5 Pembalap Ducati Kuasai Grid Terdepan MotoGP Amerika

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pabrikan ducati sepertinya memang menginginkan juara dunia motogp 2022 di tangannya. Entah tim pabrikan ataupun satelit, yang penting harus ducati yang menang. Jadi wajar jika mereka menurunkan banyak sekali motor di musim ini, tidak tanggung-tanggun sampai 8 motor dalam 4 tim.

Dan pencapaiannya dapat dilihat pada hasil kualifikasi motogp amerika tadi malam. Tercatat 5 motor teratas dalam 10 besar di sesi kualifikasi adalah ducati. Jorge martin (posisi-1) dan Johann Zarco (posisi-4) dari tim Pramac Racing, francesco bagnaia (posisi-2) dan jack miller (posisi-3) dari tim Ducati Lenovo Team DUCATI serta Enea BASTIANINI ITA (posisi-5) dari tim Gresini Racing MotoGP. Sisanya di posisi 10 besar ditempati oleh pembalap yamaha, suzuki dan honda, luar biasa !!!

Berikut ini hasil kualifikasi tadi malam …

Bahkan jorge martin (jm89) mampu memecahkan rekor lap time tercepat yang peran diciptakan oleh marc marquez (mm93). Sebelumnya pada tahun 2015 mm93 berhasil menorehkan lap time sekaligus memecahkan rekor yaitu¬† 2’02.135. Dan setelah 7 tahun baru rekor tersebut berhasil dipecahkan oleh jm89 dengan lap time 2’02.039, lebih cepat 0,1 detik.

Tiga pembalap setelahnya yaitu posisi-6 sampai 8 adalah pembalapn dengan motor ber-engine  4-inline. Artinya pembalap susuki dan yamaha yang mengusung engine dengan konfigurasi ini punya kans juga untuk menang atau minimal podium di sirkuit ini. Seperti yang diraih joan mirr di tahun 2020 dan fabio quartararo di posisi-2 pada tahun 2021.

Bagaimana dengan marc marquez (mm93) yang berada di posisi-9 saat start nanti malam ?

Kemungkinan podium bahkan juara di sirkuit cota musim 2022 ini tetap masih ada bagi marc marquez. Mengingat ia adalah raja sirkuit cota di kelas motogp sampai saat ini. Akan tetapi sangat kecil, karena beberapa sebab, diantaranya :

  • Pembalap-pembalap di depan adalah pembalap yang sangat kuat, dengan berbekal engini yang juga lebih powerful dibandingkan dengan honda rc213v. Sehingga jika start pembalap terdepan ini sangat bagus, maka mm93 akan segera tertinggal jauh di belakang.
  • Jarak start antara dia dan posisi terdepan cukup jauh. Sehingga seandainya tiga pembalap terdepan dapar start dengan baik, maka 5 pembalap (johann zarco, enea bastianini, fabio quartararo, alex rins dan joan mir) antara ia dan 3 terdepan akan cukup merepotkan untuk di overtake.
  • Apalagi performa mm93 di atas motor terbarunya (honda rc213v versi 2022), menurut iwf masih belum optimal, seperti saat balapan tahun lalu.

Jadi kecil kesempatan untuk mm93 maju ke kelompok depan, apalagi sampai juara. Tapi tetap saja, pada balapan yang sesungguhnya semua prediksi bisa saja batal. Karena banyak yang bisa terjadi, seperti banyak pembalap di depan yang crash, perubahan kondisi cuaca yang tidak terprediksi dan lain-lain. Pastinya jika mm93 bisa merangsak sampai ke depan, tentunya balapan akan terasa lebih greget, baik bagi yang nonton, maupun bagi yang juara.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan