Wind Tunnel dan 3D Printing Mempercepat Pengembangan Motor Balap

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Yang namanya balapan adalah adu cepat, cepat di sirkuit dan juga cepat dalam menyelesaikan permasalahan agar tidak tertinggal. Ketika kekuatan mesin sudah setara dan kemampuan pembalap hampir sama, maka masalah aerodinamika menjadi salah satu penentu kemenangan. Tidak seperti mesin, masalah aerodinamika sangatlah sulit untuk dikalkulasi. Karena terkait dengan bentuk motor, posisi pembalap di atas sepeda motor dan lain sebagainya.

Dan ternyata mengembangkan sepeda motor, khususnya pada bagian aerodinamika tidaklah mudah. Ada banyak yang perlu dipertimbangkan, misalnya biaya produksi, etos perusahaan, kepemilikan di dunia nyata. Pertimbangan ini perlu diperhatikan sebelum produsen menempatkan model baru ke dalam produksi. Dan ketika berbicara tentang balap motor, maka hal ini akan menjadi perhatian pertama, karena dari keikutsertaan dalam dunia balap, produsen akan dapat mengetahui kualitas motornya dibandingkan motor kompetitor.

Kenyataannya dalam proses pengambangan motor, banyak sekali peralatan yang cukup rumit, besar, berat dan mahal yang harus digunakan demi terus melakukan pengembangan. Dan terkadang alat-alat tersebut hanya terfokus pada raihan hasil balapan yang terbaik dan kurang relevan dengan kondisi di jalan raya (mubadzir). Karena untuk kebanyakan rider sangatlah jarang motor sport dengan power 210 hp, melakukan cornering dan keluar dari tikungan dengan gigi-2 layaknya motor yang berlaga di sirkuit wsbk.

BMW kembali ke WorldSBK pada tahun 2019, itu dengan S 1000 RR dan setelah dua tahun mereka mengembangkan M 1000RR sebagai penggantinya. Dan mereka berhasil menyajikan paket motor yang cukup komplit yaitu lebih bertenaga, lebih ringan dan lebih aerodinamis (tampak dengan hadirnya sayap pada bagain bodinya). Sayap ini adalah bagian integral dari fairing yang memberikan keuntungan berupa downforce yang membantu sepeda motor tetap membumi (tidak wheelie) saat berakselerasi.

Downforce akan terjadi ketika terjadi akselerasi yang signifikan. Dan keberadaan downforce ini baru terasa manfaatnya ketika keluar dari tikungan. Ketika motor memperoleh 10kg downforce, hal tersebut dapat memberikan banyak perbedaan, karena traksi roda depan ke aspal dapat terjaga, dan pembalap dapat berakselerasi lebih cepat. Dan terbukti wahwa winglet (sayap pada fairing) dapat menghasilkan downforce yang diinginkan.

Untuk mendisai wing yang mampu menghasilkan downforce sesuai dengan yang diinginkan pembalap membutuhkan waktu riset yang panjang. Banyak teknik yang dikembangkan untuk memungkinkan pabrikan mempercepat penyelesaian permasalahan ini. Simulasi komputasi fluida dinamik memungkinkan para insinyur untuk merancang dan mengembangkan bagian-bagian dengan mengetahui secara pasti bagaimana bagian luar dari pembalap dan motor berinteraksi dengan aliran udara. Perkembangan selanjutnya dapat menghemat biaya dan waktu dengan melakukan pengujian dalam terowongan angin (wind tunnel) ketimbang hanya melakukan simulasi CFD (Compuattion Fluide Dynamic).

Di masa lalu pengujian motor harus dilakukan beserta pembalap di terowongan angin. Saat ini pabrikan dapat menggantikan pembalap dengan model 3d sebagai replika pembalap.  Dan ternyata model-model ini sangat akurat, bahkan sampai bentuk jaket mereka benar-baner seperti aslinya. Dan inilah yang dilakukan oleh BMW dalam mengambangkan kunstruksi aerodinamika motornya.

Pada sepeda motor yang berlaga di WorldSBK, banyak suku cadang baru diproduksi dengan cara printing 3d. Hal ini dilakukan karena alasan biaya, kecepatan, dan kemudahan penggunaan. Dalam waktu 48 jam, tim dapat memiliki suku cadang baru yang tersedia dengan bantuan printing 3d. Sehingga kondisi ini memberikan keuntungan yang signifikan dalam pengembangan, karena pabrikan dapat dengan mudah mencobanya di terowongan angin.

Jadi semakin cepat mendapat solusi dari masalah yang dihadapi akan semakin kompetitif. Selisih waktu sedikit saja dapat menjadi kontribusi yang penting bagi kemenangan balapan. Jadi yang balapan bukan hanya pembalap, akan tetapi insinyur dan pabriknya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

1 Trackback / Pingback

  1. Wind Tunnel dan 3D Printing Mempercepat Pengembangan Motor Balap - Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan