Mau Tahu Bentuk Gigi Buat Garuk Aspal Mandalika ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Baru dapat kabar angin bahwa proses pengupasan aspal sirkuit mandalika baru besok akan dilakukan. Dan mesin cold milling machine (CMM) yang digunakan kemungkinan ada dua unit, meskipun yang tampak baru satu unit. Seperti yang iwf kabarkan di artikel kemarin, bahwa menurut perhitungan iwf dengan kapasitas maksimum, mesin CMM dapat menyelesaikan proses pengupasan hanya dalam waktu satu jam. Kalau kapasitasnya diturunkan ya tentu saja akan semakin lambat, sedangkan jika mesinnya lebih dari satu malah jadi semakin cepat.

Jika melihat gigi-gigi yang digunakan, maka proses yang dilakukan oleh mesin cmm mungkin lebih tepat disebut “penggarukan”. Karena mesin cmm ini menggunakan drum dengan diameter lebih dari satu meter yang permukaannya bergigi-gigi dengan disain pemasangan yang beragam. Tergantung tingkat kehalusan yang diinginkan. Gigi-gigi penggaruk ini bisa dilepas dan diganti jika aus, berikut penampakannya…

Dan untuk cmm jenis wirtgen w220 konfigurasi gigi pada drumnya menyesuaikan dengan tingkat pengerjaan yang dilakukan. Berikut penampakan konfigurasi gigi dan tingkat pengerjaannya.

Dan proses pengelupasan atau penggarukan aspalnya dapat dilihat dalam gambar ini.

Jadi prosesnya secara garis besar sangat sederhana, yaitu aspal digaruk kemudian dibawa oleh coveyor ke bak truk. Tapi karena yang digaruk itu aspal yang keras yang merupakan kerikil yang dipadatkan dengan diikat oleh lem/aspal, maka jadi tidak sederhana. Karena gigi-giginya harus kuat, dan tenaga yang digunakan untuk memutar drum juga harus sangat besar.

Ada informasi per hari ini ahad 27 februaru 2022, bahwa batu kerikil yang dibutuhkan untuk pengaspalan ulang sudah tiba di pelabuhan tadi pagi, dan kemungkinan saat ini dalam tahap pencampuran dengan aspal (mixing). Dan dari informasi terakhir sore ini, ternyata mesin cmm yang akan dioperasikan ada dua, satu yang besar (mungkin tipe w150 s/d w220, gedenya hampir sama secara sekilas), dan satu lagi yang kecil mungkin tipe w100.

Oh ya, pada artikel kemarin iwf menyajika perhitungan kecepatan pengelupasan aspal untuk tipe w220. Kalau yang digunakan ternyata lebih kecil maka kecepatannya akan turun. Karena lebar garukannya juga lebih sempit, dan kecepatannya lebih rendah. Misalnya tipe w150, lebar garukan (milling) standarnya hanya 1,5 m dan keceptannya saat miling maksimum hanya 2,4 km/jam.

Sampai sore ini belum dilakukan proeses pngelupasan aspal dengan menggunakan mesin cmm ini. Kemungkinan besar besok baru dikerjakan.

Lebih dan kurangnya mohon maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan