MotoGP dan Kelakuan FansBoy


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera ย buat kita semua, semoga kita semua selamat di jalan sampai ke rumah.

MotoGP Jerez 2013, baru tadi malem ditayangkan live di Trans7, bloger2 kawakan dulu2an menulis hal2 yang menarik untuk diberitakan, diamati dan dikomentari. Kebetulan podium sejak Qatar-AS-Spanyol gantian Lorenzo, Marquest, Pedrosa, keliatannya bakalan seru MotoGP2013. Tapi yang pasti seru adalah komentar2 di blog2 kondang seperti blog yang dipunggawai oleh Mas Tri, Mas Taufik, Mas Iwan, Mbah Satar, P2R, Mas Ipan dll. Komentar2-nya sebagian besar saling baku hantam dengan opini masing2, entahlah apa komentar itu asli dari komentator yang memihak merek tertentu (FB/fansboy) atau hanya sekedar bikin rusuh.


podium-Qatar2013

Lorenzo juara di Qatar

podium-Austin2013

Marquest juara di AS

podium_Jerez2013

Pedrosa juara di spanyol

Dulu ane saat cuma punya motor 1 merek, juga kayak gitu. Seneng kalo jagoannya menang dan kecewa kalo jagonayya kalah. Meskipun demikian ane nggak sampe menebar komen rusuh baik di dunia nyata maupun di blog2 kondang yang sering ane kunjungi. Ane juga heran kenapa komen2 dari fb bisa rusuh kayak gitu, aneh aja, apa untungnya? apa nggak bikin jelek diri sendiri? Danย yang jelas ngotor2in blog orang dan bikin bingung orang yang bener pingin cari informasi yang valid.

Sekarang ketika ane sudah ngerasaain beberapa merek motor, kok perasaan fanatik merek-nya jadi luntur dan semakin hilang, bro2 gimana, sama nggak sama ane??? ย  Mau yang menang yamaha (lorenzo, rosi, crutlaw), honda (marquest, pedrosa, stoner), ducati (capirossi,stoner) dan yang lainnya, sekarang perasaan ane sama aje. Seneng aja dan bisa bebas menikmati motogp, start-nya, overtake-nya, jatoh-nya dll.

ot_Jerez2013

ot_jl_dp

ot_rossi_stoner

Tapi yang paling ane senengin yang kayak gini nih

rossi-stoner-crash

meskipun kalo ngalamin sendiri, sebel banget/malu, sedih (motor rusak) dan badan sakit dimana2.

Komentar2 FB yang mengunggulkan merek tertentu bisa jadi merupakan luapan emosi dan kecintaan terhadap merek motor tersebut yang kebetulan dipakai saat ini, pengungkapan komentar ini wajar, karena motor sendiri ya dibanggain sendiri, disayang sendiri, siapa lagi kalo bukan owner-nya. Sedangkan komentar2 yang kurang bermanfaat, biasanya keluar dari konteks kesopanan dan kapatutan dalam mengukapkannya, keluarlah kata2 kasar, jorok, merendahkan dll.

Ane sebenernya khawatir apa memang begini sikap sebagian komentator/biker Indonesia, mudah2 tidak. Karena komentar2 seperti itu sangat tidak membangun, bahkan merusak, memprovokasi dan menimbulkan perpecahan dan permusuhan. Kita seharusnya membangun hubungan yang baik, siapa tau nanti kita ketemu di jalan dan bisa saling kenal, sailaturahim dan tolong menolong dalam kebaikan

Sebenernya banyak banget yang bisa dibahas di MotoGP yang bisa memberika pencerahan, misalnya :

1. Teknologi mesin

2. Teknologi kelistrikan

3. Teknologi frame dan suspensi

4. Tekmologi roda, ban dan rem

5. Teknologi komunikasi data

6. Teknologi baju balap, helm, sepatu, body protector dll

7. Perancangan circuit

Tapi apesnya memang kalo pembahasan materi yang make mikir, sudahlah bikin artikelnya berat karena harus bener dan ada sumber otentiknya, eh…..malah jarang yang komen, warung/blog jadi sepi.

Kalo buat ane nih, ane selalu berusaha (bisa berhasil – ย bisa gagal), mudah2 yang kebetulan mampir ke blog ini, nggak sia2. Kagak komen nggak apa2, yang penting begitu blog ane ditutup, para silent reader mendapatkan oleh2 berupa ilmu yang bermanfaat. Betul nggak bro..?

Advertisements

$where = 0;

33 responses to “MotoGP dan Kelakuan FansBoy

  1. namanya juga fansboy, pasti bilang apa yg dilakukannya benar
    http://sarikurnia980.wordpress.com/

  2. begitulah.
    pemikiranny masih sempit.. nunggu ad proyek pelebaran.

  3. itoe betoel adanja ๐Ÿ˜€

  4. ane ngefans sama MM93, karna ya seumur dgn ane ๐Ÿ˜€ soal merk sih dirumah ada “H” & “S” tapi lebih sering ngetest punya temen merk “Y” dari kelas sport hingga bebek :mrgreen:

    • mudah2 aja MM93 panjang umur (nggak kaya simoncelli), sehingga balapan jadi rame dan seru.
      hasil ngetesnya gimana bro? enakan mana “Y”, “H” dan “S” ?

  5. kalo ane fansboy pembalapnya..
    nggak peduli merk motor yg dipakai
    ๐Ÿ˜€

  6. Ane seneng sama orangnya…

  7. karena kalau nonton bkn sebagai fansboy,tontonannya serasa hambar,walau seseru apa pun tontonannya….contoh balapan atau bola,dll
    tp kalau nonton sbagai fansboy,biar gak seru,tetap aja pasti deg-deg an nontonnya

  8. Ga ada untung ny ejek2kan nambahin dosa je, kasihan yg punya warung jadi banyak sampah ny, d tunggu artikel pencerahan yg lain ny mas gokil..

    • betul itu bro, jadi teringat suatu ungkapan (Sabda Rosulullah SAW kepada sahabatnya):”Jangan kalian hina tuhan2 mereka, apakah kalian rela kalau mereka menghina Tuhan kita (Allah SWT) !” (tolong buat yang tahu, tambahin riwayat dan sanadnya, mudah2an hadits ini sahih).
      iya nih ane mau bikin arikel, tapi kok berat banget ya, takut salah ane. kira2 artikel yang ane bayangin mau ane buat adalah :
      1. Ngaji (bagi yang muslim)
      2. Merancang sistem pengapian sepeda motor (mungkin bisa banyak edisi)
      3. Ngoprek engine motor (kompilasi dari beberapa artikel – belum nyoba sendiri)
      4. Nerjemahin bukunya A. Graham Bell, “Performance Tuning in Theory and Practice Four Stroke”. (buuanyak banget edisinya nanti)
      5. Kompilasi modif motor.
      dll
      do’ain ye, supaya ane panjang umur dan sehat sehiingga kesampaian bisa nulis terus.

  9. sebenarnya kalau di motogp lebih fans ke pembalapnya bukan motornya. sampai sekarang saya ngefans sama rossi & marquez

  10. Setuju dengan Bro Achmad Syarani F. Kalau saya sih ngefans sama Simoncelli, tapi udah ga ada…

  11. Setuju mas,,,Menurut aq sih tuh fb cman ingin memancing org utk emosi, krna dya sneng klo da yg terpancing omongannya bhkan smpe emosi memuncak sampe2 kluarlah sikap/kta2 yg tdk sepantasnya,,tujuanya sbnrnya itu sih,,merasa puaaas klo lhat org berbuat tdk baik,,ya allah bukannya mnjga ahlak sesama manusia tpi mlah buat ahlak sodaranya sndri hancur.. nauudzubillah.

    • kita juga bisa mengambil manfaat dari fb macam gini buat instropeksi, jangan2 memang yang dikatakannya ada pada diri kita, kalau demikian maka beruntunglah kita karena segera tahu kesalahan kita untuk segera kita diperbaiki.

  12. saya tetap milih VR46, semenjak dia di HRC dulu, sekarang gak peduli dia pake motor apa, hehe..
    cara nyalipnya itu lho ‘gokil’ ๐Ÿ˜€
    eh, (alm) MS58 mirip2 lho gayanya , eh sekarang udah ada lagi ‘Baby Alien’ MM93 jadi berasa ada generasi baru :mrgreen:
    semoga tetap PODIUM ๐Ÿ˜‰

    *tuk yg pny warung “I follow U” ๐Ÿ’ก

    • sepertinya pilihan ente logis, karena banyak yang milih vr46 sebagai pembalap yang di-fans-i, ya nggak ada yang salah milih jadi fb siapa saja (pembalap) atau fb apa aja (merek motornya). seperti kita waktu milih motor yang mau kita beli, kita beli kan karena suka, nggak ada urusan sama orang lain, duit2 kita (yang beli sendiri lho).
      yang penting nggak boleh merendahkan yang lainnya, atau bahkan sampai terang2 menghina, itu namanya sombong.
      “barang siapa yang ada kesombongan di dalam hatinya, meskipun sebesar biji sawi, maka dia HARAM MASUK SURGA”

  13. Komentar pertama mas di blog sampean. Kalo saya pilih mereknya, saya suka honda, gak ada yg salah kan kalau suka honda? Yang salah itu yg maksa orang buat suka atau gak suka sama pilihan orang lain, sampai bilang orang lain bego lah, tolol lah, buta merek lah. Sama aja kayak kalo di bola saya sukanya argentina. Semua ada pengalaman pribadi masing2 untuk suka sama sesuatu.

    • wah,….makasih bro aya dah mau mampir di marih.
      yoi bro jadi fansboy honda emang nggak ada salahnya, merek lain juga begitu. malah bagus semakin nge-fans, semakin berusaha untuk memahami tunggangan masing2, maka akan semakin nambah ilmunya tentang otomotif, terutama merek yang di-fans-i.
      yang salah tuh, fb yang sombong, suka mencela, memprovokasi, bikin rusuh, dan yang paling salah dan lucu adalah fb yg ngomongin kelebihan motornya dibanding motor lain “TANPA ILMU PERMOTORAN”, alias asal ngomong.

  14. Sebagai orang yg buta masalah dunia permesinan saya cuma tahu luarnya motor aja sama nyaman dan tidaknya tunggangan. Yang bikit jatuh hati dan belum bisa pindah ke lain hati ya pengalaman dulu tahun 90an, suara knalpot yg paling merdu ya honda, kalo ada yamaha atau suzuki di depan ya salip aja kalo bisa, kalo ngak mundur sejauh mungkin biar telinga gak rusak. Ok tetap semangat bro, ada sumber baru lagi nih buat belajar.

  15. Setuju banget mas bro.. salam kenal aku wong iridek (tonggoan kutho karo ngalam) tapi ning jakarta.

  16. Reblogged this on NURFA GIFAZZHA N-G and commented:
    MARQUEST’93

  17. boleh dong gan bahas teknologi2 di motogp,
    sklian yg udah di terapin di motor harian

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting