Sistem Pengecetan Celup Rangka Yamaha Sampai Dimana ?

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alakum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Kalau kita melihat bagaimana rangka mobil diberikan cat dasar, biasanya lakukan dengan pencelupan, baru kemudian dilakukan pengecetan sesuai dengan warna yang ingin dikeluarkan. Dan seperti yang dijelaskan dalam workshop maupun kunjungan ke pabrik yamaha oleg beberapa blogger, pengecetan rangka motor yamaha, khususnya ranga motor matik juga dilakukan dengan pencelupan. Lalu apakah pengecetan rangka motor yamaha juga dilakukan seperti ini ?

Jika mengikuti beberapa uraian blog-blog otomotif yang adminnya diundang ke pabri motor yamaha di pulogadung, penjelasan umumnya adalah sebagai beriut :

” Yamaha juga menerapkan teknik painting model celup (rangka langsung dimasukin cat cair). Teknik pengecatan ini lebih efektif, karena dapat melapisi rangka bagian luar maupun setiap sudut atau lekukan rangka yang ada di dalam lubang. Ini membuat rangka Yamaha, hampir zero insiden patah karena terkena Korusi yang diakibatkan karena air. Proteksi rangka Yamaha melapisi luar dan dalam rangka. ” [sumber : cicakkreatif.com]

Pertanyaannya adalah apakah pencelupan meliputi selurih bagian luar dalam dari rangka ?

Ternyata jawabannya tidak, karena memang ada bagian rangka yang sangat aman yang tidak perlu harus dilakukan pengecetan pencelupan. Karena pada dasarnya pengecetan dengan metode celup membutuhkan volume cat yang cukup besar. Apalagi jika terdapat lekukan-lekukan, bagian tersebut akan mengkonsumsi cat dengan volume yang lebih banyak ketimbang bagian yang lurus/rata.

Demikian juga yang akan dikonsumsi oleh bagian dalam rangka dalam hal volume cat yang dibutuhkan. Karena sesungguhnya bagian yang rawan karat adalah bagian yang sering terkontaminasi oleh udara lembab dan air, yaitu bagian luar rangka dan bagian-bagian ujung rangka yang terbuka. Nah bagian itulah yang dalakukan cat pencelupan sampai panjang tertentu, karena memang itu diperlukan.

Perhatian bagian dalam yang mengalami pengecetan celup.

Jadi tidak seluruh “bagian dalam” rangka mengalami pengecetan celup, akan tetapi hanya bagian dalam di ranga bagian belakang, lokasinya di atas stoplamp. Karena memang menurut yamaha pengecetan celup pada bagian tersebut telah terbukti memberikan proteksi maksimal pada rangka motor yamaha.¬†Dengan demikian pengecetan, meskipun dengan teknik celup dapat dilakukan dengan seefisien mungkin, tanpa menurunkan tingkat proteksinya terhadap karat/korosi.

Demikian yang dapat iwf infokan, lebih kurangnya mohon maaf. Semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan