Yamaha STSJ Berikan Panduan P3K untuk Motor

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

P3K yang dimaksud bukan pertolongan pertama pada kecelakaan yang biasa diberikan pada seseorang yang mengalami kecelakaan. Akan tetapi Pertolongan Pertama Pasca motor Kehujanan. Karena menjaga kesehatan tubuh di musim hujan menjadi sama pentingnya dengan menjaga kesehatan motor. Hal ini guna menjaga kondisi motor tetap prima walaupun diserang dengan cuaca yang ekstrem. Usaha ekstra perlu dilakukan untuk menghindari komponen-komponen yang rusak akibat kandungan asam pada hujan.

PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) selaku main dealer motor Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, NTB, dan NTT menganjurkan seluruh pengguna motor Yamaha untuk memberikan pertolongan pertama pasca motor kehujanan. Hal ini guna menjaga keselamatan berkendara di kemudian hari.

“Air hujan itu mengandung zat asam di dalamnya, sehingga bisa menyebabkan korosi atau karat pada komponen sepeda motor. Oleh karena itu, jika anda menggunakan motor setiap hari, ada baiknya memperhatikan hal-hal tertentu agar komponen motor konsumen tetap terjaga” Ujar Ilham Wahyudi selaku GM Service & Sparepart Yamaha STSJ.

Berikut pertolongan pertama yang dapat dilakukan pasca kendaraan terkena hujan :

1.  Mencuci Motor Setelah Hujan

Hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran dan zat asam yang terkandung dalam air hujan. Selain itu, menjaga agar tampilan motor tetap bersih.

2.  Memeriksa Kondisi Busi

Busi yang basah dapat mengganggu proses pengapian. Oleh karena itu, keringkan busi yang basah menggunakan lap kering.

3.  Bersihkan Kampas Rem

Membersihkan kampas rem bertujuan untuk menjaga performa pengereman, agar tetap pakem atau maksimal.

4.  Periksa Tekanan Angin Pada Ban

Tekanan angin pada kondisi cuaca panas berbeda dengan cuaca dingin. Pastikan pengendara memperhatikan tekanan angin kendaraannya agar berkendara lebih aman dan nyaman.

5.  Periksa Kondisi Rantai

Untuk sepeda motor tipe moped dan sport, pastikan memeriksa kondisi rantai dari kendaraannya.

6.  Periksa saluran pembuangan CVT

Untuk sepeda motor tipe matic buka selang pembuangan air di bagian bawah cover CVT.

Jika terjadi kendala pada kendaraan, konsumen bisa segera membawa ke bengkel resmi Yamaha Terdekat. Informasi mengenai bengkel resmi dapat menghubungi CS Yamata STSJ di 08228 – 7777- 898.

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

One thought on “Yamaha STSJ Berikan Panduan P3K untuk Motor

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan