari awal pabrik udah gede jelas lebih aman kalo dipake harian daripada oprek2 sendiri, mesin bongkar manual…apapun itu, udah banyak yang ngebuktiin…termasuk saya sendiri di vixion :mrgreen:


    Sekarang udah ga jaman banggain produk CBU, sekarang jamannya produk lokal kualitas global 😛

    http://lovemotobike.com/2014/05/22/peserta-inden-yamaha-r25-membludak-bukti-bahwa-calon-konsumen-sekarang-sudah-percaya-produk-lokal-pun-bisa-berkualitas/

  41. Yang masih bingung, meningkatkan efisiensi volumetriknya??apakah semua mesin bisa ditingkatkan efisiensinya jadi 100…lha kalo dari awal konstruksinya ga memadai buat itu gimana? Ga semuanya bisa diitung hanya dari tau bore x stroke ma rpmnya pak gokil…coba mungkin besok bisa dibahas juga, dari konstruksi mesinnya ninja sama cbr, cara bikin efisiensi volumetriknya jadi 100% gimana…sepertinya lebih oke..,hehe…hanya saran aja

    • sebenernya urusan meningkatkan VE menjadi urusan yang paling utama pada motor balap
      dan juga tidak mudah karena melibatkan banyak ubahan seperti :
      1. Optimasi lebar klep
      2. Optimasi profil camshaft
      3. Tuning saluran intake
      4. Tuning saluran exhaust
      5. Porting and polish
      6. Aplikasi ram air jet
      Sangking banyaknya faktor2 yang mempengaruhinya, sangat sulit untuk menghitung dan mensimulasikannya. Paling banter dengan mencontoh oprekan sebelumnya, mengenai hasil akhir harus dilakukan mengujian dengan menggunakan flow bench dan terus dilakukan fine tuning yang sifatnya sangat rahasia (rahasia dapur mekanik dan bengkel)

  42. Analisis yg Muantabs buat semua artikel nya ,,,, dg Scientific Approach,,,,, cool explain juga,,,,, bagus banget Bro untuk cerah kan wawasan saya yg sama2 pengguna dan penggemar sepeda motor ,,,, Smg bermanfaat buat masyarakat luas,,, jika berkenan,,, boleh minta No HP,,, atau pin BBM,,,, tolong pm ke e-mail saya sj,,,, barangkali suatu saat saya bisa silaturahiim secara langsung,,,,, Trims Bro,,,, sukses selalu Yaa…