Ketahui Keunggulan Rem Cakram !

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Seiring dengan berkembanya teknologi dalam dunia otomorif, teknologi pengereman juga terus berinovasi. Jika dahulu menggunakan tromol, kini sistem pengereman sepeda motor banyak beralih menggunakan disc brake atau rem cakram. Pada dasarnya, rem cakram memiliki peran yang penting dalam kegiatan berkendara.

PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) selaku main dealer motor Yamaha di Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, dan Nusa Tenggara merekomendasikan konsumen untuk terus memperhatikan kesehatan rem cakram nya guna menghindari terjadinya kecelakaan. Fungsi dari komponen tersebut ialah menahan gerakan atau rotasi pada sepeda motor.

Ilham Wahyudi selaku General Manager Service & Sparepart Yamaha STSJ mengatakan bahwa seringkali konsumen lalai dalam melakukan perawatan terhadap rem cakram kendaraannya.

“Rem cakram ini tersusun dari piringan logam yang akan memberikan gaya jepit atau yang biasa dikenal dengan kampas rem, gunanya untuk menahan laju dari kendaraan,” ujar Ilham

Adapun keunggulan dari penggunaan rem cakram adalah sebagai berikut :

1.  Bentuknya yang simple dan kecil; Rem cakram sering diaplikasikan untuk sepeda motor karena memiliki bentuk yang simple dan kecil.

2.  Model rem terbuka; Dengan model rem terbuka, maka pelepasan panas dari dalam sistem rem akan lebih baik. Sehingga rem jadi tidak muda panas

3.  Pengereman efektif dan teknologi hidrolik; Penjepitan rem hidrolik memiliki daya rem 100% serta membawa efek yang dibutuhkan sesuai dengan daya rem yang diinginkan pengendara, sehingga lebih presisi.

4.  Durabilitas baik meskipun basah dan lebih awet; Rem cakram ini termasuk dalam kategori awet, karena menggunakan piringan logam serta komponen yang bergantung dari minyak rem. Sehingga walaupun dalam kondisi hujan, rem performa rem tetap terjaga.

Rata-rata piringan cakram memiliki standar ketebalan antara 2,5-3 mm untuk motor matik dan 3,5-4 mm untuk motor sport. Apabila ketebalan dari rem cakram sudah berkurang, pemilik kendaraan wajib mengganti komponen. Piringan berpotensi patah jika tidak segera diganti.

Pastikan konsumen menggunakan komponen yang original dan melakukan penggantian di bengkel resmi Yamaha agar terjamin kualitas dari komponen tersebut.

Informasi mengenai bengkel resmi Yamaha dapat dilihat melalui www.yamaha-stsj.com atau melalui CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777- 898.

#ASLILEBIHBAIK

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan