Tips Menggunakan Helm Full Face dari Yamaha STSJ

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat diperjalanan sampai ke tujuan.

Helm merupakan salah satu atribut kelengkapan yang wajib dikenakan oleh para bikers. Tentu penggunaan helm berfungsi untuk menunjang keselamatan berkendara. Ada beberapa jenis helm yang beredar di pasaran, salah satu jenis helm yang paling aman adalah helm full face. Jenis helm ini dapat melindungi semua bagian kepala pengendara, mulai dari leher bagian belakang hingga dagu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih helm full face, hal terpenting adalah helm sudah memiliki lisensi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Agus Hariyanto, Instruktur Yamaha Riding Academy PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) menyampaikan bahwa dalam memilih helm full face harus juga harus mengutamakan keamanan dan kenyamanan ketika digunakan. Seperti sesuaikan helm dengan ukuran kepala, agar tidak kebesaran dan terlalu sempit. Agus menambahkan :

“Bisa juga konsumen memilih helm dengan kaca yang bening. Sehingga ketika malam hari pandangan tidak jadi gelap. Pada intinya, tidak perlu memilih helm yang terlalu mahal. Pilihlah helm yang membuat anda nyaman dan aman ketika berkendara. Walaupun jenis helm ini identic digunakan ketika mengendarai motor sport, namun motor bebek atau matic juga boleh mengenakan helm ini,”

Meskipun dianggap sebagai salah satu jenis helm yang paling aman, pengendara juga harus memperhatikan beberapa hal ketika menggunakan helm full face. Sebab ada beberapa kondisi dengan visibilitas penglihatan pengendara yang dapat menyebabkan bahaya jika salah dalam mengambil tindakan. Seperti akan ada blind spot atau titik buta yang ada di bagian kiri dan kanan pengendara ketika mengenakan helm jenis ini. Hal ini akan menghalangi pandangan pengendara karena terhalang oleh helm.

“Untuk mengantisipasi hal ini, pengendara memang harus fokus untuk menjaga pandangannya. Hal ini berguna agar pengendara memahami kondisi jalanan dan bisa menghindari potensi bahaya yang ada,” tambah Agus.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan safety gear lainnya seperti jaket, dan sarung tangan untuk menunjang keselamatan berkendara. Penggunaan celana panjang dan sepatu juga dianjurkan bagi setiap pengendara sepeda motor sehingga berkendara lebih aman dan nyaman. Kunjungi akun instagram resmi @Yamahafriends untuk Informasi lebih lanjut.

Semoga info ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan