ganti-oli-bloger

[Exhaust] “Knalpot Racing Dilarang !”…Nggak Masalah, Bikin Silencer Model Kayak Gini…

Diposting pada

knalpot racing dilarang

Assaslamu’alaium wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Ramai sudah diperbincangkan mengenai eksistensi knalpot racing yang sudah lama menjadi kontroversi. Di satu sisi, suara knalpot racing memang bising dan cenderung mengganggu rider lain bahkan orang2 di dalam rumah pun (yg terletak di pinggir jalan) merasakan gangguannya. Mungkin mereka akan senag jika ada razia knalpot racing. Di sisi yang lain justru sebaliknya, sangat mendukung penggunaan knalpot racing, karena menggunakannya dapat meningkatkan performa engine. Dan mereka akan protes, “Jika memang knalpot racing dilarang, kenapa pabriknya masih boleh buka?”

Ya sudahlah, kita ambil jalan tengahnya, tetep pake knalpot racing, tenaga meningkat, tapi nggak bising. Gimana caranya ?

Caranya gampang sekali, karena yang menentukan performa paling signifikan bukan di silencer-nya, tapi pada konstruksi pipa header-nya.

pipe header 2 step

Oleh karena itu bagi yang sudah punya knalpot racing, pipa header-nya masih bisa dipakai, hanya saja perlu malakukan konstruksi ulang buat silencer-nya. Lalu seperti apa konstruksi silencernya ?…Sebenernya masalah ini sudah penah ane bahas di artikel yang telah lalu, tapi nggak apa2 kita kupas lagi supaya menjadi ingat dan mugnkin bisa lebih menjelaskan.

Pada artikel tersebut dijelaskan beberapa model silencer, nah bagi yang ingin performanya tetep ok, seperti halnya penggunaan knalpot racing umumnya, tapi suaranya ingin lebih adem, minta bikinin ke tukan knalpot silencer model terakhir, yaitu yang seperti ini [Sumber : Cherry Bomb Vortex Muffler ].

hybrid_muffler

Karena dengan model seperti ini aliran gas-buang tidak ada hambatan sedangkan gelombang suara mengalami peredaman dengan medtode sound cancellation.

hybrid-muffler2

Dalam gambar di atas terlihat bahwa saat masuk aliran gas bersama gelombang suara mengalir dalam jumlah besar. Setelah melewati muffler, aliran gas buang tetap besar, sedangkan gelombang usaranya sangat minim, jadi tidak mengganggu performa engine, sementara suara yang dihasilkan minim. Hal in berkat teknik sound cacellation yang diterapkan dalam konstruksi mufflernya, yang mana metode ini dapat dengan sederhana dijelaskan dalam gambar ini.

sound cancellation principle

Jika bentuk muffler seperti gambar di atas tidak cocok untuk motor, maka bisa juga menggunakan konstruksi muffler dengan suara adem seperti ini [Sumber : RFC].

RFC motorbike muffler

Muffler jenis ini memiliki sekat untuk membentuk gelombang pantul yang kemudian akan dijumlahkan pada pangkal mufflernya (Point of muffler cancellation). Atau yang seperti ini [Sumber : Flow Master]

flowmaster2

Muffler ini memuliki saringan udara yang berbentuk khas, yang mana mampu menyalurkan gas buang dengan lancar, sekaligus membentuk sound camcellation. Bentuk dari saringannya seperti gambar di bawah ini, dan ini sangat mungkin untuk diaplikasikan dalam muffler knalpot racing kita.

Laminar flow

Jadi cara mensiasati agar nggak ketilang polisi adalah, menggunakan pipe header (pipa) racing, casing muffler standar, diisi dengan lapisan glass wool dan diberi saringan laminar flow seperti dia atas (minta buatin di bengkel knalpot). Atau langsung aja beli aja ke yang punya merek.

Sampai disini artikel mengenai silencer ini, semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wR wB.