Mengapa Marc Marquez “Melempem” di MotoGP Qatar ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Marc marquez (mm93) tampil beda di balapan motogp 2022 seri qatar kali ini. Ia tidak seagresif biasanya, tapi tampil kalem, bahkan kalem banget. Sampai-sampai ia pasrah di-overtake oleh pol espargaro, brad binder, enea bastianini dan aleix espargaro. Bahkan terlihat begitu mudahnya ia menyerah dan tidak memberikan perlawanan sama sekali setelah di-overtake lawan-lawannya.

Banyak sih alasan marc marquez ketika menjawab beberapa pertanyaan wartawan, yang bisa iwf simpulkan yaitu :

  • Pengembangan motor dari tahun 2020-2021, honda rc213v versi 2022 tidak benyak melibatkan marc marquez
  • Ada perombakan karakter honda rc213v versi 2022, dari yang sebelumnya kuat di grip ban depan, diubah menjadi merata depan-belakang
  • Pace marc marquez masih belum bagus dibalapan kali ini, dan ia masih dalam tahap adaptasi dengan karakter motor motor yang berubah ini. Tidak sesuai karakter yang cocok bagi dirinya seperti sebelumnya yang grip kuat di depan sekarang dibuat merata.
  • Balapan berlangsung dengan kecepatan yang terlalu tinggi baginya, tidak sesuai yang ia prediksi. Artinya lawan-lawannya melaju lebih kencang dari yang ia bayangkan sebelumnya.
  • Jatuhnya (crash) ia saat latihan bebas, membuatnya lebih berhati-hati, dan tidak mau ambil resiko. Hal ini merupakan pertimbangan yang masuk akal terkait dengan keterbatasannya meng-handle motor honda rc213v dengan karakter baru ini.
  • Sirkuit losail qatar, bukan sirkuit favoritnya, dan ia harus bekorban banyak jika ingin menang di sirkuit ini. Jika mau menang, ia harus siap jatuh (crash). Dan saat ini ia tidak siap untuk gagal, apalagi ia merasakan bahwa saat menjelang akhir balapan, ia sudah semakin kehilangan kendalinya pada ban depan dan belakang. Mending dapat posisi-5 dengan poin 11 dari pada jatuh.

Lalu mengapa pol espargaro (pe44) mampu menjinakkan honda rc213v, bahkan mampu emmimpin balapan mulai dari lap-1 sampai lap-17 ? Pastinya ia membalap lebih baik ketimbang marc marquez, karena beberapa hal dan yang paling utama adalah ia memiliki andil yang besar pada pengembangan honda rc213v versi 2022. Dan ia lebih punya banyak waktu untuk melakukan adaptasi sehingga lebih “click” dengan motornya saat balapan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan