Zongsheng Cyclone RA9, Tampil Sangar Layaknya Motor Eropa

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selmaat di perjalanan sampai ke tujuan.

Bagi pemerhati dunia permotoran di tanah air, motor merek zongshen bukanlah merek baru. Merek lama dengan kualitas yang cukup bisa diandalkan, karena masuk ke pasar di tanah air sebagai motor off road, yang memang sangat mengandalkan kekuatan dan ketangguhan. Dan di antara banyaknya pabrikan sepeda motor di china, zongshen adalah perusahaan yang sangat dihormati yang telah eksis selama beberapa dekade.

Saat ini banyak perusahan sepeda motor china mulai merambah ke motor besar/motor gede (mode) yaitu motor dengan kubikasi di atas 500cc. Dan zongshen termasuk  perusahaan yang sedang mengembangkan sepeda dengan kubikasi 1 liter, yang keluaran pertamanya adalah Cyclone RA9 yang telah resmi dirilis bentuk prototipe nya.

Banyak perusahaan motor eropa seperti merek Fantic, Mondial, Rieju dan Derbi telah menggunakan mesin Zongshen di masa lalu dan perusahaan memiliki hubungan lama dengan Piaggio. Keterkaitan zongshen dengan Grup Piaggio memberikan pengaruh yang sangat besar pada pembangunan RA9 ini. Karena di bawah bodywork yang tidak konvensional terdapat mesin dan sasis yang akan akrab bagi pengendara di eropa, sangat mirip dengan desain yang digunakan pada Aprilia Shiver dan Dorsoduro.

Zongshen RA9 hadir dengan mesin V-twin berkapasitas  987cc. Dari kapasitas mesin lebih besar dibandingkan dengan Shiver yang mengusung engine 750 cc dengan power 94hp yang rilis tahun 2007. Begitu pula dengan Dorsoduro pada tahun berikutnya. Konstruksi mesin DOHC mirip dengan shifer900 atau Dorsoduro 900. Akan tetapi terlihat stroke nya lebih panjang, seperti miliknya Dosoduro 1200. Konstruksi mesinnya belum diumumkan secara resmi oleh zongshen, akan tetapi mesin 987 cc diklaim mampu menyemburkan tenaga sampai 112 hp pada 9500rpm dan torsi 72 lbf (sekitar 98 N.m).

Selain itu rangka di bagian aluminium dan rangka bajanya sangat mirip dengan sepeda motor milik aprilia yang mengusung mesin yang serupa. Perbedaannya dengan Aprilia hanya pada bagian swingarm monoarm yang dibuat dengan desain yang unik untuk RA9. Aplikasi ban belakang 240 sangat lebar dan menjadi bagian yang paling mencolok pada bagian belakang, ketimbang bagian lainnya seperti knalpot yang berada di bawah jok yang didesain cukup lebar.

Suspensi dan remnya cukup realistis untuk motor dengan desain danakapasitas seperti RA9. Dengan spesifikasi produksi masal upsidedown yang dapat disetel sepenuhnya, kemungkinan merek KYB. Pada sisi pengereman digawangi oleh kaliper radial dari anak perusahaan Brembo di Spanyol, yaitu J.Juan. Dan sepertinya pada produksi masalnya nanti motor ini akan didukung oleh sistem pengereman ABS Bosch.

Paket instrumen pada dashbort sudah menampilkan pembacaan secara digital yang dipasang di bagian depan tangki bahan bakar dengan kapasitas 22 liter yang besar. Jadi tidak ada apa pun instrumen yang berada di atas stang palang yang membentang cukup lebar. Zongshen memberikan informasi mengani bobot motor konsep ini yang  215 kg ketika tangki bensin berisi bahan bakar penuh.

Penampakan yang cukup sangar bagi sebuah motor yang akan dipasarkan dan digunakan di jalan raya. Pastinya motor seperti ini akan sangat menarik perhatian orang-orang saat berhenti di lampu merah. Pas sangar dan tangguh.

Baca juga :

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Sumber : mcn

One thought on “Zongsheng Cyclone RA9, Tampil Sangar Layaknya Motor Eropa

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan