Tanda-Tanda Perubahan Konstruksi Engine Suzuki Satria FU 150 Injeksi

speedometer satria fu fi

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Karena kemunculan satria fu 150 fuel injection (fi), merupakan motor bebek/ayam jago high performance yang datang belakangan, maka harapan (fans berat suzuki) adalah lebih dari rival-rival nya. Oleh karena itu satria fu fi memiliki beberapa tantangan saat kemunculannya yaitu :

  1. Harus lolos standar emisi euro-3
  2. Performa harus di atas rival-rivalnya, atau minimal harus di atas performa satria fu saat ini
  3. Harus lebih efisien dibandingkan satria fu karbu, paling tidak mendeketai efisiensi rival-rivalnya
  4. Harus lebih keren dari rival (sonic150)

Nah melihat dari bocoran gambar tampilan speedometer dan ukuran knalpot-nya, sepertinya suzuki akan mampu memenuhi tantangan 1 sampai 3. Bagaimana mengetahuinya, mari kita obrolkan bersama…

Pada bocoran tampilan speedometer di atas [sumber : fncounter], menunjukkan limiter yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan limiter satria fu karbu. Mari kita lihat perbandingannya

speedometer satria fu komparasi

Redline satria fi 9500 rpm sedangkan satria karbu di 11500 rpm. Artinya stroke satria fu fi nantinya akan lebih panjang (otomatis bore-nya lebih kecil) dibandingkan dengan satria fu karbu. Perubahan konstruksi engine ini (dari overbore menjadi overstroke) akan memberikan pengaruh positif yaitu :

  1. Torsi akan diraih pada rpm yang lebih rendah, sehingga konsumsi saat melaju di kemacetan lalulintas menjadi lebih irit.
  2. Akselerasi menjadi lebih nendang, sejak rpm bawah sehingga lebih gesit dan tidak kalah dengan rival-rivalnya (sonic150 dan mx king)

Perubahan konstruksi yang di gambarkan oleh speedometer seakan-akan diamini oleh tampilan knalpotnya. Mari kita perhatikan ukuran leher knalpotnya, dan bandingkan antara satria fi dan karbu

suzuki-satria-old n new

Secara sekilas, bahwa diameter header knalpotnya satria fi lebih kecil dibandingkan satria karbu. Hal ini berupakan konsekuensi dari ukuran lubang exhaust, diameter klep ex yang lebih kecil, yang mengikuti diameter pinton yang mengecil. Sehingga cocok, speedometer menggambarkan stroke yang lebih panjang, sedangkan knalpot menggambarkan bore yang lebih kecil.

Melihat motor sport suzuki 150 cc yang lain, maka kita bisa mengacu pada model gixxer 150 dengan bentuk speedometer yang hampir sama dengan bocoran speedometer satria fu fi

gixxer 150 speedometer

Kok sama persis ya ? Maka kemungkinan besar konstruksi bore x stroke juga sama dengan gixxer 150. Untuk mengingat kembali, motogokil tampilkan spesifikasi teknis dari gixxer 150 (155 cc).

spek gixxer 150

Nah kombinasi antara bore x stroke gixxer 150, serta rasio kompresi yang tinggi ala motor beradiator, menghasilkan performa seperti tabel ini (prediksi motogokil)

suzuki-satria-fi overstroke power

Perhatikan beberapa poin :

  1. Konstruksi overstroke (56 x 62.9)
  2. Power diletakkan 1000 rpm sebelum redline
  3. CR=11:1 , karakter engine liquid cooled

Dengan tambahan 5 cc dibandingkan rival-rivalnya, sudah menjadikan performa satria fu fi lebih unggul dibandingkan rival-rival nya (sonic 150 dan mx king). Tinggal bagaimana nanti bobot yang dibawanya, menurut rumor bobotnya berkurang, wak tambah dahsyat nih akselerasinya. Karena disinyalir satria fu akan memiliki pwr yang paling besar di kelas sport 150cc.

Kalau ada salah dan kurangnya mohon maaf, kepada yang lebih faham mengenai bocoran satria fu fi mohon masukannya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

23 Komentar

  1. Dulu waktu ane punya fu yang sering bermasalah itu karbunya,kalau yang injeksi apakah akan mempunyai masalah yang sama ???

  2. Meluruskan saja, sapidometer sertebut katanya om laskar suzuki cm editan dr sapido gixxer, cuman buat ilustrasi ajah, tp gak tau jg klo dipake plek2an sama si fufi…cmiiw 🙂

  3. Untuk meluruskan katanya om laskar satria fi overbore dan soal gambar spido itu editan punya gixxer 150cc, gk mungkin overbore tpi limiternya 9500

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan