ganti-oli-bloger

"R15 Versi Racing" Hanyalah Proyek Mercusuar,….New Vixion Lightning Tidak Akan Mampu Menirunya [Bag.1]

Diposting pada

vixion evolution

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua. Semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Seiring dengan diadakannya OMR Yamaha kleas sport 150 cc (Yamaha Asian Cup Race) dengan menggunakan motor R15 spek racing dengan power 27 hp, maka menjadi menarik untuk dibahas “Apakah Old Vixion atau NVL bisa di-upgrade untuk mendekati spek R15 Racing tersebut?”.

Memperhatikan spek mesin std R15 dengan power yang sebelumnya mirip dengan NVL yaitu power 17ps/8500 rpm, yang kemudian disulap menjadi 27 ps, membuat ane penasaran dan ingin memperkirakan ubahan apa saja yg dilakukan sehingga powernya bisa melonjak drastis 60% dari power asalnya. Kira2 apa ya yg di-upgrade. Mari kita bahas bersama;

Sebelum memperkirakan jenis upgrade apa saja yang dilakukan, maka perlu diketahui lebih dahulu beberapa parameter yg menjadi acuan performa, sehingga upgrade-nya bisa terlihat menjadi beberapa tingkatan.

1. Lambda (AFR aktual / AFR ideal), nilai ini menunjukkan perbandingan udara dan bensin yang sangat mempengaruhi besarnya tekanan hasil ledakan pembakarannya. Lambda ideal =1, perbandingan kaya (rich) <1, dan perbandingan miskin (lean)>1

2. Besarnya tekanan efektif rata2 di ruang bakar akibat pembakaran, bisa disusun berdasarkan tipe mesin

bmep level

3. Efisiensi volumetrik, disusun berdasarkan tuning saluran intake dan exhaust mesin

VE level

4. Piston Speed rata2, disusun berdasarkan tipe peruntukan mesin

MPS level

Mari kisa sama2 mendiskusikan evolusi dari old vixion –> new vixion lightning –> nvl racing -x-> r15 racing, mengapa evolusi dari vixion diperkirakan tidak mungkin untuk menjadi r15 racing, dengan hanya menggunakan mesin 150cc spek pabrik.

Kita mulai awal evolusi dari “old vixion” menjadi “new vixion lightning”.

Old vixion dengan spek

  1. bore x stroke = 57 x 58,7
  2. power = 14.879 ps / 8500 rpm
  3. cr = 10.4 :1 , diperkirakan memiliki variabel kinerja sebagai berikut

old vixion 0

Pada posisi ini vixion (old) memiliki parameter yang relatif standar untuk motor 150 cc dengan cr=10.4 :1. Yang menjadi istimewa dibandingkan motor sekelas adalah powernya yang mencapai 14.88 ps /8500. Hal ini semata2 dikarenakan kompresinya yang lumayan tinggi, yang menuntut pendinginan ekstra, yaitu dengan radiator. Pada kompresi tersebut, tekanan pembakaran yg dihasilkan mencapai 12.3 bar, dan sesuai dengan klasifikasi BMEP, vixion sudah berada pada tingkatan high performance.

Untuk kelas sport 150cc yang lain memiliki power lebih rendah (byson dan nmp =13,7 ps) karena mengadopsi mesin dengan cr (rendah) = 9.5 :1. Motor dengan spek seperti ini cukup megandalkan pendinginan udara yg mengalir di sela2 sirip mesin. Jika cr motor2 ini ditingkatkan sampai 10.4, maka powernya pun setara dengan vixion yaitu 14.09 ps, dengan syarat pendinginannya ditambah dengan oil cooler (seperti satria fu 150).

Baik, kita lanjutkan…..

Ketika vixion berubah menjadi new vixion lightning, power nya bertambah menjadi 16.59 ps/8500 rpm. Karena spek mesin nggak berubah dan menurut bocoran dari yamaha hanya melakukan peningkatan di sisi pemasokan udara+bbm ditambah dengan modifikasi ECU, maka karakter mesin NVL sekarang seperti tampak pada gambar berikut

nvl std

Dari gambar di atas terlihat bahwa [4] powernya sekarang 16.59 ps, pada [3] rpm 8500. Untuk mencapai ini maka pada nvl dilakukan :

  1. Peningkatan efisiensi volumetrik 85% (old vixion) menjadi 91% [5], masuk kelas mesin yg sudah di-tuning. Upgrade ini bisa dilakukan dengan mengubah ketinggian lift camshaft dan memodifikasi box filter udara.
  2. Meningkatkan BMEP dari 12.3 bar menjadi 12.82 bar[2], hal sebagai akibat peningkatan konsentrasi bbm lambdanya dari o.8 menjadi 0.75[1], atau bisa dengan memodifikasi ECU sehingga lebih maju atau bisa juga dengan menghasilkan api pada busi dengan energi yg lebih besar.

Jadi kesimpulannya sangat mudah untuk meng-upgrade old vixion mendai NVL.

Lalu bagaimana kelanjutan evolusi upgrade dari vixion ini menjadi R15 versi racing, yang bisa dikatakan mustahil ???

Tunggu artikel berikutnya……(artikel kali ini dah kepanjangan, sabar ya bro)

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.