Yang Menarik dari MotoGP Mandalika Sebelum Race

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Ada banyak hal menarik yang terjadi mulai dari babak latihan bebas (free practice) sampi babak kualifikasi. Banyak hal-hal tidak terduga yang terjadi mulai dari kejadian yang menimpa pembalap juga yang menimpa motornya. Mungkin semua ini terkait dengan layout sirkuit yang memang baru mereka kenal, aspal yang baru yang tidak sesuai dengan feeling pembalap yang terbentuk dari tes pra musim dengan aspal lama, atau karena terkadang lintasan basah karena hujan dan terkadang sangat panas “bagai neraka”.

Yang pertama paling menarik adalah crash (jatuh) nya marc marquez sampai 3 kali. Yang pertama terjadi pada saat fp-2 yang mana ia jatuh dengan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga terlihat motor honda rc213v nya meluncur sangat kencang keluar lintasan, untuk saja marc marquez tidak cidera. Kemudian pada hari ini ia crash lagi sebanyak 2 kali, sekali lagi masih untung ia tidak cidera.

Selain marc marquez, banyak juga yang terjatuh baik pembalap motogp lainnya seperti enea bastianini juga pembalap lainnya, terutama pada saat moto2 sedang latihan bebas.

Kejadian menarik lainnny adalah terbakarnya, motor alex rins, suzuki gsx-rr bernomor 42. Entahlah apa yang terjadi pastinya, jika motor terbakar biasanya hubung-singkat arus listrik (korsleting) plus terkena saluran bensin. Untungnya alex rins segera menyadarinya dan meninggalkan motornya di pinggir lintasan. Dan mara marshal segera memadamkannya sebelum motor tersebut meledak.

Dan yang terpenting adalah hasil yang diperoleh fabio quartararo pembalap pabrikan yamaha (Monster Energy Yamaha MotoGP) yang sangat manis hari ini yaitu pole position. Padahal kemarin motornya sempat mogok dan mungkin saja membuatnya was-was tentang hasil hari ini. Sementara itu hasil pahit diterima oleh kedua pembalap pabrikan repsol honda tercecer di Q1 sehingga hanya mampu menduduki grid 15 (marc marquez) dan 16 (pol espargaro).

Berikut hasil kualifikasinya

Dilihat dari hasil kualifikasi ini, sepertinya motor-motor dengan konfigurasi v-4 cocok di sirkuit mandalika ini. Terlihat banyak motor dengan konfigurasi v-4 seperti ducati, KTM dan aprilia menduduki posisi 10 besar. Akan tetapi fabio quartararo berhasil mengoptimalkan yamaha M1 dengan konfigurasi inline-4 yang berhasil mempecundangi para rider yang mengendari motor ber-engine v-4.

Yang menarik untuk diperhatikan adalah, anjlognya posisi marc marquez dan pol espargaro, sampai nggak bisa ikut q2. Pol yang sempat mencatatkan posisi terbaik pada tes pra musim dan marc yang juga mencatatkan posisi terbaik saat fp-3, tidak mampu meenembus q2. Denger-denger terkait dengan aspal sirkuit mandalika yang kalau siang super panas, michelin bawain ban tipe keras (hard) yang nggak sesuai dengan pengembangan motor honda rc213v versi 2022.

Pantas saja marc marquez berjibaku, sampe jungkir balik untuk mendapatkan performa terbaiknya. Ternyata selain ia masih kurang familier dengan honda rc213v yang memiliki style yang “nggak marquez bqnget”, ia juga harus menghadapi ban yang nggak klik dengan motornya. Alias ban nggak sesuai dengan riset dan pengembangan honda rc213v versi 2022.

Marc marquez slip ban belakang hampir high side

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan