Akibat Nggak Sabar Saat Melepas Roda Belakang Matik

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Seperti yang pernah iwf ulas beberapa minggu yang lalu, bahwa terkadang roda belakang motor matik sangatlah sulit dilepas dari as-nya. Salah satu penyebabnya adalah selain memang memasangnya terlalu kuat, terdapat lem loctide juga ada banyak karat yang menyebabkannya semakin lengket. Beberapa teknik sudah iwf sebutkan di artikel tersebut, dan memang orang yang melakukannya harus hati-hati, tidak boleh asal pukul.

Kalau tidak sabaran dan bahkan serampangan dalam memukul, maka inilah hasilnya …

Swingarm yang kokohpun bisa patah bin tugel. Kalau sudah seperti ini kan jadi sangat merugikan, selain as roda juga masih belum bisa dilepas, malah swingarm nya patah. Dibutuhkan biaya yang banyak untuk menyambungnya dengan las diral, itupun dijamin tidak sesenter dan sekuat aslinya. Kalau mau ganti pun harus menempuh proses yang lama dan susah, karena terkait dengan nomor mesin yang ada di crankcase yang asli harus dipindah ke crankcase pengganti.

Oh ya patahnya swingarm ini karena pemukulan yang dilakukan tidak dilakukan dengan semestinya, seperti yang iwf gambarkan dalam artikel sebelumnya. Yaitu swingarm dalam kondisi bebas (tidak ada penahan), kemudian roda dipukul dengan menggunakan balok kayu. Akhirnya impact yang diberikan balok kayu langsung dirasakan oleh bagian yang paling lemah, yaitu swingarm, dan patahlah ia.

Oleh karena itu menghadapi kasus seperti ini harus dilakuakn oleh ahlinya, yaitu para mekanik bengkel yang berpengalaman. Atau jika ingin dilakukan sendiri harus dibekali dengan ilmu dan peralatan yang memadai. Sehingga permasalahan yang sebenarnya tidak terlalau berat bisa diselesaikan, bukan malah menimbulkna permasalahan lain yang jauh lebih berat (seperti kasus di atas).

Semoga kejadian ini bisa menyadarkan kita semua akan pentingnya peran mekanik bengkel dalam menyelesaikan permasalahan motor yang kita alami. Karena mereka memiliki kompetensi/keahlian dibidang ini, punya alat dan punya banyak pengalaman. Ya begitulah, karena mereka menghadapi hal ini setiap harinya dan dengan variasi permasalahan yang beraneka ragam.

Semoga bermanfaat, Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Akibat Nggak Sabar Saat Melepas Roda Belakang Matik - Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan