Unsur Utama dan Biaya Modif Yamaha WR 155R Jadi Supermoto

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Terkadang entah karena bosan atau karena umur, seorang rider motor tril, ingin beralih style jadi supermoto. Karena ubahan style yang pas dari motor tril memang supermoto. Walaupun ada juga style lainnya, salah satunya adalah modifikasi wr 155r jadi motor tril jadul, kayaknya ini khusus bagi off-roader gaek, untuk sekedar bernostalgia.

Bagi yang mau merubah style yamaha wr 155r dari motor tril menjadi supermoto, mungkin dapat memperhatikan beberapa unsur penting yang merupakan jiwa dari style supermoto :

  1. Velg atau Rim
    Velg mutlak harus ganti dengan diameter yang lebih kecil, umumnya 17 inch. Sedangkan lebarnya membengkak, paling lebar ukuran velg depan 250, sedangkan belakang ukuran 300, banyak juga yang menggunakan lebih kecil dari ukuran tersebut. Banyak merek yang menawarkan paket modifikasi supermoto ini, harganya sepaket sekitar 1,5 juta. Tapi ada yang lebih murah dan juga ada yang lebih maha, tergantung dari merek velgnya. Tinggal pasang pan kemudian pasang ke motor, sedangkan roda aslinya bisa disimpan.
  2. Ban donat menyesuaikan dengan ukuran velg
    Harga ban beragam, untuk ban standar yang sering di tawarkan di plan3t ban harganya sekitar 1juta-an lebih sedikit untuk ban depan dan belakang. Ukurannya lebih kecil, sekitar 130 untuk depan dan 160 untuk belakang. Untuk merek-merek internasional dengan ukuran yang lebih besar, tentu saja harganya lebih mahal.
  3. Kalau nggak mau repot, bisa langsung beli roda satu paket. Yaitu roda lengkap dengan velg, tromol dan bannya bahkan bearingnya juga sudah siap. Tinggal pasang saja pek ketiplek langsung jadi bagian kaki, pnp nggak usah ngakal-ngakalin lagi. Harganya terasa lumayan mahal yaitu 4 jutaan. Ukuran yang kecil lebar velg dan bannya tentu saja lebih murah. Bahkan yang lebih mahal juga ada untuk merek ban dan velg kualitas internasional.
  4. DiskĀ  Brake bagian depan
    Karena style supermoto seringnya digunakan di jalan raya, maka orientasinya pada speed. Untuk kecepatan tinggi diameter disk brake rem depan terlalu kecil untuk meredam kecepatan tinggi. Perlu diganti dengan disk brake yang diameternya jauh lebih besar. Harganya ada yang murah sekitar 300 ribu-an, tapi ada juga yang jauh lebih mahal mencapai lebih dari 1 juta, itu cuma cakramnya saja ya bro. Yang terepnting adalah beli yang cocok dengan merek motornya (ini terkait dengan lubang baut di velgnya) dan juga jangan lupa braketnya agar posisi kaliper dapat menyesuaikan dengan lebar cakram yang baru.
  5. Perberat Reduksi Akhir
    Untuk mendukung kecepatan tinggi, maka reduksi akhir sproket (gir belakang) harus diperberat. Untuk yamaha wr 155r kayaknya ngga masalah, karena power dan torsi yamaha wr 155r sangat kuat. Harga untuk rantai-gir depan-gir belakang yang standar, tidak jauh dengan motor sport standar, di bawah 300 ribu-an. Yang merek internasional harganya nggak masuk akal, bisa lebih dari 3 juta-an. Yang terpenting adalah :

    • Pastikan lubang gir depan cocok dengan as gearbox,
    • Lubang tengan dan lubang baut gir belakang cocok dengan posisi baut di tromol roda belakang
    • Panjang rantainya cukup/pas, nggak kepanjangan apalagi sampai kependekan.

  6. Kalau masih ada duit bisa tambahin supaya style supermoto semakin kental. Komponen yang bisa dibeli adalah knalpot, bar protection, dan lain-lain.

Kalau nggak mau repot-repot, tinggal pake aja, maka siapkan duit sekitar 11 juta-an. Supermoto berbasis yamaha wr 155r akan segera siap menjadi tunggangan harian mas bro sekalian.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan