Aspal Ulang Lintasan Sirkuit Mandalika, Kok Cuma 4 Cm ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sah sudah lintasan sirkuit mandalika harus di aspal ulang mulai dari sebelum tikungan 17 sampai dengan setelah tikungan 5. Hampir semua alat berat sudah tiba, hanya saja material batu kerikil dari palu yang belum datang. Jadi diperkirakan pengaspalan ulang baru bisa dilakukan pada awal maret 2022.

Meskipun demikian kalau menurut iwf, hal yang bisa dilakukan saat ini adalah pengupasan aspal pada bagian yang mau diaspal ulang dengan menggunakan cold milling machine (cmc) yang alatnya sudah tersedia sejak kemarin (kamis, 24-02-2022). Karena proses pengupasan aspal akan berlangsung lambat, mengingat dari besarnya beban dan kapasitas cmc yang tersedia. Nggak tahu juga sih, kalau jumlah cmc-nya banyak, yang kalau dijejer area pengupasannya bisa selebar sirkuit, mungkin pengupasan aspal bisa dilangsung dengan sangat cepat.

Pertanyaannya adalah :

“Mengapa aspal yang dikupas hanya setebal 4 cm, tidak diganti semuanya ?”

Berikut analisisnya…

Pembuatan lintasa balap sirkut madalika dibangun dengan 10 tahapan, berikut tahapannya :

  1. Penggalian bagian trek utama (main track) sedalam 1 meter untuk pondasi, sepanjang 4,31 km.
  2. Pembuatan service road di kanan dan kiri trek.
  3. Pemberian lapisan pengerasan agregat tanah setelah dilakukan pengerasan sebelumnya. Lalu dilapisi lagi dan  dikeraskan lagi tanahnya, lalu dilapisi lagi.
  4. Pembuatan drainase, dilakuakn dengan penggalian tanah selanjutnya dicor. Drainase ini ada di kanan dan kiri trek.
  5. Pengaspalan dalam beberapa tahapan dalam pengaspalan, seperti asphalt base, asphalt grinder, dan asphalt wearing.
  6. Pembuatan asphalt berm yang berfungsi untuk membuat aliran air yang jatuh ke trek tidak menggenang dan mengalir ke jalur pembuangan.
  7. Pengerjaan detail service road dengan syarat penting yaitu harus mudah untuk dilewati.
  8. Pengerjaan area run off, yang terdiri dari banyak bagian, seperti aspal, gravel bed, dan juga rumput. Semuanya dibangun di setiap tikungan yang krusial, sesuai dengan standar regulasi FIM.
  9. Pembuatan tunnel (terowongan), agar bisa mengakses masuk ke bagian tengah sirkuit
  10. Asphalt Mixing Plant (AMP), dengan menggunakan 5 unit AMP.

Dari urutan pengerjaan lintasan sirkuit mandalika ini, yang sekarang menjadi fokus pembicaraan adalah main track. Dari jalur yang sudah digali sedalam 1 meter ini kemudian dilakukan beberapa hal, yang salah satunya pengerasan. Kemudian dilakukan pengaspalan yang dilakukan dengan 3 lapisan. Kira-kira isi dari jalur yang digali sedalam 1 meter (1000 mm) ini seperti tampak pada gambar berikut.

Jadi 3 lapisan teratas itulah yang merupakan aspal dengan berbagai karakteristik yang berbeda. Dan inilah yang sering disampaikan dalam informasi mengenai lapisan aspal sirkuit mandalika. Seperti yang tampak dalam gambar berikut.

Menurut iwf, karena perintah dorna-fim adalah resurfacing, artinya yang perlu diperbaiki adalah hanya bagian permukaan. Artinya bagian lapisan di bawahnya tidak mengalami  kerusakan alias baik-baik saja. Nah lapisan permukaan tersebut adalah lapisan paling atas yang hanya setebal 40 mm, alias 4 cm. Dan jika dilihat proses pengaspalan di pertangahan tahun 2021 lalu, memang ketebalan lapisan aspal paling atas adalah sekitar 4 cm, berikut penampkannya.

Pertanyaannya berikutnya yang akan muncul adalah, lapisan yang digembar-gomborkan sangat kuat ini dengan berbagai kata-kata yang mensiratkan kebanggaan (yang berlebihan) kok bisa ambrol dilibas ban-ban momtor motogp ?

Banyak sekali jawaban baik yang ilmiah maupun jawaban politis yang dikeluarkan, baik oleh analisis sirkuit maupun oleh orang-orang yang terlibat dalam pembangunan sirkuit mandalika. Jika simpulkan minimal ada empat jawaban yaitu :

  1. Pengaruh alam, yaitu yang paling bertanggungjawab adalah hujan. Dan jawaban ini banyak yang menyangkalnya, karena sirkuit sepang dengan kondisi cuaca yang sama, bahkan dengan kualitas aspal yang setingkat di bawah aspal mandalika, tetap aman dan mampu bertahan terhadap hujan.
  2. Pergeseran tanah. Jawaban ini tersangkal dengan permintaan dorna-fim yang hanya meminta resurfacing. Kalau terjadi pergeseran tanah, maka kemungkina besar dorna-fim akan meminta pembongkaran sampai lapisan bawah.
  3. Skill dari pekerja yang kurang memenuhi syarat, karena baru pertama kali melakukan pengaspalan dengan menggunakan stone mastic asphalt (sma). Untuk yang satu ini juga kemungkinannya sangat kecil terjadi, karena yang iwf lihat di video-video saat pengaspalan, proses ini di bawah pengawasan yang sangat ketat, baik oleh pengawas lokal, maupun internasional.
  4. Penggunaan material yang tidak sesuai. Para pengamat tidak menyangsikan kualitas aspalnya, karena memang mereka tahu bahwa aspalnya adalah aspal terbaik yang diimpor dari inggris. Yang disangsikan adalah batu kerikilnya, karena disinyalir lemahnya ikatan antara batu-aspal diakibatkan oleh batu yang tidak sesuai yang direkomendasikan oleh konsultan. Nah inilah yang menurut iwf paling masuk akal dan paling mungkin terjadi, karena iwf punya pengalaman pribadi tentang kejadian mirip seperti ini, dan juga cerita pengalaman seorang teman di teknik sipil.

Pertanyaan berikutnya adalah jika memang menggunakan material yang tidak sesuai spesifikasi, kok bisa lolos dari pengawasan ? Entahlah, yang jelas kalau sudah tercampur (mixed) ya akan susah memeriksanya, sudah bercampur aspal, hitam semua. Berikut ini penampakan aspal lapisan ke-2 dan ke-3 (sma), ciri fisis batunya sudah tidak kelihatan, tertutup aspal.

Nah disinilah inspeksi harus dilakukan oleh pihak eksternal, agar semakin jelas akar masalahnya, disengaja atau tidak. Sehingga kedepannya hal seperti ini tidak terjadi lagi.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Info Kecepatan Mesin CMC Mengupas Aspal di Mandalika - MOTOGOKIL

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.