Hari Ke-6 Siang Ini Sirkuit Mandalika Diaspal Ulang

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu sampai juga, siang hari ini per tanggal 5 maret 2022, lintasan sirkuit mandalika diaspal ulang. Prosesnya sudah dipersiapkan sejak tadi pagi, mulai dari memindahkan alat-alat berat ke sirkuit, menyediakan “keset” untuk tandem roller, dan juga pemberian prime coat, alias aspal cair panas ke atas lapisan aspal yang sudah dibersihkan kemarin. Sepertinya segmen pengaspalan lebih pendek dari segmen pengelupasan, karena segmen pertama pengaspalan ini dimulai dari sebelum tikungan-17 dan berakhir di lintasan lurus sedikit setelah lampu start.

Dan alchamdulillah cuaca cerah bahkan panas, dan ini sangat bagus untuk proses pengerjaan aspal yang berkualitas tinggi. Padalah tadi pagi sempat turun hujan tipis-tipis alias gerimis. Dan seperti pengaspalan sebelumnya, prosesnya diawali dengan memberikan prime coat yang cukup dilakukan oleh tiga orang (sepertinya satu orang bertugas sebagai pengawas), plus supir mobil truk asphalt sprayer.

Setelah semua area di segmen-1 pengaspalan siap (telah diberi prime coat semua), baru pengaspalan ulang dimulai. Sepertinya acara ini dibuka dengan cukup simbolis, karena terlihat banyak sekali orang yang menyaksikannya. Kemungkinan banyak wartawan yang meliputnya untuk kepentingan dorna dan motogp.

Dan setelah segmen-1 ini dihamparkan aspal (stone mastic asphalt) secara merata, selanjutnya akan dipadatkan dengan menggunakan beberapa mesin giling. Mesin ini sudah dipersiapkan sejak tadi padi dengan melakukan pengisian air pada roller-nya. Jadi roller baja yang digunakan sebagai roda penggiling sebenarnya berongga dan kosong saat tidak digunakan. Dan ketika akan digunakan diisi dengan air, sehingga bobotnya naik drastis menjadi 4-8 ton, tergantung volumenya.

Juga sudah disiapkan keset, mungkin terbuat dari kain atau kertas yang memiliki daya serap yang baik terhadap minyak. Menurut iwf, permukaan pengaspalan lapisan ke-3 ini dilakukan dengan menghampas sma yang pada saat panas mengandung minyak. Karena memang aspal asalnya dari resedu minyak bumi yang kemudian diolah dengan cara dan campuran tertentu sehingga memiliki sifat yang dibutuhkan untuk sirkuit motogp ini. Dengan adanya keset ini, dapat mengurangi lumuran minyak yang menempel di roller, sehingga roller dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih baik.

Semoga saja Allah memberikan kemudahan dan kelancaran pada proses pengaspalan ulang sirkuit mandalikan ini. Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan