Seandainya CS1 Boleh Ikut Indoprix, Tentu Lebih Seru !!!

honda-new-cs1-colt-red-resize

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Indoprix sudah selesai dilaksanakan tadi siang, yamaha jupitar merajai kelas bebek, sementara satria fu (bebek juga)  merajai kelas sport 150 cc. Jika dilihat perbandingan lap-time tercepat, kelas bebek malah lebih kenceng dari sport 150cc, walaupun pemenangnya juga bebek (satria fu) yang cc-nya lebih besar. Bisa jadi balap bebek indoprix (110 dan 125 cc) sudah menggunakan teknologi yang sangat tinggi, sehingga perolehan waktu lebih cepat 2 detik dari pada kelas sport 150 cc.

Pada kelas sport 150 cc, satu2nya sport beneran adalah NVL yang mampu podium meskipun masih di bawah satria fu. Hal ini menunjukkan bahwa sirkuit tersebut, memang sangat cocok buat motor bebek. Karena motor bebek sangat mudah ditekuk untuk menaklukkan tikungan2 kecil, juga memiliki akselerasi yang mantab saat keluar dari tikungan. Terlihat meskipun NVL podium tapi jaraknya lumayan jauh

race 1 klas 150cc [Sumber: IWB]

Jika demikian, maka seandainya CS1 boleh ikut balapan indoprix kelas 150 cc tentunya bakalan  memeriahkan balapan dan balapan bisa lebih seru.

Kenapa kok bisa CS1 bikin seru, inilah alasannya :

  1. Mengenai kemampuan melibas tikungan, jangan ditanya lagi, silahkan dicoba saja. Pasti satria fu harus ngakuin kemampuan CS1 yang satu ini, karena secara geometri CoG (Center of Gravity) dari CS1 lebih rendah, sedangkan fu dengan mesin yang berat di bagian atas (DOHC) memiliki CoG yang lebih tinggi.
  2. Seandainya, walaupun CS1 harus tetep 125cc, ane rasa nggak masalah, buktinya jupiter yang cuma 115 cc bisa lebih kenceng dari satria fu yang 150 cc. Apalagi secara teori dengan mengoptimalkan tuning engine CS1 power yg bisa diraih bisa mencapai 20ps/10000 rpm

CS1 full race

Jika memang diharuskan 150cc (boleh bore-up), tentunya lebih gahar lagi. Sayangnya CS1 terkendala lebar klep, padahal seharusnya batasan lebar klep untuk 2 klep dan 4 klep dibedakan, untuk engine dengan 2 klep harunya bisa lebih lebar.

Dengan hadirnya CS1 juga bisa menutupi gengsi para fansboy honda, karena pada kondisi harian pun dengan 125 cc sudah merupakan lawan yang nggak boleh dianggap enteng.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

27 Komentar

  1. yah…
    mungkin jika boleh ikut tetap agak sulit jika melaju di jalan lurus setelah menikung….
    coz harus pinter ngepasin rpm dan gi” waktu di tikungan…
    salah” malah keteteran melawan mesin dohc overbore, dan sohc overstroke yg aksel nya lumayan oc..
    jika di lihat dr power si sohc overbore ini…

  2. kayany bisa rame tuh, pasti banyk peminat, kl liat race kemarin kynyn gimana gitu, liat vixi meliuk liuk ditikungan kecil, kedodoran juga.. ada baiknya irs 150 ini regulasinya diperbaiki lagi, dan sirkuitnya dibedakan antara kelas 150 dan di bawah 150

  3. jiahh… tormax ga disebut… mentang2 mesin tidur trus ga dianggap ya? padahal ga perlu boreup lagi kan?
    apa karena merk abal2 TVS makanya dianggap ga sejajar? apa Tormax dianggap cuma selevel supra x 125?
    ane sebagai FBTVS ngamuk ni. hehehehe kidding bro.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan