Solusi Atasi Sulit Lepas Roda Belakang Motor Matik

Diposting pada

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Melanjutkan artikel sebelumnya mengani teknik, tips dan trik membuka mur roda belakang motor matik yang sangat sulit, iwf menambahkan artikel lanjutannya menganai solusi membuka/mencopot roda belakang motor matik dari poros/as nya. Hal ini memang sesuai kenyataan bahwa jika membuka murnya keras, maka seringkali membuka rodanya pun juga keras. Bahkan untuk motor matik yang menggunakan swingarm ganda seperti vario, membuka swingarm nya juga kadang keras/sulit.

Nah untuk sementara ini iwf hanya menuliskan berbagai teknik, trik dan tips membuka roda belakang motor matik yang keras, bahkan sangat keras. Semantara untuk artikel membuka swingarm mungkin bisa dilain waktu. Karena pada dasarnya membuka swingarm mirip dengan mebuka roda. Disebabkan kondisi yang sama, yaitu as roda menempel erat dengan bearing akibat karat.

Berikut ini beberapa teknik yang akan iwf urutkan mulai dari yang paling gampang :

  1.  Menggunakan tracker khusus roda belakang. Cara sangat mudah pasang tracker dari sebelah kiri roda, kemudian pasang pendorong as roda dan kencangkan (putar ke kanan) baut pendorong yang posisinya menekan as roda. Sebenanrnya bukan mendorong as roda, akan tetapi as roda di tahan, dan roda/velg ditarik.

    Kalau tidak punya tracker seperti di atas, bisa menggunakan tracker universal (jika hanya ada itu). Dengan dibantu 3 buah as roda bekas, tracker universal bisa difungsikan sebagai tracker roda belakang motor matik sepert cara di atas.

  2. Menggunakan minyak rem, untuk menghancurkan karat-karat yang menjadikan as roda belakang sangat erat menempel di velg. Caranya adalah motor ditidurkan dulu, kemudian minyak rem dituangkan ke bagian as roda, dan ditunggu beberapa saat. Dengan bantuan grafitasi maka cairan minyak rem akan turun ke sela-sela as dan lubang velg, sambil merontokkan karat-karat (mungkin juga ada lem) yang ada di sana.

    Barangkali minyak rem bisa diganti dengan penetrant dalam jumlah yang cukup. Setelah beberapa saat (mungkin lebih dari 5 menit) kita coba melepaskannya dengan menggunakan tracker seperti cara sebelumnya.

    Jika tidak punya tracker, bisa menggunakan tangan tarik ke atas. Karena motor pada posisi di bawah, alias gravitasi dan bobot motor menjadikan as tertarik ke bawah, maka saat menarik roda ke atas, as tertahan oleh bobot motor.

    Jika masih sulit, maka bisa dilakukan dengan 2 orang, yang satu menahan roda (diangkat sedikit), yang satu memukul (gunakan palu besi/godam + baut) as roda secukupnya, mur harus dipasang di as roda agar drat tidak cacat. Hentakan pukulan godam plus bobot motor akan membuat roda/lepas dari as-nya.

    Ingat sebelum melakukan cara ini, bagian bawah lantai harus diberi busa/ atau minimal ban bekas yang cukup, agar saat as roda terlepas dan motor terjatuh ke bawah, cvt motor terlindungi dari benturan.

  3. Lepas gearbox, agar as roda bisa dikeluarkan dengan cara dipukul ke bawah.

    Lepas gearbok ada berbagai cara sesuai dengan merek motor. Ada yang baut-baut pengikatnya ke cvt di sebalah kiri (gambar di atas), ada juga yang disebelah kanan. Melepas gearbox ini adalah untuk menghidari cvt yang terbuat dari aluminium terkena impact akibat pemukulan as roda saat melepaskannya. Karena masalah ini adalah melepas as roda dari velg, jangan sampai komponen lain (cvt, rumah gearbox) sampai pecah atau patah.

    Setelah terlepas, barulah roda dibalik dan as roda dipukul dengan godam+baut secukupnya untuk melepasnya (ingat mur harus terpasang di as roda untuk meminimalkan as roda cacat akibat pemukulan tersebut). Karena posisi roda sudah terlentang, maka ada baiknya diberi minyak rem atau penetrant.

    Hati-hati dengan gir-gir yang ada, harus diberi landasan, agar saat jatuh tidak cacat akibat terbentur.

    Adakalanya akibat malas membongkar gearbox, as roda dipukul dalam kondisi berdiri. Hal ini sangat beresiko, bisa rumah gearbox nya pecah atau bahkan cvt-nya patah. Hal ini diakibatkan impact yang diberikan palu godam cukup besar dan arahnya ke samping.

Sementara sampai di sini dulu yang bisa iwf sampaikan. Semoga bermanfaat bagi semua pemirsa motogokil yang setia mantengin blog kecil ini. Untuk para mekanik senior dan para suhu yang kebetulan membaca artikel ini mohon koreksi, saran dan masukannya.

Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Sumber inspirasi : yutub.

2 thoughts on “Solusi Atasi Sulit Lepas Roda Belakang Motor Matik

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan