Yamaha Munculkan Skutik Classy, Apa Maunya ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sejak kelahiran Fazzio Hybrid Connected awal tahun 2022, tentunya banyak pengamat otomotif khususnya sepeda motor, termasuk iwf (admin motogokil ini) bertanya-tanya,

” Ada apa ini, apa maunya yamaha melahirkan segmen ini ?”

Karena skutik yang sudah hadir di pasar nusantara ini sudah bejibun, banyak banget. Mulai dari skutik murah meriah, sport, skutik kencang sampai skutik bongsor untuk touring, ada semua. Ibaratnya apapun yang diinginkan konsumen di kelas skutik, sudah tersedia asal ada dananya saja. Nah tiba-tiba yamaha merilis sebuag segmen skutik baru, yaitu segmen “classy”, pertanyaannya adalah konsumen jenis apa yang akan disasarnya.

Untuk sementara saat itu iwf iyain aja dah, dengan keyakinan bahwa tidak mungkin pabrikan motor sebesar yamaha sembarangan mengeluarkan motor di segmen baru ini. Tentunya skutik classy ini sudah didahului oleh survei dan pertimbangan yang matang baik mengenai segmen pasar, kesiapan logistik maupun kesiapan pelayanan pasca pembelian. Dan ini juga yang bikin penasaran, dari hasi survei dan persiapan yang matang, motor skutik segmen classy yang bagaimana sih yang dirilis (waktu itu soalnya iwf belum lihat langsung si classy ini).

Nah begitu tahu motornya, iwf melihat langsung yamaha fazzio saat perilisannya dan juga sempat menyentuh finishingnya saat launching di Surabaya, barulah iwf faham, apa yang dimaksud “Classy” pada segmen ini. Ternyata yang menyebabkan segmen ini punya nuansa berada di kelas lain yang lebih tinggi dibandingkan skutik-skutik lainnya adalah :

  • Pandangan pertama saat melihat skutik ini, memang begitu berbeda. Ada nuansa lain, agak aneh, tapi terasa lebih ekskusif. Karena bentuknya secara menyeluruh serta warnanya memberikan kesan “wow’ dan “wah”. Selain style dan warnanya, bagian yang tampak pencolok lainnya adalah full digital speedometer dan headlamp dengan desain LED yang unik [artikel].
  • Ketika iwf memandang lebih dekat dan meraba finishing nya memang wajar kalau skutik ini lebih berkelas dibandingkan skutik-skuitk lainnya. Finishinganya halus dan catnya terasa lebih mahal dibandingkan cat motor-motor yamaha lainnya. Padahal cat motor yamaha sudah yang terbaik dikelasnya.
  • Ketika merasakan tarikannya, ternyata skutik Classy ini tidak kemayu alias “lemot”. Tarikannya sangat responsif melibas kemacetan di kota Surabaya dengan lalulintas yang terbilang padat. Jadi selain penampakannya lebih berkelas, performanya sangat bisa diandalkan.
  • Ketika menelisik lebih dalam mengenai fitur-fitur apa yang dimilikinya, barulah iwf yakin bahwa si classy ini memang punya kelas yang berbeda. Karena begitu banyak fitur yang bermanfaat bagi rider yang disematkan di motor ini, di antaranya :
    • Di sektor mesin didukung fitur Blue Core Hybrid yang menungkinkan mesin mendapatkan dua sumber tenaga saat awal pergerakannya, sehingga lebih responsif di putaran rendah. Juga dilengkapi fitur  Electric Power Assist Start yang menciptakan akselerasi awal lebih bertenaga dan halus, serta fitur One Push Start yang membuat mesin cepat menyala dengan sekali sentuhan dan Stop Start System yang berfungsi untuk mematikan motor secara otomatis ketika motor tidak digunakan, misalnya saat macet total.
    • Di sektor keamanan ada fitur Smart Key System, sistem kunci canggih tanpa anak kunci (keyless) dan fitur Answer Back System
    • Di sektor monitoring didukung oleh fitur Y-Connect yang dapat menghubungkan motor dengan smartphone telah di sematkan dalam produk yamaha keluaran terbaru ini. Aplikasi Y-Connect membantu memudahkan pengendaranya untuk mendapatkan notifikasi pesan, telepon, lokasi parkir, rekomendasi perawatan, hingga monitoring konsumsi bahan bakar pada kendaraan.
    • Di sektor fitur-fitur fungsional lainnya terdapat Electric Power Socket yang berfungsi untuk mengisi daya pada gadget sehingga selalu terkoneksi, Spacious Lidded dan Open Pocket yang berguna untuk menyimpan barang bawaan pengendara dengan pilihan penyimpanan tertutup dan terbuka, Double Hook Carabiner sehingga lebih praktis dan tentunya barang bawaan semakin aman dan kapasitas bagasi 17,8 L terbesar di kelas nya sehingga semakin praktis.

Sepertinya hasil survei yamaha menunjukkan bahwa banyak rider skutik yang ingin tampil beda. Mereka ingin “leveling up” atau menaikkan penampilannya, lebih tinggi dibandingkan naik skutik biasa. Dan ternyata rider jenis ini banyak jumlahnya baik dikalangan rider skutik yamaha sendiri, maupun merek lain. Wajar jika yamaha melahirkan segmen ini, segmen yang baru, dengan motor skutik yang benar-benar berkelas hampir di semua sektornya.

Jadi bagi rider yang ingin penampilannya naik kelas dan menjadi lebih berwarna saat riding di keseharain baik ke kantor atau sekedar ngopi, yamaha fazzio ini memang sangat cocok untuk dipilih. Naik motor ini memang langsung berasa naik kelas. Kalau nggak percaya cobain saja, pinjem sebentar punya temen yang sudah duluan beli skutik classy yamaha ini.

Rasakan “Color Up Your Life”, naik yamaha fazzio connected hybrid !

Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan