"Muffler/Silincer"….Penyebab Galaunya Pengguna Knalpot Racing, Antara Performa yang Ditawarkan dan Bunyi yang Berisik


muffler all

Assalamu’alaikum wR wB.

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalan sampai ke tujuan


Setelah kita melihat, mengamati dan memahami konstruksi dari knalpot, baik yang 4tak [baca di sini 1,2,3] mapun yang 2tak [baca di sini 1,2], maka akan terasa sangat kurang kalo belum membahas ujung knalpot yang difungsikan sebagai peredam suara ledakan mesin. Karena berfungsi sebagai peredam itulah, maka bagian tsb disebut “silencer” atau “muffler”  yang arti bebasnya juga peredam suara/sesuatu yang mampu menjadikan hening.

Banyak pengguna knalpot racing (termasuk ane) yang kemudian melengserkannya dan kembali ke knalpot standar, hanya gara2 suaranya yang “berisik”, yang membuat hati menjadi nggak enak, karena mengganggu rider lain, dan tetangga saat kita lewat. Sebenernya apa sih yg terjadi di dalam silincer sehingga ada knalpot yang masih tetap berisik, ada juga yang terlalu senyap?…..Yuk kita obrolin bro bersama-sama.

Salah satu karakteristik sebuah muffler adalah seberapa besar backpressure/BP (tendangan balik) yang dihasilkannya. Pada muffler knalpot bawaan pabrik motor2 yg beredar di Tanah Air umumnya terbentuk dari lubang2, pemantul dan putaran2 pipa(turn) yang harus dilewati gas buang. Disain seperti ini adalah untuk menghasilkan suara knalpot yang bersahabat dengan lingkungan, akan tetapi menghasilkan BP yang besar, yang mengurangi power dari engine.

Untuk mengatasi ini, dirancanglah tipe muffler yang menghasilkan BP yang jauh lebih kecil, yang disebut “glass pack” atau “cherry bobm”. Tipe muffler ini hanya mengandalkan “penyerapan” untuk mengurangi level suara, dengan tanpa memberikan halangan bagi aliran gas buang. Gas buang menglir lurus melalui pipa yang berlubang yang terbungkus lapisan glass wool, sehingga BP-nya kecil dan sebagian kecil suara di redam oleh glass wool tsb. Jadi muffler jenis ini BP-nya kecil tapi suaranya masih cukup nyaring. memang cocok buat balapan.

Dari ilustrasi di atas, maka tipe muffler secara umum dibagi menjadi 2,  yaitu muffler/silencer yg bersifat

1. Sound Absorption

2. Sound Cancelation

Sound Absorption Muffler/Silencer

Pada silencer tsb terdapat material peredam suara (accoustical material) untuk menurunkan level gelombang suara. Ketebalan dari peredam tidak sembarangan, akan tetapi harus disesuaikan, dengan pada frekuensi berapa (penyebab berisik) yang harus diredam (perhitungan menyusul di artikel berikutnya). Bentuk yang umum dari silencer jenis ini seperti gambar berikut muffler

Sound Cancelation Muffler/Silencer

Dalam silencer ini terdapat beberapa elemen yang tersusun secara paralen dan serial yang bertujuan, untuk menghasilkan gelombang pantulan dengan fasa terbalik yang diarahkan kembali ke sumbernya, sehingga penjumlahan dari dua gelombang tersebut akan saling menghilangkan (cancelation). Biasanya diterapkan pada motor standar, yang bentuk silencernya seperti gambar ini CB15R muffler NVL muffler

Saat ini telah umum dikembangkan muffler yang merupakan kombinasi dari tipe absorptin dan cancelation, yang tujuannya tiada lain adalah menghasilkan muffler dengan BP sekecil mungkin dan Suara sesuai dengan standar perundangan yg berlaku. Kira bentuknya seperti gambar berikut

hybrid_muffler

Terlihat pada pinggirnya terdapat glass wool yang berfungsi sebagai penyerap energi suara yang masuk melalui dinding yng berlubang. Dan pada bagian tengah terdapat plat2 yang berfungsi sebagai penghilang suara knalpot.

hybrid-muffler2

Sehingga suara (panah biru) yang keluar kecil, sementara aliran gas buang tidak terganggu.

Sampai disini dulu obrolan kita tentang muffler/silincer, semoga bermanfaat, mengenai rumus2 yang digunakan untuk mendisain muffler standar, monggo turus aja dipantau pada artikel berikutnya.

Kepada para suhu2 knalpot yg lebih ahli, mohon maaf kalo ada yang salah, mohon juga koreksi dan tambahannya.

Wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

51 responses to “"Muffler/Silincer"….Penyebab Galaunya Pengguna Knalpot Racing, Antara Performa yang Ditawarkan dan Bunyi yang Berisik

  1. pengennya sich performa tp cuma dapet suara

  2. nah,,,.. itu knalpot cb yakk..
    le orong2, ( pengalaman pribadi 😀 )

  3. bisa gak yah knalpot racing di bikin suaranya seperti standarnya?? Ane suka knlpot racing cuma modelnya saja soalnya.

  4. Bonn Djoovy CBSF

    infonya bermanfaat banget om, numpang nanya, klo knalpot standar dibobok, apakah bisa nambah performa atau cuma suara doank yg brisik ?? mksih om sebelumnya 🙂

    • coba perhatikan, muffler-nya cbsf, di dalamnya ada 3 ruangan yg biasa disebut resonator. Masing2 ruangan bertugas meredam suara dengan teknik sound cancelation, kalo semua sekatnya dibobok, maka yang tertinggal hanya casingnya saja. Sudah pasti backpessure jauh berkurang, tenaga yg tadinya tertahan jadi bisa keluar semua (jadi bukan tambah tenaga). Jika diikuti dengan menaikan nilai CO, setelah fine-tuning, baru tenaga akan bertambah. Hanya saja suaranya akan menggelegar, karena sudah tidak adalgi peredamnya. Jadi solusinya, minta buatin pipa agak berbentuk cone/krucut berlubang, kemudian dibungkus dengan glass-wool, dan sumpelkan ke dalam muffler yg sudah kosong tadi.

  5. penjelasan yang super sekali suhu..

  6. Nambah ilmu Nehh.. Jd pengen bikin knalpot baru.. 😀 wehehe

  7. kalo knlapot nmp dalemannya kayak gimana? kok bisa ngebas gitu, apa karena lubangnya gede, beda ma knalpot old cbr150,lubangnya kecil, sekecil lubang knalpot astrea 800.

    • menurut ane, karena power maksimum NMP berada di rpm dibawah CB150R, makanya yg optimum mainnya di rpm rendah. Makanya desain kamar di mufller NMP lebar, sehingga memunculkan suara yng lebih ngebas, wallohua’lam

  8. mo tanya nih suhu mengenai header knalpot high performance.. Untuk pulsar200 standart, untuk panjang dan diameter pipa brp ya? Thx

  9. Bro ane punya knalpot racing di bikin standart suaranya halus kyk standart.tp knalpotx cepat panas…dan klu jalan panas bgt… Berbahaya gak sma mesin???

  10. Pingback: [Exhaust] “Knalpot Racing Dilarang !”…Nggak Masalah Bikin Silencer Model Kayak Gini… | motorgoodness

  11. suhu ane mau nanya.. sekarang kan motor ane vixi old, keadaan masi knalpot standar. yang ane mau tanyain, bisa ga itu knalpot standar dibikin lebih alus lagi suaranya? kalo bisa kayak suara standar knalpot byson, cbr ato cbsf.
    modif apa yg kudu ane lakuin biar knalpot standar ane jauh lebih halus?
    modif ya suhu, bukan ganti knalpot

    terima kasih

    • karena leher knalpot vixion menyatu dengan silencer/muffler-nya, maka kalau mau modif silencer harus dipisahkan/dipotong.
      suara byson sulit dicontek, karena pada knalpot byson terdapat difuser sebelum muffler, jadi mending nyontoh CS1 aja (suaranya CS1 juga lembut/lembut banget malah).
      cutaway knalpot CS1 ada di internet, dicontek saja menggantikan isi muffler vixion ori, kemudian sambung lagi.

  12. Great blog right here! Additionally your web site
    rather a lot up fast! What host are you using? Can I get your affiliate hyperlink for your host?
    I want my site loaded up as quickly as yours lol

  13. suhu,,saya mau tanya knalpot std er6n sudah saya hilangkan beberapa sekatnya tapi suara tetap aja halus..mau ganti yg racing tapi terlalu berisik…misal ganti silincernya ninja 250 yg yoshimura trs disambingkan keleher asli er6 apa bisa g terlalu berisik? apakah ketebalan lehernya mempengaruhi suara?makasi ya suhu

  14. oh ya ketinggalan nih…apakah mempengaruhi tarikan er6n 650 cc dipasang silincer ninja 250?soalnya sekilas bentuknya sama (model racing)

    • baik suara maupun performa, sedikit banyak akan terpengaruh. Karena volume di antara sekat2 sudah dihitung berdasarkan rpm-EVO-cc.
      jangankan beda mesin motor, motor sama beda power band saja dah pasti berpengaruh

  15. Excellent post. Keep writing such kinnd of info onn your site.
    Im really impressed by it.
    Hi there, You’ve performed an excellent job. I’ll definitely digg it and individually recommend to my friends.
    I am sure they’ll be benefited from this webb site.

  16. ikut nyimak

  17. bro motogokil yth, ane baru pasang knalpot racing merk CLD di yamah R25, benar spt yg anda tulis…suaranya cukup keras dan menggangu tetangga saat motor sdg dipanaskan. Boleh minta info utk merk Muffler/silencer yg cocok dan dimana belinya ?
    terimakasih utk bantuannya

  18. Mantap Bos …!!!
    Cuma Ane Mau Tanya Nih..!!!
    Kira2 Kalau Ane Pasang Silincer Yzf R25 Ke Motor CB150R Ane Tenaga Bisa Nambah Ga”???
    Style nya Lebih Oke dibanding Bawaan CB150R…

  19. om, kalo pengen ganti silincer knalpot new jupiter mx bisa dicopot ngga? atau harus dipotong? kalo dipotong sayang sama knalpot orinya, saya pengen ganti silincer knalpot fu thailand, dan harus ada yg disetting lagi ngga?, mohon info nya:) makasi om

  20. arigatosukamotor

    Numpang tanya om.ane punya new mx keluaran tahun 2013 yang sudah ane boreup jadi 210cc.block racing tdr ane pake piston 66mm.klep sonic dan cdi brt.kaki kaki udah ane gedein dan di balut ban depan 100 ban belakang 120.kendala nya semua kenalpot jadi teriak banget mulai dari r9,cld,terakhir rx8 pun juga punya nasib sama dapat 2 minghu udah teriak banget.mau ubah jeroan nya sayang banget itu knalpot import semua.ane minta saran bentuk jeroan yang akan di ubah disalah satu knalpot koleksi ane tersebut.sebelum maaf karena udah nyebut merk

  21. nuhun.. numpang nikung Om.. mau tanya.. saya cari knalpot dgn karakter suara N250 (ngebas) utk motor NVL.. kira knalpot yg passs utk mesin n ergonomis bisa pke merk apa ya Om.. terimakasih

  22. kang, saya pnya knalpot tsukigi embos sya psang ke vario 125. bntukny standar, suarany lumayan adem pas digas kalem, tpi kliatan suaranya gak enak pas main gas digeber. cranya suarany biar lebih adem gmna kang? klau sya prhatikan mngkin hrus tambah glasswool supaya lbih adem, aman tidak kang?

  23. ooh ternyata klo knalpot racing bikin tarikan motor jadi ngempos berarti diameter pipanya terlalu besar ya bro? jadi kurva peak powernya terlalu ke kanan ya?

    http://chirpstory.com/li/19664

  24. bro, motornya cs1 juga yah? aku mau ganti knalpot nih, ayo dong rekomendasikan, merek dan tipenya,.. pokonya yg bertenaga dan ga brisik yah, email aku ajah, takut lupa buka ini lagi frisky.removy@gmail.com

  25. permisi abang gokil..
    ane ga ngerti mesin, ane ga ngerti matematika, ane ga ngerti makanya ane mau nanya. takut salah jalan hehe.
    ceritanya ane baru beli motor kawasaki dtracker 150SE 2015 kan.. ane galau karna berasa tenaga motor kya kurang nendang gitu, trus pengen ganti knalpot tp galau ga suka suara yg terlalu gahar & ga suka kena tilang., 🙁
    nah menurut abang 1> ganti knalpot racing tp di modif biar ga terlalu berisik atau 2> knalpot bawaan di modif biar nambah tendangannya.
    rencananya mau ganti knalpot racing merk ‘ProSpeedTXseries’
    mohon dibantu dong bang.. 🙂

    • jika bro ramon nggak suka ngebut tapi suka akselerasi, coba ganti gir belakang dengan yang lebih besar 1-2 mata
      jika kurang puas, knalpot bisa diganti yang ada boom-nya, silencer bisa minta dibuatkan tukang knalpot yang adem suaranya tapi lebih los dari standarnya, jangan lupa filter udara ganti dengan tipe racing

  26. Bos mau tanya klo yg ada di sambungan leher sama silencer knalpot cbr 150r lokal namanya apa sob di psaran ada kga yg jualan punya ane kmarin abis gnti silencer racing pas d balikin ke knalpot ori itunya rusak… Jadi bocor dah knalpot ane bos

  27. Handitya Tanjung

    Bro , gw masih awam banget soal knalpot . Motor gw ninja rr mono 250 bro, tapi mau ganti silincer custom z1000 nya aja , headernya tetep yg bawaan. Itu pengaruh ke mesin atau performa motor gw gak bro? Masih awam bgt gw . Tq bro

  28. coba aja yah ada knalpot suara mesin 4 silinder yang bisa di pasang di matic wkwkwk
    http://otodrift.com/kelebihan-dan-kekurangan-sedan-new-corolla-1-8-ae112/

  29. Om, kl klanpot standar d buat jd hybrid ky yg terakhir..?

  30. masi aktif ngak nih bro motogokil? ane mau nanya header langusng panjang ke belakang di potong “seperti bambu” dan “tanpa silencer” kira” sehat kagak yah ke mesin…. NB = rencana nya ane mau pakai ecu racing supaya debit injektor bisa lebih banayak dan oakai saringan udara racing.. kira” bakalan ngempos ngak yah power dan accelerasi nya … mohon di bantu master motogokil…

    • sehat ke mesin
      nggak sehat ke kuping
      khusus buat balap, lihat knalpot motogp

      nggak ngempos pada rpm yang diinginkan, kalau tuningnya tepat

      • Misi bang,
        Bysonku kan pake slincer satria fu, tp ga tau pula aku slincer fu thailand atau slincer fu mana, mksd ku bang, knp ga kluar suara garing fu nya yah bg, gimana cara nya supaya kluar suara garing fu nya itu bang?
        Tlg solusi nya ya bang.

      • Misi bang,
        Byson ku kan pake slincer satria fu(ga tau thailamd atau mana)
        Suara garing fu nya ga kluar lah bang, di apakan itu bang biar kluar suara garing nya?
        Byson ku udah naik 50 bg, ga 150cc lg..
        Tlg solusi nya lah bg, biar kluar suara garing nya.
        Makasih bang sebelumnya.

      • Om saa pake akrapovic sbk carbon, Orsinil, Slip on,,, tapi suaranya pelem banget ,,,hampir kaya standaran,,, apakah ada cara untuk suranya menjadi gahar Atau bass gede,, apa yg harus di rubah

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting