Tips Yamaha STSJ, Kenali Rantai Motor Rusak

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Rantai menjadi salah satu komponen yang penting dalam sepeda motor. Komponen tersebut berfungsi untuk menggerakan roda depan hingga roda belakang. Rantai terbuat dari bahan yang tidak mudah aus. Oleh karena itu perlu diperhatikan kondisi rantai setiap kendaraan motor agar mendukung kelancaran aktivitas pengendara.

PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ melalui Ilham Wahyudi selaku GM Service & Sparepart menyampaikan bahwa :

“Kondisi rantai yang tidak prima dapat menimbulkan resiko kecelakaan lebih tinggi. Seperti rantai yang kendur atau terlalu kencang juga membahayakan. Jadi pengendara perlu memahami kondisi rantai dari kendaraannya masing-masing,”

Berikut adalah ciri-ciri rantai dan gear motor wajib diganti :

1.  Suara Motor Mulai Berisik

Indikasi paling mudah untuk mengetahui jika rantai motor sudah waktunya diganti adalah jika motor sudah mengeluarkan suara berisik walaupun dibawa berkendara dengan perlahan.

2.  Permukaan Gear Mulai Runcing

Apabila jarak antar mata gir sudah tidak lagi sama, hal tersebut berpotensi menyebabkan gesekan yang tidak merata saat rantai bergerak.

“Bisa juga dengan melakukan pengecekan fisik pada rantai dan gear kendaraan. Jika dirasa sudah kendur atau masih kencang. Tandanya rantai dan gear sudah waktunya diganti” Tambah Ilham.

Kondisi rantai dan gear yang tidak prima berpotensi menyebabkan rantai putus secara tiba-tiba. Oleh karena itu, pengendara wajib memperhatikan kondisi dari kendaraanya. Pengendara juga bisa melakukan pengecekan rutin melalui bengkel resmi Yamaha. Informasi mengenai bengkel resmi dapat menghubungi CS Yamaha STSJ 08228 – 7777 – 898.

1 Trackback / Pingback

  1. Tips Yamaha STSJ, Kenali Rantai Motor Rusak - Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan