MotoGP : Posisi Start Marc Marquez Membaik, Adakah Ia Bisa Podium ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Tampil dua kali di sirkuit yang sama dalam dua race memberikan keuntungan bagi para pembalap untuk semakin mempersingkat laptime-nya. Apalagi bagi marc marquez (mm93) yang memang mebutuhkan latihan yang lebih banyak dari pembalap-pembalap lainnya guna mengembalikan feeling balapnya di atas honda rc213v yang sempat hilang selama masa pemulihan cidera patah tulangnya. Dan terjadi perbaikan laptime dan posisi start hasil kerjakerasnya, yang sebelumnya pada race-1 ia menduduki posisi-8, kali ini ia menduduki posisi-5.

Tentu saja posisi start ini sangat berpengaruh dalam balapan motogp saat ini. Karena kekuatan motor berimbang, sehingga setelah start sangatlah sulit meng-overtake pembalap lain. Apalagi terhadap pembalap-pembalap yang memiliki keuntungan dari konstruksi sirkuit dan konfigurasi engine motornya, mereka sangatlah superior di sirkuit ini, sangatlah sulit jangan meng-overtake, menyusulnya saja sudah sulit.

Berikut ini posisi dan laptime hasil kualifikasi mm93 di balapan pertama dan kedua :

  • MICHELIN® GRAND PRIX OF STYRIA, posisi-8, laptime 1’23.489
  • BITCI MOTORRAD GRAND PRIX VON Ă–STERREICH, posisi-5, laptime 1’23.227

Lumayan lebih cepat 0.252 detik (seperempat detik), bagi pembalap yang baru pulih hasil ini cukup progresive. Apalagi sirkuit ini arah putarannya ke kanan (clock wise), selain bukan favorit bagi mm93, juga memberikan kerja yang ekstra bagi tangan kanannya yang baru saja sembuh. Semoga saja balapan nanti sore bisa memberikan tontonan yang lebih menyenangkan dari balapan kemarin.

Perjuangan mm93 untuk podium tampaknya cukup berat karena di depan ada 3 motor ducati yang memang sangat bertaji di surkuit ini. Apalagi sebagai pemuncak sesi kualifikasi dan juga sekaligus pemenang balapan sebelumnya yang juga di sirkuit ini, jorge martin (jm89) berhasil memperbaiki laptime-nye sekaligus memecahkan rekor. Dan juga ada fabio quartararo yang performanya sangat luar biasa di musim balapan ini, benar-benar sulit. Rasanya nggak usah podium, bisa finish di posisi-4 saja sudah untung.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. MotoGP : Posisi Start Marc Marquez Membaik, Adakah Ia Bisa Podium ? | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan