Info Kecepatan Mesin CMC Mengupas Aspal di Mandalika

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sampai hari ini, sabtu tanggal 26 februari 2022, proses pengelupasan aspal sirkuit mandalika mualai dari sebelum tikungan 17 sampai setelah tikungan 5 masih belum dilaksanakan. Seperti yang iwf sampaikan di artikel sebelumnya, bahwa rencanya proses pengaspalan ulang baru akan dilaksanakan pada awal maret. Dan hari ini sudah terlihat alat berat cold milling machine (cmc) sudah memasuki pinggir sirkuit dan sedang diuji coba.

Menurut filing iwf, sepertinya alat cmc yang digunakan ya hanya satu ini saja. Karena sampai hari ini, setelah alat ini tiba 2 hari yang lalu belum ada panambahan alat cmc. Tapi jangan khawatir, karena proses penggarukannya berlangsung lumayan cepat. Sehingga tindak perlu memakan waktu yang lama dalam mengelupas aspal sirkuit, berikut perhitungan waktunya…

Seperti yang diinformasikan ITDC bahwa asapal yang akan dikelupas sepanjang 17% dari panjang total sirkuit. Sehingga jika panjang totalnya 4310 meter, maka panjang lintasan yang asapalnya akan dikelupas adalah sekitar 754,25 meter. Jika lebar garukan dari mesin cmc (iwf mengambil spesifikasi cmc w220, karena gambarnya mirip), adalah 2,2 meter, maka untuk menggaruk sirkuit mandalika yang lebarnya mencapai 15, harus dilakukan 7 kali jalan. Jika cmc bekerja pada kecepatan maksimum 5,3 km/jam, maka penggarukan seluruh bagian yang perlu diaspal ulang hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.

Dengan catatan mesin dalam kondisi normal dan mampu bekerja maksimal. opsi lain, menurut spesifikasinya, drum penggaruk bisa diganti dengan yang memiliki lebar 2,5 m, sehingga hanya dibutuhkan 6 kali jalan, dan tentu saja waktunya lebih cepat. Berikut perhitungan kasarnya.

Pantesan saja, kok sampai hari ini iwf merasa nih mesin cmc kok masih nyantai. Lha wong kalau ngerjain segitu doang hanya butuh waktu satu jam. Barangkali yang lama adalah mendatangkan alat-alat dan material, serta setting sana-sini. Jadi jangan khawatir, berdoa saja semoga tidak ada kendala apapun dalam proses penyelesaian aspal ulang sirkuit mandalika ini.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

 

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Mau Tahu Bentuk Gigi Buat Garuk Aspal Mandalika ? - MOTOGOKIL
  2. Aspal Sirkuit Mandalika Mulai Dikelupas, Seberapa Cepat Riilnya ? - MOTOGOKIL

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.