[DIY] MendekinTinggi Sadel (Seat High) P180UG4, Tanpa Papas Busa Jog

my p180ug4

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Terkendala dengan tinggi badan yang pas2an, mau nggak mau kita harus kreatif dalam mencari solusi terkait motor idaman yang ketianggian tempat duduknya. Banyak cara yang bisa ditempuh, baik dengan menurunkan sok belakang (pernah ane bahas disini), menurunkan sok depan, modif sadel dll. Nah kebetulan ane pernah menangani kasus kayak gini di P180UG4 ane, tinggi ane 165cm, untuk kondisi motor original, kaki jinjit balet, sampai tinggal 2-3 jari kaki saja yang napak tanah (dengan 2 kaki). Sementara itu posisi rider lumayan nunduk, bikin pegel pergelangan tangan, pundak dan pinggang. Oleh karena itu ane berinisiatif untuk modif p180 agar lebih nyaman buat ane.

Beberapa pilihan bisa dikerjakan dalam memendekkan p180 (hasil brosing di internet), diantaranya :

  1. Mendekin sok belakang
  2. Papas busa jog
  3. Mendekin sok depan
  4. Ganti roda + ban

Langkah pertama  yang ane ambil adalah ganti sok belakang dengan sok imitasi gl-pro lawas, langkah ini paling gampang dan kebetulan ada stok sok glpro bekas (bekas modif suprax125). Tinggi langsung turun 5cm, tapi posisi masih sedikit nunduk. Kemudian ane lanjutin dengan modif jok agar menjadi lebih nyaman. Dengan mempertimbangkan kenyamanan duduk, maka ane nggak memapas busa jog, trus gimana cara mendekinnya ??

Sebelum memulai ada baiknya kita lihat bagian2 jog yg akan kita modifikasi

jog bawah

Dan inilah langkah2 nya :

1. Kurangi ketinggian karet pengganjal (lingkaran merah), yang terletak di bawah pangkon plastic jog

karet pengganjal

2. Kikir besi pengunci jog (lingkaran biru), karena bagian ini menghalangi jok untuk turun.

stut pengunci

Batas coakan besi pengait ori warna kuning, setelah dikikir warna hijau. Jadi coakan lebih tinggi dan jog bisa lebih turun.

3. Membalik karet pengait  yang membungkus lidah jog (lingkaran kuning), karena bagian atas dan bawahnya memiliki ketebalan yg berbeda.

karet lidah

Sampai disini modif nurunin tinggi jok p180 tanpa memapas busa, yang jga bisa dilakukan untuk memperbaiki ergonami duduk rider, dan pada motor lain mungkin berbeda. Lebih kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

9 responses to “[DIY] MendekinTinggi Sadel (Seat High) P180UG4, Tanpa Papas Busa Jog

  1. mantab tipsnya . . .

  2. Siipp…

  3. kreatif men sam,,,

  4. Pingback: [DIY] Tinggi P200NS Bikin Grogi Calon Pembeli, Nggak Usah Khawatir….Yok Diakalin | motorgoodness

  5. Oke mas brow

  6. Adhitya Ramadian

    saya juga tinggi cuma 165cm pake ug4, tapi kelima jari kaki napak kok

    btw nice share

  7. P220 saya malah malah saya tinggi in . Hehe biar lebih sporti krna pake full fairing. Tinggi ane 178

  8. Browsing the web is just one of the advantages of smartphone use,
    but a very important one for countless users. Thanks to the Android OS, there is the
    standard package of Google features, along with access to the Android Market.
    The android operating system works alongside a Qualcomm Snapdragon processor (1 GHz),
    a very popular combination of technologies, which is testament to the user experience
    it provides.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan